Xpander Masih Jawara Mitsubishi, Penjualan Pikap Legendaris Colt L300 Tak Kalah Gahar

Automotive | Kamis, 14 Oktober 2021 06:36

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Perusahaan ini memegang pangsa pasar 13,6 persen.

Dream – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membukukan penjualan ritel sebanyak 8.930 unit pada September 2021. Perusahaan otomotif ini memegang pangsa pasar 13,6 persen.

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu 13 Oktober 2021, segmen kendaraan Mitsubishi tercatat laku sebanyak 5.066 unit, sedangkan niaga ringan 3.864 unit.

Xpander masih menjadi model mobil yang paling laku dari Mitsubishi engan porsi lebih dari 38 persen. Disusul pikap legendari keluaran Mitsubishi, Colt L300 yang memberikan kontribusi penjualan 33 persen dan terakhir Pajero Sport 18 persen.

Presiden Direktur MMKSI, Naoya Nakamura, mengatakan model Xpander, terutama Xpander Cross, memperkuat posisi sebagai model favorit konsumen yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

Secara detail, model Xpander (termasuk Xpander Cross) mampu menjaga pangsa pasar di segmen small MPV lebih dari 30 persen, dengan terjual sebanyak 3.398 unit.

Xpander Masih Jawara Mitsubishi, Penjualan Pikap Legendaris Colt L300 Tak Kalah Gahar
Penjualan Mitsubishi Tembus 8.930 Unit Selama September 2021.
2 dari 6 halaman

Bagaimana dengan Model Lainnya?

Pajero Sport meraih lebih dari 39 persen di pasar segmen medium SUV 2.500 cc. Model ini terjual sebanyak 1.664 unit.

Kemudian, volume penjualan L3000 nak 760 unit secara month to month menjadi 3.028 unit. Mobil ini mempertahankan posisi semen small pick up 4x2.

“ Model L300 mengalami kenaikan penjualan hingga 760 unit dibandingkan bulan sebelumnya, sekaligus mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar di kelasnya, membuktikan model legendaris yang telah hadir selama lebih dari 40 tahun di Indonesia ini tetap diminati dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Nakamura di Jakarta.

Terakhir, Mitsubishi Triton mempertahankan posisi sebagai pemimpin segmen Pick-Up 4x4 dengan pangsa pasar lebih dari 62 persen, dengan 829 unit.


(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari) 

3 dari 6 halaman

Dear Pembeli Xpander, Mitsubishi Janji Inden Gak Pakai Lama!

Dream - Permintaan small MPV (Multi Purpose Vehicle) Mitsubishi Xpander terus meningkat dari bulan ke bulan. Xpander adalah salah satu model yang mendapatkan fasilitas pembebasan PPnBM 100 persen sejak Maret 2021.

Permintaan yang melonjak dratis membuat Mitsubsihi Indonesia harus bersusah payah memenuhi demand yang ada. Konsumen pun mesti inden hingga 1 sampai 2 bulan.

" Kami menyampaikan permohonan maaf karena beberapa bulan terakhir customer harus menunggu 1-2 bulan untuk menerima unit Xpander," ujar Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Tetsuhiro Tsuchida, saat konferensi pers virtual, Rabu 18 Agustus 2021.

 2 Tahun Dirilis, Mitsubishi Xpander Goyang Singgasana Avanza© MEN

Menurut permintaan pasar meningkat tajam dengan adanya insentif pemerintah PPnBM. Di sisi lain pabrik Mitsubishi kesulitan produksi karena PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

" Hari ini secara umum inden Xpander sudah dapat kami penuhi sampai akhir bulan ini," ujar Tsuchida menegaskan.

Meski sudah dapat memenuhi inden Xpander, beberapa konsumen tetap harus menunggu untuk varian dan warna Xpander tertentu.

 Mitsubishi Xpander Resmi Meluncur, Intip Kelebihannya© MEN

" Kami terus berusaha dan berkoordinasi dengan pabrik agar secepat mungkin mendelivery kepada konsumen. Memang ada kendala khususnya di pabrik, tapi tetap kami usahakan," imbuhnya.

4 dari 6 halaman

Xpander Kalahkan Avanza Jadi Mobil Terlaris Saat Ini, Cek Tipe Paling Laku

Dream - Mitsubishi Xpander, termasuk Xpander Cross kembali menjadi mobil terlaris di Indonesia pada Juli 2021. Xpander

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), small MPV (Multi Purpose Vehicle) itu mencatatkan wholesales atau distribusi dari Agen Pemegang Merek (APM) ke dealer sebanyak 6.974 unit.

Pencapaian ini tentu cukup apik untuk Mitsubishi Indonesia, mengingat penjualan Xpander pada Juni lalu merosot tajam. Tercatat Xpander hanya terjual 1.704 unit.

Sedangkan di posisi kedua ditempati Toyota Avanza. MPV berjuluk 'mobil sejuta umat' ini lagi-lagi belum mampu mendapat gelar mobil terlaris bulanan pada Juli. Avanza mengemas penjualan sebanyak 5.938 unit. Kemudian disusul Honda Brio di tempat ketiga dengan 4.361 unit.

Salah satu faktor moncernya penjualan Xpander karena adanya program relaksasi pajak barang mewah atau PPnBM dari pemerintah. Xpander adalah salah satu model yang mendapatkan fasilitas pembebasan PPnBM.

 Mitsubishi Xpander Ultimate© Istimewa

" Memang market share Xpander dan Xpander Cross tahun ini sekitar 33 persen, itu meningkat dibandingkan tahun lalu yang angkanya cuma 25 persen," kata Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro saat konferensi pers virtual, Rabu 18 Agustus 2021.

Iwan memaparkan, salah satu kunci mengapa MMKSI tetap bisa mencatat angka penjualan lebih tinggi di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, yakni karena strategi yang diterapkan.

5 dari 6 halaman

Ia mengungkapkan distribusi penjualan Mitsubishi, sekitar 60 persen itu di pulau Jawa. Sisanya itu di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan wilayah lain.

" PPKM di Jawa dan Bali paling ketat, sehingga pada saat itu kami lebih memaksimalkan di wilayah wilayah yang situasinya lebih baik,” imbuhnya.

Selain memasarkan Xpander dan Xpander Cross tipe biasa, MMKSI juga menyediakan edisi khusus yang diberi tambahan perangkat audio Rockford Fosgate. Ternyata itu merupakan strategi tepat, karena angka penjualannya sesuai target.

 Mitsubishi Xpander© Deki Prayoga/Dream.co.id

“ Mulai optimal pemasarannya bulan Juli. Kami menargetkan sekitar 4.000 unit untuk penjualan selama empat bulan. Kalau kami lihat sekarang sampai Agustus, sudah terserap di pasar sekitar 2.000 unit,” tuturnya.

Adapun tipe Xpander dan Xpander Cross yang paling banyak dimintai konsumen yakni varian tertinggi.

" Untuk Xpander varian Ultimate sedangkan Cross itu yang varian Premium. Jadi cenderung varian paling atas yang banyak diminati," ujar Deputy Group Head Sales & Marketing Planning & Operation Dept. MMKSI Mukhamad Arwani pada kesempatan yang sama.

6 dari 6 halaman

Banyak Konsumen Kesengsem

Ada beberapa alasan yang menyebabkan mobil ini banyak dicari konsumen, seperti kelapangan kabin, fitur canggih, tingkat kenyamanan dan harga cukup terjangkau.

Selain itu, yang paling penting dan jadi pertimbangan konsumen membeli Xpander adalah ketersediaan jaringan bengkel resmi dan harga biaya perawatan yang masuk kantong.

Nilai plus itu makin lengkap karena Xpander dan Xpander Cross masuk dalam kategori mobil yang mendapat diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) ditanggung pemerintah hingga 31 Agustus 2021.

Berikut rincian daftar harga mobil Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross per Agustus 2021:

Xpander GLS M/T Rp237,9 juta
Xpander Exceed M/T Rp246,4 juta
Xpander GLS A/T Rp248,9 juta
Xpander Exceed A/T Rp257 juta
Xpander Sport M/T Rp265 juta
Xpander Sport A/T Rp275 juta
Xpander Ultimate Rp278,9 juta
Xpander Rockford Fosgate Black Edition M/T Rp273,9 juta
Xpander Rockford Fosgate Black Edition A/T Rp283,8 juta

Xpander Cross M/T Rp276,5 juta
Xpander Cross A/T Rp286,5 juta
Xpander Cross Premium Package A/T Rp299,5 juta
Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition Rp312,65 juta

Join Dream.co.id