Jalanan Indonesia di 2025 Bakal Dipenuhi Mobil Listrik?

Automotive | Rabu, 16 Januari 2019 09:15
Jalanan Indonesia di 2025 Bakal Dipenuhi Mobil Listrik?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pemerintah sedang menggarap regulasi kendaraan listrik.

Dream – Pemerintah menargetkan kendaraan bermotor listrik, baik sepeda motor maupun mobil, bisa diproduksi secara penuh pada 2025. Saat ini, pemerintah sedang menyiapkan infrastruktur dan fasilitas fiskal untuk mendukung upaya masuk ke dalam industri kendaraan bermotor listrik.

“ Sepeda motor listrik kan salah satu, kalau sepeda motor kan dalam arti secara praktek lebih sederhana dan kita sampaikan target dalam 2025 baik itu motor maupun mobil itu 20 persen secara keseluruhannya menggunakan listrik,” kata Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto, di Jakarta, dikutip dari setkab.go.id, Selasa 15 Januari 2019.

Airlangga mengatakan pemerintah sedang menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk kebijakan fiskalnya plus persyaratan-persyaratan siapa yang eligible memenuhi syarat untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Pada tahap awal, insentif yang diberikan adalah bea masuk 0 persen untuk kendaraan listrik dan selanjutnya pajak Pajak Pembelian Barang Mewah (PpnBM).

Dia juga mengatakan pemerintah terbuka terhadap pemegang merek kendaraan motor dari luar negeri yang akan masuk ke Indonesia.

Karena tahap awalnya pasti akan dimulai dengan bea masuk 0 persen untuk kendaraan berbasis electric vehicle ini. Kemudian PPnBM-nya juga diturunkan. Ketentuan ini berlaku untuk mobil hybrid atau electric vehicle.

“ Yang dibuka adalah sistem dan fasilitas apakah itu mau pemegang merk atau merk baru itu semua terbuka,” kata Airlangga.

Ketika ditanya tentang penyelesaian regulasi, Airlangga mengatakan aturan ini baru rampung kalau sudah berkonsultasi dengan menteri keuangan dan Komisi XI DPR RI.

“ Produksi belum (bisa) 2019,” kata dia.

Namun, lanjut Airlangga, sudah ada produsen yang membuat motor listrik dengan berbagai merek. Kalau regulasinya sudah jelas, produksinya akan dipacu.

“ Ya, Insya Allah dalam waktu dekat,” kata dia.

2 dari 3 halaman
Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting
Join Dream.co.id