Begini Wujud Daihatsu Xenia Masa Depan

Automotive | Jumat, 19 Juli 2019 06:02
Begini Wujud Daihatsu Xenia Masa Depan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mobil yang mejeng di GIIAS 2019 ini tampak mewah, lengkap dengan fitur ciamik.

Dream - Pabrikan mobil Daihatsu memamerkan konsep desain terbarunya yang canggih di gelaran Gaikindo Indonesia International Automotive Show (GIIAS) 2019. Mobil konsep calon Xenia di masa depan ini mengusung mesin berteknologi hybrid.

" Kami menghadirkan MPV bergaya milenial," kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di GIIAS 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis 18 Juli 2019.

Amelia mengatakan, mobil yang dinamai Daihatsu HyFun Concept ini menggunakan platform Daihatsu New Global Platform (DNGA).

Teknologi ini diklaim menjadikan mobil lebih cepat, terjangkau, dengan tingkat keamanan dan keselamatan yang lebih terjamin.

 Mobil konsep Daihatsu© dream.co.id

Mobil itu mengusung sejumlah konsep menarik. Seperti active safety autonomous braking, facial recognition, dan auto high beam. Tak hanya itu, Daihatsu HyFun Concept sudah memiliki teknologi artificial intelligence.

Selain mobil konsep, Daihatsu juga menampilkan koleksi terkininya, Daihatsu Tanto yang didatangkan langsung dari Jepang. Juga ada Xenia Modifikasi serta Sirion Artvatar.

 Mobil konsep Daihatsu© dream.co.id

Tidak cukup hanya itu, produsen otomotif ini juga memamerka tiga model special edition, yaitu Ayla Special Edition (SE), Sirion SE, dan Terios SE. Mobil existing model seperti Xenia, Terios, Ayla, Sigra, dan Sirion juga hadir di acara ini.

Presiden Direktur ADM, Supranoto, mengatakan pihaknya mengusung tema Funtastic GenerasiON selama GIIAS 2019. Booth yang ditampilkan menggunakan instalasi modern art ala Memphis.

 Mobil konsep Daihatsu© dream.co.id

Untuk membuat suasana lebih meriah, Daihatsu juga menyediakan fasilitas seperti game corner, fantastic play ground, dan after sales corner yang didesain anti gravitasi.

Yang lebih menarik, pengunjung bisa melakukan test drive Tanto di booth ini.

" Sesuai dengan tema Funtastic GenerasiON, kami ingin memberikan program unggulan dan permainan interaktif untuk para pengunjung kawula muda dan keluarga," kata Supranoto. (ism)

2 dari 6 halaman

Honda Monkey Kembali Mengaspal di Indonesia

Dream - Bagi pecinta klasik, tentu tak asing lagi dengan motor Honda Monkey. Motor ini pertama kali hadir di Indonesia 1961 atau 58 tahun yang lalu.

Dengan usia yang lebih dari setengah abad, tentu Honda Monkey sudah melekat di hati masyarakat Indonesia. Untuk itu, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali meluncurkan motor legend tersebut mengobati rasa rindu pecinta motor di Tanah Air.

" Kami menghadirkan sepeda motor ikonik Honda Monkey dengan aura gagah pada keseluruhan tampilannya didukung berbagai teknologi dan fitur modern," ujar President Director AHM, Toshiyuki Inuma di pameran GIIAS 2019 di Ice BSD, Tangerang, Banten, Kamis 18 Juli 2019.

Toshiyuki mengatakan, Honda Monkey keluaran 2019 ini mengusung konsep Iconic-Fun Bike. Honda masih mempertahankan garis desain generasi pertama.

Honda Monkey ini juga memiliki bodi yang lebih berisi dibandingkan seniornya pada 1961. Honda monkey teranyar ini memiliki permukaan bodi yang compact.

" Kami optimis Honda Monkey dapat memberikan daya pikat tersendiri sekaligus menghadirkan kesenangan berkendara di segmen sepeda motor hobi di Indonesia," ucap dia.

3 dari 6 halaman

Mesin dan Fiturnya

 Honda Monkey© Istimewa

Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman menuturkan, untuk menonjolkan sisi modern, Honda Monkey memiliki panel meter digital full LCD berbentuk bulat. Kemudian, lampu yang ada di Honda Monkey ini juga sudah mengalokasikan teknologi LED.

Bagi Sahabat Dream yang sering lupa posisi motor ketika parkir, Honda Monkey punya jawabannya yakni menggunakan teknologi answer back system, teknologi ini berfungsi memudahkan mencari sepeda motor bagi pengendaranya.

Honda Monkey ini memiliki mesin silinder tunggal horizontal 4 percepatan SOHC 125cc, serta dilengkapi pendingin udara dengan diameter dan panjang langkah sebesar 52,4 x 57,9 dan perbandingan kompresi 9,3:1, ditunjang dengan teknologi PGM-FI Honda.

Dengan kapasitas terbatas, mesin motor paduan modern klasik ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 6,9kW @7.000rpm dan torsi sebesar 11Nm @5.250rpm.

 

4 dari 6 halaman

Harganya

 Honda Monkey© Istimewa

Untuk mendukung daya jelajah, Honda Monkey memiliki tangki bensin sebesar 5,6 liter yang terletak di atas mesin. Selain itu, Honda Monkey ini memiliki bobot 107 kilogram dengan ketinggian jok 776 milimeter dari permukaan tanah.

Untuk pengereman, motor ini telah menggunakan sistem ABS satu channel dengan mengaplikasikan teknologi Inertial Measurement Unit (IMU), berfungsi sebagai pencegah ban belakang terangkat saat pengereman mendadak.

Johannes mengatakan, ban Honda Monkey ini memiliki diameter 12 inch dengan ban depan berukuran 120/80 dan ban belakang berukuran 130/80. Ban tersebut memiliki pola block untuk keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Dengan berbagai fitur modern klasik, Honda Monkey memiliki tiga warna yakni Banana Yellow, Pearl Nebula Red dan Pearl Shining Black. Sahabat Dream dapat membawa pulang motor ini dengan membayar Rp65 juta on the road DKI Jakarta.

5 dari 6 halaman

Dirilis di Vietnam, Ini Penampakan Honda Supra GTR150 Facelift

Dream – Honda kembali memperkenalkan jajaran baru skutiknya. Lewat pabrikannya di Vietnam, Honda memperlihatkan untuk pertama kalinya Honda RS150R yang akan menjadi penantang baru Yamaha Y15ZR.

Motor bebek berkapasitas mesin 150 cc ini dirilis di My Dinh Stadium, Vietnam, pada 16 Juli 2019.

Dikutip dari Paul Tan, Senin 15 Juli 2019, motor Honda RS150 R ini diperkenalkan di pasar Vietnam dengan sebutan Winner X. Bodinya terlihat lebih fresh. Motor ini menggunakan LED sebagasi lampu depan.

 Honda Winner X© Honda Vietnam

Tailpiece motor terlihat lebih luas dan mirip motor gede di jajaran Honda. Knalpot motor lebih pendek.

Honda menyertakan sistem pengereman antilock braking system (ABS) di roda depan. Tujuannya untuk meningkatkan keselamatan pengguna.

Nantinya, Honda Vietnam juga akan menawarkan yang versi non-ABS untuk motor yang lebih murah.

 Honda Winner X© Facebook Honda Vietnam

 

Untuk yang versi non-ABS, sistem pengereman motor akan mengaktifkan rem depan dan belakang secara proporsional.

6 dari 6 halaman

Gunakan Panel Instrumen LCD

Menariknya, Winner X menggunakan panel instrument LCD. Fitur ini sama seperti Honda CBR150 R. Panel tersebut menampilkan rpm, kecepatan, posisi roda gigi, odometer, jam, dan bahan bakar.

 Honda Winner X© Honda Vietnam

Lampu ekor Winner X terlihat lebih kecil dan menggunakan LED.

Untuk mesin, Honda Winner X mengusung mesin silinder tunggal DOHC berkapasitas 149 cc. Mesin berpendingin cair ini dikawinkan dengan gearbox enam percepatan.

 Honda Winner X© Honda Vietnam

Terkait
Join Dream.co.id