Mobil Langka Ditelantarkan 25 Tahun, Alasannya Bikin Emosi

Automotive | Sabtu, 23 Mei 2020 07:01
Mobil Langka Ditelantarkan 25 Tahun, Alasannya Bikin Emosi

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mobil ini terbilang beken pada masanya.

Dream - Sebuah hal yang sangat disayangkan apabila seseorang menelantarkan 'mobil perkasa' hanya untuk alasannya yang tidak masuk akal.

Betapa menyedihkannya sebuah mobil klasik hanya dilihat sebagai barang rongsok. Terlebih saat itu, mobi; yang dicampakkan adalah kendaraan yang “ wow”.

Dikutip dari Auto Evolution, Sabtu 23 Mei 2020, pemilik Ford Mustang Boss 302 menelantarkan mobilnya di sebuah hutan.

Alasannya mencampakkan Ford Mustang keluaran 1970 ini membuat telinga pecinta mobil klasik panas.

" Saya meninggalkannya sampai itu menjadi berharga," kata sang pemilik yang tidak disebutkan namanya.

Mobil 'Blue Oval' tersebut diselamatkan sekitar sebulan lalu dengan menggunakan tiga mobil derek.

Saat melakukan penyelamatan, terlihat bahwa stir mobil tersebut sudah berusia 25 tahun. Padahal, jenis Boss 302 pantas mendapatkan kemewahan karena pesonanya yang sangat populer tersebut.

2 dari 5 halaman

Tidak Selamat Jika Tidak Ditemukan

Penyelamatan mobil tersebut tidak dapat dilakukan apabila ayah Travis Barnis—veteran angkatan udara—tak memberi tahu keberadaan mobil itu. Setelah mendapatkan kabar, Travis segera mengecek bagian-bagian mesin.

Sekadar informasi, Travis merupakan veteran angkatan udara yang membantu komunitas mobil di lingkungannya melalui bengkel Snail Performance.

Penemuan mobil cantik tersebut membuatnya sangat bersemangat dan mengunggahnya dalam Instagram pribadinya dengan narasi, " Ketika ayahmu mengirim pesan 'look what we found'" . Mobil tersebut ternyata adalah mobil impian masa kecil Travis.

Travis kemudian mengubah mobil tersebut menjadi cantik seperti sedia kala dengan melakukan perbaikan pada eksterior dan interiornya.

Sebagai tambahan, Ford hanya menawarkan Boss 302 klasik untuk model tahun 1969 dan 1970, dengan ini menjadi homologasi khusus yang memungkinkan perusahaan untuk bersaing dalam seri SCCA Trans-AM.

3 dari 5 halaman

Ford Bikin Jaket Pesepeda, Bagian Belakangnya Bisa Kirim Pesan Emoticon!

Dream – Berangkat ke kantor menggunakan sepeda tentu menyenangkan. Namun lalu lintas yang padat dan tak ada jalur khusu pesepeda membuat risiko jadi korban tabrakan jadi makin besar. Belum lagi masalah perebutan jalur yang diserobot kendaraan bermotor.

Ketegangan acapkali terjadi antara pesepeda dengan pengguna jalan lainnya. Melihat masalah ini, Ford masuk dan menawarkan solusi.

Dikutip dari Auto Evolution, Senin 10 Februari 2020, perusahaan otomotif ini mengembangkan jaket agar pesepeda bisa berkomunikasi dengan pengendara lainnya. Ford menggandeng Designworks untuk mengembangkan purwarupa jaket dengan panel LCD di bagian belakang.

 

 Ford Bikin Jaket Pesepeda, Bagian Belakangnya Bisa Kirim Pesan Emoticon!© Dream

 

Dengan panel ini, pesepeda bsia memberikan pesan kepada para pengemudi di belakangnya. Pesannya cukup unik, yaitu berupa emoji.

“ Kita semua hidup di dunia dan mengemudi. Komunikasi menjadi penting. Tapi komunikasi yang terjadi antara pengemudi dengan pesepeda justru datang dengan membunyikan klakson dan gestur yang buruk,” kata perwakilan dari Ford Eropa, Emannuel Lubrani.

4 dari 5 halaman

Begini Cara Pakainya

Dia mengatakan bahwa pesepeda kebanyakan melambaikan tangan untuk berkomunikasi. Kini, dengan jaket “ Ford Emoji Jacket”, pesepeda cukup menekan tombol emoji untuk berkomunikasi.

Dengan pakaian ini, Ford yakin angka kecelakaan pesepeda bisa berkurang.

Jaket ini dikembangkan oleh Ford Eropa dalam kampanye “ Stare the Road”. Jaket tersebut dilengkapi dengan remote control nirkabel yang terhubung dengan settang sepeda.

Ada lima alternatif pesan yang bisa dikirimkan, seperti emoji tersenyum, wajah “ um”, petunjuk belok kiri dan belok kanan, serta keadaan darurat. Dengan pesan ini, mereka bisa memberikan sinyal kepada penguna jalan lainnya untuk berhenti, melambat, belok, atau lanjut jalan.

5 dari 5 halaman

Teknologi Ford Ini Bantu Tuna Netra `Melihat` Pemandangan dari Jendela Mobil

Dream - Fungsi kaca jendela mobil beragam. Selain mempermudah pengemudi dalam berkendara, penumpang mobil bisa menghabiskan waktu sepanjang perjalanan dengan menikmati pemandangan melalui jendara kendaraannya.

Namun tak semua seberuntung itu. Penumpag disabilitas penglihatan tak bisa menikmati indahnya pemandangan di luar kendaraan mereka. Hingga produsen otomotif membuat terobosan yang melegakan.

Dikutip dari Motor1.com, Selasa 7 Januari 2020, Ford mempermudah penyandang disabilitas untuk menikmati pemandangan alam. Produsen otomotif ini menghadirkan teknologi agar mereka juga bisa menikmati pemandangan melalui getaran di kaca jendela.

 

 Teknologi Ford Ini Bantu Tuna Netra Melihat Pemandangan dari Jendela Mobil© Dream

 

Ford mengembangkan teknologi “ Feel The View” bersama dengan GTB di Italia. Produsen ini juga menggandeng startup lokal, Aedo, untuk memproduksi perangkat ini.

Cara kerjanya, teknologi ini merekam pemandangan yang dilewati sebuah kamera kecil. Lalu, alat ini menerjemahkan rekaman tersebut menjadi getaran dengan intensitas yang berbeda.

Para tunanetra bisa “ melihat” pemandangan dengan menyentuh kaca jendela. Perangkat ini juga tersambung dengan sistem audio untuk melengkapi pengalaman itu.

Join Dream.co.id