Mobil Bisa `Berenang` Bekas Presiden AS Dilelang, Berani Tawar Harganya?

Automotive | Jumat, 20 Agustus 2021 14:35

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pada masa lalu, ada, lho, kendaraan yang bisa melaju di dua alam.

Dream – Mobil terbang sering digadang-gadang menjadi kendaraan masa depan. Tapi sebelum mimpi itu terwujud, sudah banyak inovator yang membuat kendaraan yang tak hanya bisa mengaspal di darat tapi juga punya kemampuan mengapung dan melaju di atas air.

Dikutip dari Carscoops, Jumat 20 Agustus 2021, salah satu inovasi mobil dua dunia itu adalah Ampicar 770. Kendaraan buatan Jerman ini terinspirasi oleh Hans Trippel.

Trippel diketahui mengagumi kendaraan amfibi sejak tahun 1930-an. Dia pernah membuat Trippel SG6 Schimmwagen yang digunakan oleh militer Jerman selama Perang Dunia II.

Lalu, pada 1961, Ampicar 770 ini diluncurkan dan menyasar pada pasar Amerika Serikat. Trippel percaya bahwa pasar di Negeri Paman Sam memang menjanjikan.

Mobil Bisa `Berenang` Bekas Presiden AS Dilelang, Berani Tawar Harganya?
Kalau Kendaraan Ini Dijual Di Indonesia, Kira-kira Laku Nggak, Ya? (foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Spesifikasi Mobil Amfibi

Mobil ini menggendong mesin rear mounted 1147 cc Triumph empat silinder. Mesin tersebut bisa menyemburkan daya hingga 47 bhp.

Kendaraan itu ditunjang dengan girboks empat percepatan dan baling-baling yang memudahkan mobil untuk melaju di permukaan air.

Nama 770 ini berasal dari kemampuan Ampicar yang bisa melaju 7 mil atau 11 Km per jam di air dan 70 mil atau 112 Km per jam di darat. Melihat kecepatan ini, Ampicar belum bisa disebut dengan mobil atau perahu motor yang baik.

3 dari 6 halaman

Cuma Laku 4 Ribu Unit

Faktanya, hampir semua orang tak memerlukan mobil dan perahu motor dalam satu bentuk. Hal ini terlihat dari ada 4 ribu Ampicar yang terjual selama 1961-1968.

Salah satu pembeli Ampicar adalah Presiden Lyndon Johnson. Mobil itu tersimpan di sebuah peternakan di Texas, Amerika Serikat.

Kini mobil itu dilelang di Carmel, California, Amerika Serikat. Diprediksi harga mobil ini senilai US$40 ribu-US$50 ribu (Rp576,04 juta-Rp720 juta).


(Laporan : Delfina Rahmadhani)

4 dari 6 halaman

Canggih Bener, Audi Bikin Mobil ala Transformers

Dream – Film aksi ‘Transformers’ telah sukses ditayangkan di seluruh penjuru dunia. Penonton disajikan dengan deretan mobil canggih seperti Chevrolet Camaro atau truk Peterbilt, yang berubah menjadi robot raksasa Bumblebee dan Optimus Prime.

Terinspirasi dari kendaraan yang digunakan para jagoan, apakah mobil bak robot akan muncul di dunia nyata?

Dilansir dari The Verge, Minggu 15 Agustus 2021, Audi merilis mobil dengan konsep baru minggu ini yang disebut Skysphere. Mobil tersebut memiliki fitur roadster self-driving yang dapat berubah bentuk dengan satu sentuhan tombol. Konvertibel yang ramping diikut dengan power train listrik dengan fasilitas mewah.

 

 Canggih Bener, Audi Bikin Mobil ala Transformers© Dream



Khususnya, kendaraan ini memiliki jarak sumbu roda yang dapat disesuaikan dan dapat berubah ukuran berdasarkan mode mengemudi. Selain itu, kokpit digital dengan roda dapat ditarik dan pedal dapat disimpan saat mobil mengemudi sendiri secara otomatis tanpa bantuan manusia.

5 dari 6 halaman

Masa Depan yang Fantastis

Kendaraan ini merupakan pandangan yang lebih fantastis tentang masa depan daripada beberapa konsep terbaru mobil asal Jerman lainnya. Namun bukan berarti tidak dapat dicapai, pasalnya pejabat Audi mengatakan Skysphere mewakili apa yang diyakini perusahaan.

Kemungkinan pada paruh kedua dekade ini baru muncul. Mobil ini berporos pada kendaraan listrik dan otonom. Skysphere diharapkan memiliki jangkauan 500 km dapat berakselerasi 0-60 mil per jam dalam waktu kurang dari empat detik.

Semuanya terdengar cukup normal untuk mobil dengan konsep kap yang terbelah menjadi dua panel dan terbuka seperti lift. Tentu saja fitur yang paling menakjubkan adalah jarak sumbu roda yang dapat diperluas, di mana kendaraan bertambah 250 milimeter ekstra saat beralih antara mode olahraga (panjang 4,94 meter) dan mode grand touring (5,19 meter).

6 dari 6 halaman

Dijual, Nggak, ya?

Mungkin terdengar mustahil, namun itu cukup untuk membenarkan klaim Audi bahwa kamu akan mendapatkan dua kendaraan yang dikemas menjadi satu. Beralih ke penopang mobil, roda kemudi dan pedal yang dapat ditarik adalah fitur populer untuk memisahkan antara pengemudi manusia dan otomatis.

Belum jelas apakah peraturan akan mengizinkan penjualan mobil dengan roda kemudi yang dapat ditarik seperti itu, meskipun pembuat kebijakan sedang bekerja keras untuk menyempurnakan aturan jalan agar dapat mengakomodasi mobil yang dapat mengemudi sendiri dengan lebih baik.

Bagaimana Sahabat Dream, apakah kamu tertarik untuk membeli mobil yang super canggih itu? Kita tunggu saja pengumuman harga yang tentunya juga fantastis!

(Laporan: Angela Irena Mihardja)

Terkait
Join Dream.co.id