Begini Cara Membersihkan Mika Lampu Kotor Menguning

Automotive | Jumat, 13 Desember 2019 08:48
Begini Cara Membersihkan Mika Lampu Kotor Menguning

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mika lampu yang kusam membuat pancaran lampu tak maksimal.

Dream - Pemilik sepeda motor pasti pernah mengalami mika lampu sepeda motor yang mulai kusam atau menguning. Kondisi ini membuat cahaya yang dihasilnya turut berkurang dan pastinya lampu menjadi tak terlihat kinclong.

Mika lampu motor yang menguning memang banyak dialami sepeda motor. Namun masalah ini bisa kamu selesaikan jika saja tahu caraya.

Mengtuip laman Suzuki, Jumat 13 Desember 2019, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan mika lampu terlebih dahulu hingga kering.

proses selanjutnya adalah melakukan proses sanding atau amplas menggunakan mesin.  Proses ini bertujuan untuk mengikis dan mencerahkan kembali lapisan mika lampu yang kusam. Mika lampu masih bisa dipoles selama kondisi masih utuh dan belum ada tanda dan gejala keretakan atau sudah getas.

Proses sanding pertama ini bertujuan untuk menghilangkan bercak jamur dan kotoran. Kedua, untuk menghilangkan goresan dalam, lalu terakhir finishing supaya mika terasa halus sekali.

Saat proses sanding ini selesai, berikutnya mika lampu dipoles pakai cairan kompon agar kembali terlihat bening seperti baru.

Agar mika tak lagi menguning, kamu bsia melapisi mika dengan cairan coating.

2 dari 6 halaman

Jika Bingung, Segera Hubungi Bengkel Resmi

Jika masih bingung, kamu bisa bertanya kepada ahlinya atau menyerahkan langsung pengerjaannya di jasa pembersihan mika lampu. Biasanya jasa ini dibuka di pusat-pusat onderdil kendaraan bermotor.

Sekadar informasi, membersihkan mika lampu tentu akan jauh lebih murah daripada harus membeli yang baru.

Kalau sepeda motor tak hanya sudah kusam dan tak berfungsi maksimal, ada baiknya kamu langsung membawanya kepada bengkel motor resmi.

3 dari 6 halaman

Selain Bohlam, Ini Penyebab Lampu Motor Padam

Dream - Lampu utama sepeda motor menjadi salah satu komponen penting dan harus berfungsi dengan baik. Tanpa lampu, sepeda motor akan rawan mengalam kecelakaan karena berkendara dalam keadaan gelap.

Dikutip dari Otosia, Kamis 1 Agustus 2019, pengendara motor harus menjaga lampu utama agar tetap menyala. Kadang, masalah teknis muncul.

Lampu utama sewaktu-waktu bisa mati seiring pemakaian. Biasanya kita akan langsung menyalahkan bohlam yang sudah tak berfungsi.

 

 Selain Bohlam, Ini Penyebab Lampu Motor Padam© Dream

 

Namun kamu harus tahu jika lampu utama motor tak melulu karena bohlam putus. Kadang juga ada masalah teknis lainnya, yaitu bagian sakelar.

Hal ini disebabkan karena sakelar rawan kemasukan air, apalagi saat musim hujan.

Jadi, kalau lampu motormu tiba-tiba mati, segera periksa sakelarnya, ya. Semoga bermanfaat!

4 dari 6 halaman

Ingin Kunci Kontak Motor Awet, Lakukan 4 Hal Ini

Dream – Soal perawatan kendaraan bermotor, pemilik kerap terlalu fokus pada mesin. Bagian-bagian lain seperti terabaikan padahal punya fungsi sangat vital.

Salah satu bagian motor yang sangat penting namun kerap diabaikan adalah kunci kontak. Karena jarang diperhatikan, kinerja kunci kontak jadi bermasalah, entah longgar atau malah macet. 

Kunci kontak hilang saat berkendara karena longgar tentu jadi masalah. Apalagi macet saat akan berkendara, emosi bisa meledak. 

Makanya, kamu perlu rutin merawat kunci kontak. Caranya tidak sulit dan kamu hanya membutuhkan waktu sebentar kok. 

Berikut tips merawat kunci kontak supaya awet, dikutip dari Suzuki.

5 dari 6 halaman

Tutup Lubang Kunci

Selalu Tutup Lubang Saat Kunci Dilepas

Motor rakitan 2012 ke atas hampir semuanya sudah dilengkapi dengan tutup lubang kunci. Bahkan untuk motor yang tahun rakitan terbaru, lubang kunci sudah dilengkapi penutup otomatis. 

Selain agar lebih aman, penutup juga berfungsi untuk mencegah air dan debu masuk ke lubang kunci.

Ingat, air dan debu yang masuk pada lubang kunci bisa menimbulkan aus dan karatan. Karat bisa mengganggu kinerja kunci. 

Semprotkan Cairan Pelumas

Sesekali, lumasi lubang kunci dengan cairan penetran. Ini akan membuat kunci kontak bisa tetap berfungsi normal. Tetapi, ingat ya, jangan pakai oli bekas karena justu bisa mengotori lubang kunci kontak.

6 dari 6 halaman

Jangan Paksakan Kunci Macet!

Kunci Macet? Jangan Dipaksakan!

Jangan sekali-kali memaksa memutar kunci kontak saat tiba-tiba macet. Ini berisiko membuat lubang kunci rusak dan longgar.

Jika kunci macet, coba semprotkan cairan pelumas atau tetesi sedikit minyak. Tunggu beberapa menit lalu coba putar kunci pada posisi ON dan OFF beberapa kali. Ingat, jangan memakai oli bekas ya.

Pakai Gantungan Kunci yang Ringan

Gantungan berfungsi untuk membantu pemilik kendaraan lebih mudah menemukan kunci saat lupa letaknya. Tetapi, gantungan kunci yang terlalu berat bisa membuat lubang menjadi longgar.

Join Dream.co.id