Mengulik Suspensi Baru Xpander, Apa Istimewanya?

Automotive | Selasa, 21 Desember 2021 07:12

Reporter : Alfi Salima Puteri

Diketahui supensi pada generasi Xpander terdahulu saja sudah dibilang juara dan jadi selling point yang tidak dimiliki kompetitor di kelasnya.

Dream - Mitsubishi tidak sekedar mengubah tampilan New Xpander menjadi lebih menawan. Pabrikan berlogo Tiga Berlian itu juga turut mengubah suspensi untuk mengoptimalkan kenyamanan penumpang.

Yup, ada juga penyempurnaan sektor suspensinya. Diketahui supensi pada generasi Xpander terdahulu saja sudah dibilang juara dan jadi selling point yang tidak dimiliki kompetitor di kelasnya.

Meski memiliki postur jangkung dengan jarak terdekat ke tanah (ground clereance) mencapai 220mm dari sebelumnya 205mm, Xpander terbaru tetap nyaman dikendarai berkat ubahan suspensi belakang.

Rear shock-absorber Xpander memakai jenis yang dengan Pajero Sport di mana diameternya lebih besar dari ukuran untuk versi Xpander sebelum facelift. MMKSI juga menyetel ulang shock-absorber itu agar pas digunakan pada Xpander.

Eichiro Hamazaki, Director of Aftersales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan perubahan suspensi dilihat dari ukuran shock absorber belakang yang lebih tinggi, diambil dari Pajero Sport.

" Lainnya, high performance bar yang ada di Xpander dan Xpander Cross menggunakan desain mobil Eropa. Perubahan itu menghasilkan driving yang lebih nyaman, stabil di jalan yang kurang halus dan kasar, sesuai dengan kondisi di Indonesia," kata Eichiro Hamazaki belum lama ini.

Mengulik Suspensi Baru Xpander, Apa Istimewanya?
New Xpander
2 dari 3 halaman

Menurut Pereli Mitsubishi Motors yang juga Legenda Paris Dakar, Hiroshi Masuoka, kombinasi shock absorber belakang New Xpander yang lebih besar dan ground clereance tinggi membuat mobil itu lebih nyaman, serta aman melintasi berbagai medan jalan.

 Xpander dan New Xpander Cross Foto by deki prayoga© © 2021 https://www.dream.co.id

" Dengan diameter shock absorber belakang yang lebih besar, mobil ini memberikan kenyamanan berkendara dengan suspension stroke yang cukup untuk melaju sangat stabil," kata Hiroshi Masuoka saat menjajal New Xpander beberapa waktu lalu.

Selain suspensi, Hamazaki juga memberikan testimoni soal transmisi baru New Xpander. Menurutnya transmisi New CVT memberikan rasa berkendara lebih nyaman dan efisien, berkat keseimbangan antara akselerasi maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan serta perpindahan gigi yang halus.

3 dari 3 halaman

Transmisi itu dipadukan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro 4 yang menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6,000 RPM, torsi 141 Nm pada 4.000 RPM.

Mesin Xpander juga telah memakai Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang mampu mengurangi emisi gas buang serta menambah efisiensi bahan bakar.

 Daftar Lengkap Harga New Xpander dan New Xpander Cross: Dapat Diskon Rp20 Juta!© MEN

EGR merupakan cara untuk mengurangi emisi oksida nitrogen yang digunakan dalam mesin bensin, mesin diesel dan beberapa mesin hidrogen.

Komponen ini bekerja dengan mensirkulasikan kembali sebagian dari gas buang mesin ke silinder mesin.

" Tentunya walaupun kami gunakan basic engine yang sama dengan model sebelumnya, yakni 1.5 liter, tapi ada sistem baru yang digunakan EGR (Exhaust Gas Recirculatuion), sehingga bisa memberikan efisiensi yang maksimal dan tingkat emisi yang baik," ujar Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division MMKSI.

Join Dream.co.id