Mengenal Fungsi Evaporator AC Mobil

Automotive | Senin, 8 Juli 2019 12:12
Mengenal Fungsi Evaporator AC Mobil

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Komponen AC mobil ini penting untuk diperhatikan dan dirawat.

Dream – Di Indonesia, peran Air Conditioner (AC) di mobil sangat penting, baik saat panas maupun hujan. Fitur ini menjadi salah satu pertimbangan utama seseorang memutuskan membeli mobil.

Dikutip dari Hyundai, Sabtu 6 Juli 2019, AC merupakan komponen penting yang ada di mobil. Fungsinya mendinginkan suhu ruangan atau kabin. Perlu diingat, dalam AC ada beberapa komponen yang harus diperhatikan dan dirawat. Salah satunya adalah evaporator.

Di evaporator terjadi pengkabutan pada ekspansi valve atau katup ekspansi yang kemudian disalurkan ke dalam evaporator dalam bentuk udara dingin pada sisi evaporator. Hembusan angin pada blower akan melewati kisi evaporator dan akan membawa udara dingin yang menyejukan kabin mobil.

Blower di sini berfungsi sebagai alat yang memastikan sirkulasi udara di dalam kabin mobil melewati evaporator yang dingin saat AC dihidupkan.

Sebagai komponen yang cukup penting, tentunya anda harus tahu mengenai fungsi evaporator pada AC sehingga kamu mengetahui jika ada sesuatu yang tidak beres pada mobilmu.

2 dari 8 halaman

Tugas Evaporator

Evaporator bertugas mengeluarkan hawa sejuk di dalam kabin mobil. Prinsip kerjanya sendiri seperti kulkas.

Jika penjelasan di atas terlalu rumit, sederhananya adalah evaporator menyerap hawa panas dan kemudian mengeluarkannya dalam bentuk udara dingin. Hal ini kebalikan pada proses kondensor yang menyerap udara dingin dan mengeluarkan udara panas.

Sebagai salah satu komponen utama, evaporator pada AC mobil tidak akan lepas dari masalah. Masalah yang kerap terjadi pada evaporator adalah kebocoran.

Komponen yang berfungsi mendinginkan freon yang disemprotkan dari expansion valve ini menjadi kurang berfungsi ketika ada bagian yang bocor. Freon malah banyak yang terbuang melalui lubang kebocoran. Kabin mobil pun tidak akan terasa dingin.

Cara mengetahui kebocoran pada evaporator yaitu harus dibongkar dan diberi tekanan udara sambil direndam dalam bak air, jika bocor akan terlihat gelembung-gelembung udara. Cara pengecekannya hampir mirip dengan cek bocor pada ban mobil. 

3 dari 8 halaman

Kebiasaan yang Tak Disangka Bisa Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Dream – Pengatur suhu ruangan (AC) saat ini sudah jadi kebutuhan bagi para pemilik kendaraan roda empat. Cuaca yang luar biasa panas membuat pengendara terus menyalakan AC agar pengemudi dan penumpang tetap merasa nyaman.

Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan yang mungkin tanpa disadari bisa membuat AC mobil cepat rusak?

Dikutip dari Suzuki, Minggu 12 Mei 2019, ada lima kebiasan buruk yang membuat AC mobil cepat rusak.

Pertama, sering merokok di dalam mobil.

Asap dan debu dari rokok bisa ikut masuk ke dalam filter. Hal ini akan membuat filter menjadi cepat kotor. Akhirnya pendinginan di dalam kabin menjadi kurang maksimal.

Kedua, membuka jendela mobil terlalu lama ketika AC menyala.

Kebiasaan yang sering kita lakukan adalah membuka jendela terlalu lama ketika AC menyala. Hal ini bisa menyebabkan kinerja kompresor dalam membuat suhu ideal di dalam kabin jadi lebih berat dan akhirnya membuat AC lebih mudah rusak.

4 dari 8 halaman

Menaruh Pewangi yang Kurang Tepat

Idealnya pewangi dalam mobil memakai pewangi cair. JIka menggunakan pewangi gel, gel tersebut bisa berubah menjadi gas dan menguap. Ketika terkena dingin, uap tersebut bisa kembali lagi ke dalam bentuk gel dan berisiko menghambat filter serta evaporator dalam AC.

Keempat, mematikan mesin mobil ketika AC masih ON.

Kerugian mematikan mesin mobil saat AC masih menyala adalah nanti saat kita menyalakan mesin mobil otomatis AC akan langsung bekerja.

Ingat aki/accu akan bekerja ekstra keras saat mesin mobil baru pertama kali dinyalakan. Karena kinerja accu tidak bisa maksimum, arus listrik yang dihasilkan pun menjadi kurang stabil. Hal inilah yang akan mempengaruhi kelistrikan AC.

 

5 dari 8 halaman

Tak Menjaga Kebersihan Kabin

Kebiasaan meninggalkan sampah dan kotoran di dalam kabin dengan dalih lupa harus segera dihilangkan.

Kenapa? Karena sampah dan kotoran yang kita tinggalkan bisa membuat kabin lebih kotor dan berdebu. Debu-debu tersebut bisa terbawa masuk dan keluar filter AC dan hal ini akan membuat filter menjadi cepat rusak.

6 dari 8 halaman

AC Mobil Mulai Tak Dingin, Periksa Komponen Ini

Dream – Masalah AC mobil tak dingin bisa terjadi kapan pun. Terkadang malah yang keluar dari AC adalah hawa panas dan bau tak sedap.

Sebenarnya, ada komponen di dalam sistem pendingin mobil yang memerlukan perawatan rutin.

Kalau tak berfungsi normal, perlu ada pengecekan dan perbaikan. Pemeriksaannya tak boleh salah agar perbaikannya bisa dilakukan secara efisien.

“ Kendala yang kerap terjadi pada mobil itu AC tidak terasa dingin,” kata Kepala Cabang Rotary Bintaro Bekasi, Kevin Ong, dikutip dari OTO.com, Rabu 13 Maret 2019.

Kevin mengatakan, ada alasan-alasan AC mobil tak terasa dingin. Pertama, mobil jarang diperbaiki. Ke dua, faktor debu dan kerusakan komponen.

“ Kalaupun bermasalah, beberapa bagian itu bisa dicek sendiri. Tapi, kebanyakan memang harus dilakukan di bengkel khusus,” kata dia.

Berikut ini adalah komponen-komponen bermasalah yang bisa menyebabkan AC mobil kurang dingin.

7 dari 8 halaman

Bisa Jadi Kompresornya Lemah

Pertama, kompresi yang lemah menjadi faktor utama AC mobil kurang dingin. Kalau kompresi rendah, AC mobil takkan mengeluarkan hawa sejuk. Komponen inilah yang menjadi paling pertama dicek.

Kedua, freon kosong. Hal ini terjadi karena tekanan freon yang overheat atau kepanasan. Tekanan gas menjadi berkurang. Hal ini menjadi penyebab AC mobil terasa panas.

Perlu dicatat, freon tak pernah habis kalau tak ada kebocoran AC. Kalau bocor, ya, penyebanya bisa bermacam-macam. Misalnya, karet seal yang getas atau valve kompresor sudah uzur.

Ketiga, katup ekspansi rusak. Kemungkinan katup ekspansi rusak terjadi karena pembekuan. Kamu perlu melihat kondisi ekspansi AC mobil.

Bagian ini bisa mengalami pembekuan atau frozing yang menghambat udara keluar dari pendingin mobil. Alat ini berfungsi sebagai katup pengembunan. Plus, sebagai pengatur masuknya gas freon yang sudah dicairkan dengan proses dari filter dryer.

8 dari 8 halaman

Jangan-jangan Extra Fan Mati

Keempat, extra fan mati. Dynamo motor extra fan juga bisa menjadi kendala. Pastinya hal ini berpengaruh terhadap proses kondensasi di dalam AC mobil.

Kondensor tidak bisa berfungsi optimal dan mencegah udara dingin masuk ke dalam mobil. Kalau kipas ini melemah, tak ada cara lain. Kamu harus menggantinya dengan motor fan yang baru.

Kelima, evaporator kotor. Musuh terbesar evaporator yang kotor adalah debu. Barang ini membuat evaporator AC terhambat.

Debu ini berasal dari kotoran yang tidak bisa tersaring oleh filter. Bahkan, jumlahnya sangat banyak dan bisa membuat kinerja terganggu. 

Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim
Join Dream.co.id