Kenapa Daihatsu Sigra Manual Paling Laris?

Automotive | Senin, 16 September 2019 19:12
Kenapa Daihatsu Sigra Manual Paling Laris?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Karena diminati, mobil ini berkontribusi besar di pasar.

Dream – Selain Xeian, Sigra mungkin cocok mendapat julukan mobil sejuta umat. Tengok saja jalanan di sekitar kamu. Hampir setiap menit kamu akan melihat mobil low cost green car (LCGC) berseliweran.

Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, menjelaskan popularitas Sigra cukup tinggi karena harga mobil ini sangat terjangkau untuk kelas multi purpose vehicle (MPV).

Tak mengherankan jika pangsa pasar Sigra mencapai lebih dari 21 persen di tahun ini. 

" Ini sudah MPV, 7 seater, harganya tejangkau pula," kata Hendrayadi .

Selain sebagai kendaraaan pribadi, banyak masyarakat yang menjadi nafkah dengan menjadi sopir taksi online menjatuhkan pilihan kendaraan mereka pada Daihatsu Sigra.

Daihatsu menjawab permintaan tersebut dengan menyediakan Sigra dalam dua pilihan transmisi yaitu manual dan otomatis. Di sinilah Sigra manula menjadi jawaranya. 

2 dari 7 halaman

Tipe Manual Lebih Digemari

Dari data pembelian Daihatsu, penjualan Sigra dengan transmisi otomotis hanya 5 persen dan sisanya diborong versi manual yang mencapai 95 persen.

“ Itu benar,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra.

Amelia mengakui perbedaan harga yang cukup jauh telah membuat penjualan Sigra manual lebih laris dibandingkan otomatis. Perbedaan harga dua tipe Sigra ini bisa mencapai Rp10 juta.

Untuk pasar segmen LCGC, perbedaan Rp10 juta bukanlah harga yang murah.

“ Otomatis perbedaan harga ini mempengaruhi pilihan mereka. Harga membuat orang lebih memilih yang manual,” kata dia.

(Sah, Laporan: Keisha Ritzska Salsabila)

3 dari 7 halaman

Susah Diproduksi?

Selain faktor harga, lanjut Amelia, proses produksi Sigra otomatis juga relatif lebih sulit. Meski permintaan sangat tinggi kapasitas pabrik belum bisa mengimbanginya.

Proses produksi mobil transmisi otomatis juga hanya diproduksi di Jepang. Yang artinya, Sigra harus bersaing dengan merek Daihatsu lain yang juga dibuat di pabrik induknya itu. 

Namun Amel memastikan masalah produksi Sigra transmisi otomatis takkan lagi menghadapi kendala usai September mendatang. Mobil automatic Sigra akan siap direalisasikan di Oktober mendatang.

" Pada saat ini, kalau dibilang masih susah, baru-baru saja (produksi Sigra automatic). Sebelumnya nggak masalah. Tetapi, masalah automatic akan selesai untuk Sigra itu sekitar Oktober,” kata dia. 

4 dari 7 halaman

Daihatsu New Sigra Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasinya

Dream – Sigra, mobil Low Cost Green Car (LCGC) keluaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya mendapat penyegaran  setelah tiga tahun diperkenalkan ke publik Indonesia. Senin, 16 September 2019, Daihatsu untuk pertama kalinya memperkenalkan New Astra Daihatsu Sigra.

Beragam sentuhan baru disematkan Daihatsu untuk membuat wajah New Sigra lebih segar.

 New Astra Daihatsu Sigra (1)

“ Kami percaya masyarakat Indonesia akan tetap mencintai dan menreima Astra Daihatsu Sigra sebagai Sahabat Impian Keluarga,” kata President Director ADM, Tetsuo Miura, dalam peluncuran Daihatus New Sigra di Summarecon Mall Serpong, Serpong, Banten, Senin 16 September 2019.

5 dari 7 halaman

Lebih Modern dengan Grille Anyar

Tampilan New Sigra dibentuk lebih stylish dan modern dengan grille, bumper, dan rear garnish yang baru. Lampu depan pun dirancang menggunakan LED.

 New Astra Daihatsu Sigra (2)

Tidak lupa, MPV ini juga dilengkapi pollished alloy wheel desain baru 14 inch yang tampil dinamis dengan mud guard pada keempat rodanya.

6 dari 7 halaman

Intip Interiornya

Untuk interior, kabin New Sigra diberikan sentuhan nuansa two tone colors, yaitu dark dan light grey. Warna ini memberikan kesan mewah pada mobil.

 

 New Astra Daihatsu Sigra (3)

 

Di bagian center cluster, knob AC didesain lebih kekinian dan memudahkan pengguna untuk mengatur temperatur kabin mobil.

Di beberapa varian New Sigra, dilengkapi dengan 2-DIN touchscreen audio, dan electric retractable mirror.

7 dari 7 halaman

Harga New Sigra

Kali ini, New Sigra melakukan upgrade pada fitur keamanan. Di beberapa varian New Sigra dilengkapi rear parking camera. Mobil ini hadir dalam tiga warna baru yaitu Glittering Silver Metallic, Bronze Metallic, dan Orange Metallic.

 

 New Astra Daihatsu Sigra (41)

 

New Sigra dapat dibeli dengan harga Rp114 juta untuk tipe 1.0 D MT dan Rp156,75 juta untuk tipe 1.2 R AT Deluxe.


(Laporan: Keisha Ritzska Salsabila)

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id