Mengapa Daihatsu Jarang `Poles` Gran Max PU?

Automotive | Jumat, 15 Oktober 2021 18:48

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mobil ini merupakan kendaraan komersial yang dijual Daihatsu.

Dream – Pada 2008, Daihatsu meluncurkan Gran Max Pick Up (PU) sebagai mobil niaganya. Kendaraan ini memang menjadi kontributor besar dalam penjualan Daihatsu.

Namun, Gran Max PU jarang mendapatkan penyegaran, baik facelift maupun dirombak total. Yang terbaru, pada 2019, Daihatsu memperkuat di sisi kargo dan ban.

Customer Satisfaction & Value Chain Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Elvina Afny, mengatakan, penguatan ini bertujuan agar mobil bisa membawa barang secara lebih kuat dan bisa melalui jalan yang rusak. Selain itu, perusahaan ini juga menawarkan Gran Max yang dilengkapi dengan rem ABS dan airbags.

“ Kami juga menyediakan Daihatsu Gran Max yang dibekali power steering dan AC,” kata Elvi dalam konferensi pers virtual tentang market update Daihatsu.

Elvi mengungkapkan, Daihatsu jarang memberikan penyegaran untuk mobil niaga yang satu ini, terutama untuk masalah styling. Menurut dia, ekseterior bukanlah hal utama yang dipertimbangkan oleh pengusaha ketika membeli mobil niaga.

“ Itu bukan faktor utama yang menjadi pembelian, beda dengan passenger car,” kata dia.

Mengapa Daihatsu Jarang `Poles` Gran Max PU?
Mengapa Daihatsu Jarang Memoles Gran Max PU? (Foto: Astra Daihatsu Motor)
2 dari 5 halaman

Ini yang Dipertimbangkan Pengusaha

Pengusaha, lanjut Elvi, lebih memilih kualitas mobil niaga, seperti ketangguhan mesin, keiritan bahan bakar, serta kapasitas angkut barang.

Hal ini juga diamini oleh Marketing Director Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra. Amelia mengatakan pembeli mobil Gran Max PU tak memusingkan soal penampilan kendaraan.

“ Yang mereka pikirkan bagaimana mengangkut barang dan menopang bisnis dengan lebih baik secara efisien. Gran Max memberikan selling point bukan dari tampilan,” kata dia.

3 dari 5 halaman

Gran Max Pikap Dominasi Penjualan Daihatsu

Dream – Daihatsu mengantongi penjualan ritel sebanyak 17.942 unit selama dua bulan pertama 2021. Pada Januari-Februari 2021, penjualan kendaraan roda empat Daihatsu masih didominasi Gran Max Pick Up.

Dikutip dari keterangan tertulis Daihatsu, Rabu 10 Maret 2021, secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia hingga Februari 2021 mencapai sekitar 100 ribu unit.

Daihatsu memiliki kontribusi market share 17,8 persen untuk pasar otomotif nasional dengan capaian 17 ribu unit mobil yang terjual.

 Gran Max Pikap Dominasi Penjualan Daihatsu © Dream

 

“ Daihatsu bersyukur dapat mengawali penjualan 2 bulanan di awal tahun 2021 dengan baik, disertai market share 17,8 persen,” kata Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta.

Pada penjualan ritel hingga Februari 2021, penjualan Daihatsu didominasi oleh 3 model utama, yaitu Gran Max Pick-Up 5.788 unit, atau berkontribusi sebesar 32,3 persen, disusul Sigra 4.305 unit, dan Ayla sebanyak 2.298 unit.

“ Kami percaya, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik daripada tahun sebelumnya, terlebih pemerintah telah memberikan insentif relaksasi PPnBM untuk menstimulus pertumbuhan pasar otomotif,” kata dia. 

4 dari 5 halaman

Daihatsu Sulap Gran Max Jadi Mobil Klinik Informasi Perangi Wabah Covid-19

Dream – Kesadaran semua pihak dalam memerangi pandemi Covid-19 mendorong PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus mendukung pemerintah dan ingin berkontribusi kepada masyarakat. Di Jawa Barat, ADM mendonasikan dua unit mobil Gran Max yang telah disulap menjadi mobile clinic information.

Dua mobil ini diberikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada Selasa, 24 November 2020 di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat. Kehadiran dua mobil ini diharapkan bisa membantu menekan angka penyebaran Covid-19.

 

 Daihatsu Sulap Gran Max Jadi Mobil Klinik Informasi Perangi Wabah Covid-19© Dream

 

Donasi ini merupakan komitmen Daihatsu yang sekaligus wujud pelaksanaan salah satu dari 4 pilar CSR (Corporate Social Responsibility) Daihatsu, yakni pada pilar Sehat Bersama Daihatsu.

“ Kami berharap donasi berupa 2 unit mobil klinik berjalan dan informasi ini dapat membantu tenaga medis dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di Jawa Barat. Semoga melalui kontribusi ini, Daihatsu dapat selalu dekat kepada masyarakat,” ujar Karawang Assembly Plant Executive Officer ADM, Feryanto Setyadi, dikutip dari keterangan tertulis, Senin 30 November 2020.

5 dari 5 halaman

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, mobil klinik ini dimodifikasi agar dapat dipergunakan sebagai sarana untuk edukasi kesehatan. Rencananya seorang dokter nantinya siap melayani kesehatan masyarakat.

Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut juga memberikan apresiasi dan turut mendoakan kesuksesan kepada seluruh perusahaan yang terus berkontribusi kepada masyarakat.

Sesuai namanya, Daihatsu Gran Max yang telah dimodifikasi secara khusus menjadi mobil klinik ini ditujukan untuk tenaga medis dalam melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pasien, sekaligus memberikan informasi kesehatan yang penting untuk dilakukan, terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

Mobil klinik ini juga dilengkapi beragam fasilitas, seperti kursi dokter dan pasien, wastafel, APAR, dan Tabung Oksigen. Sedangkan untuk media informasi, mobil ini juga dilengkapi dengan genset, TV & DVD player, sound systemmicrophone, dan tenda awning agar dapat memberikan edukasi kesehatan secara maksimal kepada masyarakat.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id