Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Truk Listrik Mitsubishi Ini Tersohor Minim Getaran, Lihat Penampakannya

Truk Listrik Mitsubishi Ini Tersohor Minim Getaran, Lihat Penampakannya Truk Listrik Fuso, ECanter, Mejeng Di GIICOMVEC. (Foto: Dream.co.id/Ferdike Yunuri Nadya)

Dream - Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation turut serta dalam pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC). Produsen otomotif ini memamerkan truk elektrik, eCanter.

Truk ini punya enam modul baterai bertegangan tinggi. Metode pengisiannya dengan dua input, yaitu AC dan DC. Durasi pengisian baterai AC 9 jam dan DC 1,5 jam. Dengan baterai berkapasitas penuh, truk asal Jepang bisa melaju hingga 100 km.

“Setelah itu harus charge lagi” ujar Marketing Director Mitsubishi Fuso KTB, Duljatmoni, di Jakarta, Kamis 5 Maret 2020.

Truk ini juga dilengkapi e-motor dan gearbox bertenaga dengan daya maksimum 135Kw / 184 PS, dengan torsi maksimum 390 Nm/ 39,7 kgm. Tak hanya itu, maksimal output Electric Motor sekitar 135 KW dan 390 Nm.

Publik Indonesia yang ingin melihat truk bertenaga listrik buatan Mistsubishi ini bisa melihatnya di booth Fuso. Masyarakat  bisa menyaksikan langsung kecanggihan teknologi yang dipakai truk tersebut.

Meski belum didistribusikan ke Indonesia, eCanter telah sukses dipasarkan di Jepang, Amerika Serikat, serta beberapa Negara Eropa.

Fitur Keamanan yang Mumpuni

Mitsubishi menyematkan teknologi canggih di truk Fuso elektrik. Misalnya, sistem Lane Departure Warning agar kendaraan tetap berada di jalur yang tepat.

Ada juga fitur antilock braking system dan electronik stability program.

Interior Truk listrik Fuso

Pada bagian belakang truk, tersedia ‘Box’ dengan luas 3,4 meter. Box ini dapat memuat barang dengan berat 2 hingga 4 ton. Kursi pengemudi juga dibuat nyaman lengkap dengan fitur bluetooth dan smart key.

Ramah Lingkungan

Truk keluaran Mitsubishi ini sepenuhnya beroperasi secara elektrik. Kendaraan itu mengeluarkan gas buang yang pastinya ramah lingkungan, bebas kebisingan, dan mengurangi efek negatif terhadap lingkungan secara signifikan.

Mesin truk listrik Fuso

“Truk ini inovasi yang bagus pastinya lebih ramah lingkungan karena tidak pakai solar sama sekali. Dia sudah pakai listrik, nggak pakai minyak rem dan minyak oli jadi lebih irit dan mudah,” kata Public Relation PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Catrine.

Selain itu dibandingkan dengan kendaraan diesel konvensional, eCanter lebih sedikit getaran yang mengurangi beban fisik pengemudi. Jadi, dapat memaksimalkan performa pengemudi ketika mendistribusikan produk sehari-hari.

Mitsubishi Fuso Waswas Sentimen Negatif Virus Corona

Dream - Eskalasi dampak virus corona sejak akhir 2019 menjadi perhatian seluruh pemangku kepentingan di dunia usaha. Penyebaran wabah penyakit mematikan itu membuat semua pihak khawatir.

Produsen kendaraan niaga salah satunya. Mereka bersiap menghadapi virus corona yang diprediksi berdampak pada penjualan. Terutama varian truk untuk kebutuhan logistik impor dan ekspor.

"Jika belum bisa jawab apakah akan berdampak pada penjualan kita. Itu perlu waktu untuk melihatnya. Tapi kita perlu waspada (virus corona)," ujar Duljatmono, Sales and Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB)--distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Jakarta, Selasa 11 Februari 2020.

Mitsubishi Fuso

Menurutnya, tidak bisa dipungkiri adanya keterkaitan bisnis industri antara Indonesia dengan China. Mulai dari kelapa sawit dan batu baru.

"Saat ini demand kendaaran untuk logistik meningkat. Tapi kita juga harus siap jika kondisi permintaan pasar turun (akibat virus corona)," imbuh pria yang akrab disapa Momon.

Tentu sejumlah startegi sudah disiapkan KTB, demi menjaga posisi market shared di pasar kendaraan niaga Tanah Air.

Ada Tiga Faktor

Ada tiga faktor yang membuat KTB optimis penjualan bisa tumbuh. Pertama, adalah selesainya masa Pemilu yang terjadi di 2019 lalu.

Kedua adalah sektor logistik yang terus bertumbuh sejak akhir 2019 lalu. sektor logistik adalah pendukung utama bagi kendaraan komersial dengan persentase mencapai 50-60 persen.

Terakhir adalah komitmen pemerintah dalam membangun infrastruktur di Tanah Air.

"Penjualan semester 1 tahun ini akan meningkat ketimbang periode yang sama tahun 2018. Kemudian secara bertahap di semester 2 bisa terus meningkat," tutur Duljatmono.

KTB memprediksi pasar kendaraan niaga akan bertumbuh sekitar 7% di tahun 2020 sehingga berani menargetkan penjualan 46.900 unit. Dengan rincian target Colt Diesel 40.400 unit, target Mitsubishi Fuso dan Fighter 6.500 unit.

Truk 'Petarung' Fuso Makin Garang, Rival Wajib Waspada!

Dream - Mitsubishi Fuso tancap gas. Mereka langsung agresif melakukan penetrasi ke pasar kendaraan niaga Tanah Air. Line up varian terbaru mereka siapkan, demi mencapai target penjualan 46.900 unit di 2020.

" Kita meluncurkan varian Fighter baru di Februari awal, yaitu long version 6x2. Varian ini dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan logistik, kebutuhan terbesar di pasar Indonesia," kata Duljatmono, Sales and Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB)--distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Jakarta, Selasa 11 Februari 2020.

Pria yang akrab disapa Momon ini mengklaim produk ini lama ditunggu oleh konsumen yang membutuhkan di market logistik.

 Mitsubishi Fuso

Varian terbarunya adalah MDT Fighter FN61FL HD (6x2) dengan mesin berkekuatan 266 Tk, transmisi Eaton 9 percepatan, final gear 6,166, serta panjang chassis hingga 9,8 meter. Dengan penambahan varian tersebut, terdapat 18 varian Fighter di 2020.

Fighter yang pertama kali dipasarkan di awal 2019, berhasil membukukan angka penjualan sebanyak 1.581 unit sepanjang tahun lalu. Di kelas truk medium, Fighter berhadapan dengan Hino.

Truk Mitsubishi Lawas Bisa Pakai BBM B30

Penyesuaian model pada spek GVW (Gross Vehicle Weight) dan ROH (Rear Over Hang) di beberapa varian juga diterapkan untuk menyesuaikan produk sesuai regulasi Zero ODOL dan B30. KTB juga menyiapkan produk Custom Tailored Truck (CTT) yang dapat dimodifikasi, untuk mengoptimalkan varian kendaraan berdasarkan kebutuhan pasar namun tetap sesuai dengan regulasi berlaku.

 Mitsubishi Fuso

" Terkait regulasi odol, kita mengakomodasi kendaraan standar dengan volume besar. Kita cover mulai kuartal 4 2019 dengan modifikasi berkaitan dengan volume atau kapasitas. Kita improve GVW hingga setengah ton. Untuk volume kita perpanjang rear over hang. Kita modifikasi sesuai standar pemerintah," tutur Duljatmono.

Dimodifikasi, Berapa Biayanya?

KTB menyiapkan suku cadang agar truk model lama bisa mengikuti kebijakan pemerintah untuk menyesuaikan bahan bakar Biodiesel 30.

 Mitsubishi Fuso

Yogi Krisdian, After Sales Business Development Department Head KTB menjelaskan ada sejumlah perubahan pada perangkat filter bahan bakar. Diantaranya dari penyesuaian pada filter lebih besar.

Perangkat ini tersedia di sejumlah diler Mitsubishi. Konsumen, tinggal datang ke bengkel untuk modifikasi. Penyelesaian hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam dan biayanya mulai dari Rp1,5-2 juta.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Spesifikasi Lengkap Mobil Listrik Niaga Mitsubishi L100 EV, Dijual Rp320 Juta Bisa Dibeli Sistem Rental

Spesifikasi Lengkap Mobil Listrik Niaga Mitsubishi L100 EV, Dijual Rp320 Juta Bisa Dibeli Sistem Rental

Ini spesifikasi lengkap mobil listrik mitsubishi L100 EV

Baca Selengkapnya
Canggihnya Kereta Listrik IKN Akan Jalan Tanpa Rel, Bisa Tampung 324 Orang

Canggihnya Kereta Listrik IKN Akan Jalan Tanpa Rel, Bisa Tampung 324 Orang

Kereta ini akan berjalan tanpa rel dI Ibu Kota Nusantara (IKN)

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.