Mau Belajar Nyetir di Kursus Mengemudi? Perhatikan 7 Hal Ini

Automotive | Kamis, 23 September 2021 11:36

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Kursus mengemudi menjadi salah satu cara untuk belajar menyetir mobil.

Dream – Sahabat Dream, selain suami atau anggota keluarga lainnya, orang-orang memilih jasa kursus mengemudi untuk belajar menyetir. Di tempat ini, kamu bisa berlatih mengendarai mobil dengan benar.

Ditambah lagi, perlu fokus dan konsentrasi agar bisa memahami hal-hal seputar mengemudi mobil, seperti membedakan rem dan pedal gas.

Saat ingin belajar setir mobil di tempat kursus mengemudi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Mau Belajar Nyetir di Kursus Mengemudi? Perhatikan 7 Hal Ini
Instruktur Sedang Memberikan Arahan Belajar Mengemudi Kepada Peserta Ajar. (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Persiapkan Biaya

Dikutip dari Seva.id, Kamis 23 September 2021, yang pertama adalah mempersiapkan biaya. Biaya kursus mengemudi mobil ini bervariasi, tapi umumnya berkisar antara Rp700 ribu-Rp1,2 juta.

Tempat kursus yang sudah punya “ nama” akan membanderol harga yang jauh lebih mahal. Kamu perlu mengecek apakah ada jaminan yang didapatkan ketika sedang mengikuti kursus mobil dengan biaya yang lebih mahal. Lebih baik memilih tempat dengan biaya yang terjangkau, tapi layanannya memuaskan.

3 dari 5 halaman

Cari Manfaat dan Pilih Waktu Kursus

Yang kedua, cari tahu manfaat yang didapatkan. Kamu perlu mengetahuo beberapa jenis layanan yang bisa dipilih. Misalnya, kursus menyetir saja atau menyetir plus dapat layanan pembuatan SIM.

Kalau ada paket pembuatan SIM sekaligus, tanyakan juga biayanya. Kemudian rincilah. Kalau biaya pembuatan SIM lebih murah dengan paket ini dibandingkan dengan mengurus sendiri, lebih baik pilih paket itu.

Ketiga, memilih jam kursus mobil. biasanya jumlah pertemuan kursus setir mobil sebanyak 6-9 pertemuan. Lebih baik Sahabat Dream memilih hari yang tidak berjauhan agar bisa lebih mudah menguasai apa yang telah diajarkan.

4 dari 5 halaman

Jangan Ngaret!

Keempat, datang tepat waktu. Usahakan selalu datang tepat waktu. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko pengurangan waktu dari jam yang telah ditentukan. Kalau ngaret, yang rugi itu diri sendiri.

Kelima, latihan secara rutin. Latihan apa pun perlu dilakukan secara rutin dan berulang-ulang, termasuk menyetir mobil.

Setelah mendapatkan pengajaran di tempat kursus, kamu bisa mengulanginya sendiri di jalan dekat rumah. Dengan begitu, kamu bisa menjadi semakin mahir.

5 dari 5 halaman

Jangan Malu Bertanya

Keenam, tanyakan apa yang belum dipahami. Kamu sebaiknya berani bertanya apa yang belum dipahami seputar belajar mengemudi mobil.

Misalnya, cara menjaga keamanan dan keselamatan selama berkendara.

Ketujuh, jangan takut. Kamu harus punya sikap berani ketika belajar menyetir. Rasa takut mengemudi di jalan raya sering dirasakan.

Kamu harus mampu mengendalikan keberanian sehingga belajar mengemudi menjadi lebih fokus. Cobalah untuk lebih rileks.

Join Dream.co.id