Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sekali Full Charge, Skuter Listrik Yamaha Bisa Tempuh Jarak 100 KM

Sekali Full Charge, Skuter Listrik Yamaha Bisa Tempuh Jarak 100 KM Skuter Listrik Yamaha, EC-05. (Foto: Electrec)

Dream – Yamaha mulai melirik kendaraan ramah lingkungan. Belum lama, produsen otomotif  berlambang tiga garpu tala itu merilis skuter listrik, Yamaha EC-05.

Diketahui Yamaha menggandeng perusahaan lokal Taiwan, Gogoro, untuk membuat skuter listrik.

Dikutip dari Electrec, Rabu 12 Juni 2019, motor ini bisa melesat dengan kecepatan tertinggi antara 85-95 km per jam. Sekali baterai diisi penuh, motor ini bisa menempuh jarak lebih dari 100 km.

Sekadar informasi, Yamaha mendesain motor skuter listrik, sedangkan Gogoro merancang sistem kelistrikannya. Motor ini akan menggunakan dua baterai Li-ion 2170.

Pengisiannya bisa dilakukan di rumah atau di-swap dengna baterai lain di pusat pengisian baterai motor listrik.

Pada Agustus 2019, motor tersebut akan dipasarkan di Taiwan. Sayangnya, skuter listrik EC-05 baru tersedia di negara itu. 

Ngabuburit Asyik dengan Motor Listrik, Bisa Sewa Mulai Rp2.500

Dream – Sepeda motor listrik kini sudah mulai dilirik. Walaupun masih kalah pamor dari motor bensin, beragam trik dilakukan untuk “menjual” motor listrik.

Salah satu pemain motor listrik, Viar, punya cara unik.

Produsen otomotif ini tak hanya menjual STNK, tetapi juga bisnis sewa motor listrik Viar Q1 berbasis IoT (Internet of Things).

Berbeda dengan konsep rental yang telah ada, dalam menawarkan layanannya Vrent menggunakan motor listrik Viar yang telah dilengkapi dengan surat-surat laik jalan sehingga aman digunakan di jalan raya.

CTO Vrent, Joshua, mengatakan Vrent mendapat dukungan dari Viar Motor Indonesia sebagai penyedia armada motor listrik Viar Q1 dan juga aplikasi GOWES milik PT Surya Teknologi Perkasa (STP), sehingga nantinya untuk pengguna yang ingin menggunakan layanan rental Vrent dapat mengunduh Aplikasi GOWES melalui Google Play Store.

"Kami harapkan dengan hadirnya aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mencoba merasakan motor listrik sekaligus menjadi jawaban atas masalah kemacetan di Ibukota," kata Joshua di Jakarta, dikutip dari Otosia, Rabu 8 Mei 2019.

Sementara itu, Direktur Marketing PT Triangle Motorindo, Sutjipto Atmodjo, mengatakan Viar dan Vrent memiliki visi dan misi yang sama untuk mencari solusi bagaimana mengembalikan kondisi langit Jakarta kembali biru.

"Kami merasa hadirnya Vrent akan menjadi jawaban dari masalah transportasi yang ada dan sedikit banyak memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mencoba mengendarai motor listrik," kata Sutjipto.

Iwan Suryaputra, Direktur STP mengatakan bahwa STP berterima kasih atas kepercayaan Vrent dalam menggunakan teknologi, platform dan aplikasi GOWES untuk menjalankan motor sharing Q1.

Melalui kolaborasi ini, ratusan ribu pengguna aplikasi GOWES dapat langsung menikmati kemudahan layanan Vrent.

"GOWES sendiri saat ini terus berinovasi dan melakukan pengembangan untuk lebih tinggi memberikan pelayanan yang lebih baik kepada Vrent agar di kemudian hari, fitur-fitur yang ada di dalam Aplikasi Vrent semakin lengkap dan dapat melayani kebutuhan pasar. Kami berharap kolaborasi ini dapat mendorong minat masyarakat untuk menggunakan motor listrik sebagai alternatif transportasi ramah lingkungan," kata Iwan.

Berapa Sewanya?

Untuk ongkos sewa, Vrent memberlakukan tarif rental sebesar Rp2.500 per 15 menit dan Rp50 ribu untuk rental harian. Khusus untuk rental harian, nantinya unit yang disewa akan dibekali charger sehingga penyewa dapat melakukan pengecasan di rumah.

Bagi penyewa yang ingin melakukan penyewaan motor listrik ini, nantinya dapat mengunjungi Vrent Station yang terdekat dari lokasi penyewa (lokasi Station dapat diketahui dari peta aplikasi). Kemudian petugas Station akan membantu melakukan scan QRcode pada unit yang akan disewa.

Saat ini sudah tersedia sekitar 20 mitra station yang tersebar di beberapa titik di Jakarta dan akan diperluas sesuai dengan target sebanyak 180 mitra hingga akhir tahun 2019.

"Kami juga membuka peluang bagi masyarakat yang ingin bekerjasama menjadi mitra Station Vrent. Cukup mengunjungi website kami di Vrent.id dan ikuti panduan selanjutnya," kata Josh.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Yamaha Luncurkan Skutik Premium LEXi LX 155, Harga Mulai Rp25 Jutaan, Apa Saja yang Berubah?

Yamaha Luncurkan Skutik Premium LEXi LX 155, Harga Mulai Rp25 Jutaan, Apa Saja yang Berubah?

Yamaha luncurkan skutik premium LEXi LX 155, desian simple dengan performa maksimal.

Baca Selengkapnya
Motor Listrik Karya Anak Bangsa Electrum H5 Meluncur, Intip Spesifikasinya

Motor Listrik Karya Anak Bangsa Electrum H5 Meluncur, Intip Spesifikasinya

Motor listrik yang didesain khusus untuk jalanan Indonesia.

Baca Selengkapnya
Alasan Yamaha Pakai Mesin 155 cc di Lexi LX, Versi 125 cc Langsung 'Disuntik Mati'

Alasan Yamaha Pakai Mesin 155 cc di Lexi LX, Versi 125 cc Langsung 'Disuntik Mati'

"Untuk Lexi 125 cc yang lama, dengan keluarnya Lexi LX 155 ini otomatis diskontinu dan dilanjutkan dengan model baru ini".

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.