Car Free Night Tahun Baru di Jakarta Mulai Sore Ini, Cek Rute Pengalihan Arus

Automotive | Selasa, 31 Desember 2019 14:48

Reporter : Maulana Kautsar

Lokasi car free night akan digelar mulai pukul 17.00 WIB.

Dream - Malam Tahun Baru di DKI Jakarta akan berlangsung di sejumlah titik di ibukota. Pusat keramaian diperkirakan akan terjadi di sepanjang jalur Car Free Night yang akan mulai diberlakukan hari ini, Selasa, 31 Desember 2019.

Kegiatan Car Free Night menyambut pergantian Tahun Baru 2020 akan digelar mulai pukul 17.00 WIB. Sepanjang kegiatan akses jalur di acara tersebut akan ditutup total. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, pelaksanaan car free night akan digelar di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman, serta Jalan Medan Merdeka Selatan.

" Mulai pukul 17.00 WIB akan dilaksanakan car free night mulai dari Thamrin sampai Sudirman juga ada tambahan sedikit di Medan Merdeka Selatan," ucap Yusri dilaporkan Liputan6.com, Selasa, 31 Desember 2019.

Sementara itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menggelar rekayasa sejumlah arus lalu lintas di jalanan Ibu Kota saat malam perayaan tahun baru.

Berdasarkan informasi akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, pengalihan arus lalu lintas dilakukan di beberapa titik lokasi, Selasa, 31 Desember 2019.

 Rekayasa arus lalu lintas di DKI Jakarta (Twitter @tmcpoldametrojaya)© Twitter @tmcpoldametrojaya

Rekayasa arus lalu lintas di DKI Jakarta (Twitter @tmcpoldametrojaya)

Car Free Night Tahun Baru di Jakarta Mulai Sore Ini, Cek Rute Pengalihan Arus
Petugas Gabungan Memasang Tanda Saat Pengalihan Arus Di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (31/12). Pengalihan Terkait Malam Puncak Perayaan Pergantian Tahun Di Kawasan Bundaran HI Hingga Jalan MH Thamrin. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
2 dari 5 halaman

Jalan Tugu Tani dan Jalan Thamrin

Berdasarkan catatannya, ada sejumlah arus jalan yang mengalami rekayasa.

1. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk diarahkan ke Jalan Djuanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya diarahkan ke Jalan Suryo Pranoto atau Jalan Gajah Mada.

2. Arus lalu lintas dari Tugu Tani menuju ke Jalan Merdeka Utara diarahkan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Tugu Tani Menuju ke Jalan Merdeka Selatan ditutup diluruskan ke arah Jalan Perwira.

4. Arus lalu lintas dari Budi Kemuliaan menuju Jalan Thamrin, Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Barat ditutup diarahkan Jalan Abdul Muis.

 

3 dari 5 halaman

Arah Semanggi

5. Arus lalu lintas dari Jalan Museum ke arah Merdeka Barat ditutup diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Galungung menuju Sudirman dilakukan penutupan dan diluruskan ke Tanah Abang. Demikian juga sebaliknya dari Tanah Abang diluruskan ke arah Manggarai atau Pasar Rumput.

7. Arus lalu lintas dari arah Kasablanka menuju Jalan Jenderal Sudirman dilakukan penutupan kedua arahnya.

8. Lingkaran Semanggi dan Simpang Susun Semanggi ditutup total dari timur diarahkan ke Slipi/arah dari barat ke Pancoran.

9. Arus lalu lintas dari arah Hotel Mulia menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke arah Jalan Hanglekir.

 

© Dream
4 dari 5 halaman

Bunderan Senayan dan Jalan Asia Afrika

10. Arus lalu lintas yang dari Jalan Asia Afrika menuju Bunderan Senayan diluruskan ke arah Jalan Hanglekir.

11. Arus lalu lintas yang dari Jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir.

12. Arus lalu lintas yang dari Jalan Pattimura menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir/diarahkan ke kiri Jalan Sisingmangaraja.

13. Arus lalu lintas yang dari Jalan Senopati menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Pattimura.

 

5 dari 5 halaman

Panggung Gembira

Yusri mengatakan, ada lima panggung yang tersebar di sepanjang lokasi car free night. " Ada lima panggung gembira yang disiapkan pemerintah daerah, kita siapkan pengamanan di sana. Pertama di Monas, kedua di depan Kantor Gubernur, yang ketiga di Bunderan HI, ada juga di Jalan Dukuh Atas dan di depan Kantor Jaya di daerah Thamrin," ucap dia.

Dalam rangka pengamanan tersebut Polda Metro Jaya telah menyiapkan sekitar 10.000 personel untuk mengawal gabungan untuk mengawal jalannya perayaan tahun baru di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya.

© Dream
Join Dream.co.id