Lampu LED 3 Warna di Motor Lagi Tren

Automotive | Kamis, 7 Februari 2019 18:45
Lampu LED 3 Warna di Motor Lagi Tren

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Berapa biaya pemasangannya?

Dream – Pemilik sepeda motor tak puas dengan tampilan standar kendaraannya. Mereka akan memodifikasi kuda besi, mulai perubahan standar sampai ekstrem.

Salah satu modifikasi yang sering dilakukan adalah mengubah lampu. Pabrikan biasanya memberikan sistem penerangan yang biasa saja.

Tentu penerangan yang diberikan pabrikan mengikuti aturan untuk menyala sepanjang motor dihidupkan. Lampu yang digunakan adalah lampu hemat energi.

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis 7 Februari 2019, salah satu bengkel yang melayani modifikasi lampu adalah Kedai Riders. Mereka menawarkan lampu tiga warna, yang sebelumnya banyak dipakai pada mobil.

“ LED 3 warna ini bisa dikombinasikan dalam satu papan menggunakan lampu dengan tingkat keterangan 6.500 kelvin, 4 ribu kelvin, dan 3 ribu kelvin,” kata pemilik Kedai Bikers, Yoyo, di Ciledug, Tangerang.

Yoyo mengatakan, modifikasi LED 3 warna itu dilakukan untuk semua jenis motor. Tapi, mereka kebanyakan melakukan modifikasinya pada Yamaha Nmax dan Honda PCX. Untuk menyalakan lampu, pengemudi cukup menekan tombol switch on-off.

“ Kalau PCX lokal pakai enam titik lampu LED, yang empat untuk lampu dekat dan dua untuk lampu jauh. Modifikasi ini juga tidak bakal bikin aki tekor, karena satu lampu LED terutama yang menggunakan lampu Fortuner VRZ setara dengan lampu 33 watt, namun pemakaian tidak sampai 33 watt per lampu,” kata dia.

Sepeda motor yang tak punya saklar lampu seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX, harus dipasangi saklar tambahan. Untuk pengerjaan lampu ini, pemilik motor harus memesan terlebih dahulu untuk diatur lampunya. Baru, lampu LED itu dipasang di sepeda motor.

2 dari 2 halaman

Berapa Harganya?

Menurut Yoyo, pemasangan lampu LED 3 warna itu bervariasi. Misalnya, untuk Honda PCX, harga pemasangan saklar mulai Rp450 ribu sampai Rp750 ribu. “ Sedangkan untuk lampu LED-nya mulai Rp2,2 juta tergantung spesifikasi lampu mobil apa yang ingin dipasang,” kata dia.

Pemasangan lampu LED 3 warna di Yamaha NMax juga harus menggunakan saklar. Biayanya mulai dari Rp425 ribu sampai Rp450 ribu.

“ Lampu LED-nya, mulai dari Rp1,2 juta sampai Rp5,5 juta dengan spesifikasi full custom proyektor, dan menggunakan original equipment manufacturer (OEM) karena memang durability-nya sudah terbukti,” kata dia.

Yoyo menambahkan, modifikasi lampu ini berhubungan dengan kelistrikan. Faktor keamanan dan kerapian menjadi hal yang utama di bengkel ini.

" Kalau aki kita garansi tiga bulan, dan pastinya dengan modifikasi lampu ini tidak akan bikin tekor," kata dia.

Yoyo memastikan proses instalasinya aman. “ Setiap sambungan disolder, dikasi solasi bakar, dan dibungkus solatip. Jika upgrade lampu atau klakson juga kita pakai relay, agar aman," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)  

Join Dream.co.id