Kurang Laku, Toyota Yaris Disuntik Mati

Automotive | Kamis, 25 Juni 2020 15:46
Kurang Laku, Toyota Yaris Disuntik Mati

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dikatakan bahwa sedan dan hatchback Yaris takkan tersedia pada 2021.

Dream - Toyota menyetop produksi Yaris pada tahun ini. Hal ini disebabkan oleh kurang diminatinya Yaris oleh masyarakat.

Dikutip dari Car And Driver, Kamis 25 Juni 2020, produksi mobil Yaris, baik sedan maupun hatchback, akan disetop pada akhir Juni 2020 di Amerika Serikat.

Kabar ini disiarkan pertama kali oleh Carbuzz yang berasal dari memo perseroan yang dibocorkan di Reddit. Dalam memo yang kini telah dihapus, dikatakan bahwa sedan dan hatchback Yaris takkan tersedia pada 2021. Memo itu ditujukan bagi diler dan general manager-nya.

Kepada Car And Driver, perwakilan Toyota menyebutkan keputusan itu disebabkan oleh ada regulasi baru terhadap segmen entry subcompact. Ditambah lagi dengan penurunan penjualan di segmen hatchback dan sedan seperti Yaris.

“ Ini adalah alasan di balik keputusan (penghentian produksi Yaris),” ujar perwakilan Toyota.

2 dari 5 halaman

Karena Pandemi Covid Juga?

Menurut data, pada 2019, Toyota menjual 21.917 unit Yaris di Amerika. Angkanya 5 ribu lebih rendah daripada tahun sebelumnya. Penjualan Yaris di sana mencapai puncak pada 2008. Kala itu, mobil ini laku 80.411 unit.

Rival Yaris, Honda Fit, Kia Rio, Hyundai Accent, dan Nissan Versa, mengantongi penjualan yang lebih baik daripada Yaris.

Namun, ada hal yang diduga menjadi penyebab disuntik matinya Yaris di Negeri Paman Sam, yaitu pandemi Covid-19. Reuters memberitakan bahwa Toyota berencana membatasi produksi kendaraan di Amerika Serikat—tempat Yaris dibuat—sebesar 29 persen tahun ini. Pengurangan produksi ini bertujuan mengimbangi kurangnya pasokan dan permintaan akan mobil. 

3 dari 5 halaman

Penampakan Bongsor Toyota Yaris Cross, Siap Tantang Honda HR-V

Dream – Toyota baru saja memperkenalkan SUV kompak berbadan Yaris, yaitu Yaris Cross. SUV mungil ini Semula akan diperkenalkan ke publik di ajang Geneva Motor Show 2020. Akan tetapi, virus corona menghalangi proses debutnya.

Dikutip dari Slash Gear, Jumat 24 April 2020, Toyota menyebut kehadiran Yaris Cross ini bertujuan untuk mendefinisikan ulang kendaraan yang mencerminkan SUV kompak bergaya urban. Mobil ini mengadopsi sistem hybrid terbaru dan dan platform TNGA.

Mobil ini siap berlaga di pasar SUV kompak. Yaris Cross siap menantang Honda HR-V hingga Nissan Juke.

Yaris Cross menawarkan bodi yang sederhana dan kokoh dan kenyamanan interior dan ruang bagasi. SUV tersebut akan dijual dalam dua versi, yaitu hybrid dan bensin. Model bensin akan menggunakan mesin bensin 3 silinder berkapasitas 1,5 liter. Mesin ini akan dipadukan dengan transmisi otomatis CVT atau manual 6 percepatan.

 

Penampakan Bongsor Toyota Yaris Cross, Siap Tantang Honda HR-V© Dream

 

Sedangkan yang hybrid, mobil ini akan mengusung mesin Toyota Hybrid System II gear reduction dan berkapasitas 1,5 liter.

Menurut Toyota Global, mobil ini akan dirilis di Jepang pada musim gugur tahun ini. Untuk Eropa, SUV itu akan menyapa penggemarnya pada 2021. Sayangnya belum diumumkan harga jual Yaris Cross.

4 dari 5 halaman

Empat Mobil Toyota Sabet Penghargaan Terbaik

Dream – Empat produk Toyota berhasil meraih penghargaan tertinggi di segmennya masing-masing dalam ajang Otomotif Award 2020.

Produk-produk itu adalah New Toyota Yaris yang memenangkan kategori Best of Medium Hatchback, New Toyota Vios untuk kategori Best of Small Sedan, All New Toyota Sienta untuk kategori Best of Small Van, serta All New Toyota Camry HEV di kategori Best of Hybrid.

Selain itu, komunitas Innova Community juga berhasil meraih penghargaan Community of the Year di ajang yang sama.

“ Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Toyota. Ini merupakan pencapaian baik bagi Toyota sekaligus bukti bahwa produk, teknologi, dan layanan Toyota tetap diminati oleh pelanggan,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 22 April 2020.

Anton mengatakan perusahaan otomotif ini berkomitmen memberikan produk dan teknologi terdepan di beragam segmen. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan pasar otomotif yang semakin berkembang.

“ Ke depannya, Toyota akan terus mengembangkan setiap produk, teknologi, dan service, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata dia.

5 dari 5 halaman

Sabet Penghargaan Karena Ini

New Yaris mendapatkan penghargaan karena bisa memenuhi kebutuha konsumen untuk tampil dinamis. Begitu juga New Vios yang mengusung sisi eksterior, interior, dan keamanan agar pelanggan merasa nyaman dan aman saat berkendara.

Untuk All New Toyota Sienta, mobil ini dirancang dinamis dan modern untuk mengakomodasi aktivitas mobilitas pelanggan, terutama di perkotaaan. Melalui All New Camry HEV, Toyota ingin memberikan pilihan kendaraan HEV dengan tampilan yang anggun, mewah, dan sporty, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan mewujudkan total ownership experience yang maksimal bagi pelanggan Toyota.

Sementara itu, Innova Community (IC), merupakan salah satu komunitas pemilik dan pengguna Toyota Kijang Innova dengan anggota lebih dari 3.900 orang dengan 34 Chapter dari Sabang hingga Merauke, Indonesia, dan kawasan ASEAN.

Innova Community yang berdiri pada 23 Juli 2006 ini bertujuan untuk menyatukan seluruh pengguna Toyota Kijang Innova, baik di dalam maupun luar negeri dalam satu wadah. Tak hanya di dalam negeri, anggota Innova Community juga tersebar di beberapa negara seperti Malaysia, Dubai, Singapura, Amerika, Australia, dan India.

Join Dream.co.id