Klakson Motor Tak Berbunyi? Cek Dulu 4 Komponen Ini

Automotive | Selasa, 25 Juni 2019 10:36
Klakson Motor Tak Berbunyi? Cek Dulu 4 Komponen Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Klakson penting banget untuk kendaraan. Bisa berabe kalau rusak.

Dream – Fungsi klakson sangat penting untuk sebuah kendaraan. Meski motor masih bisa tetap dikendarai, namun klakson yang mati bisa membuat potensi terjadinya kecelakaan seperti tabrakan menjadi lebih besar.

Klakson umumnya dipakai sebagai alat peringatan untuk memberitahu kendaraan di depan atau pejalan kaki. Penggunaannya juga tak boleh sembarangan. Suara berisiknya bisa membuat orang lain terganggu.

Saat klakson mati, kamu harus segera memperbaikinya atau mengganti dengan yang baru. Tapi sebelum membeli yang baru, ada baiknya kamu mengetahui penyebab matinya klakson itu.

Dikutip dari Suzuki, Selasa 25 Juni 2019, ada empat komponen yang bisa dicek saat klakson tak bisa menyala. Hal pertama harus dicek adalah kondisi aki.

Sebagai pemasok listrik, aki yang rusak akan membuat klakson tidak berbunyi. Ciri-ciri aki yang sudah rusak adalah klakson tak mau berbunyi dan lampu tidak menyala terang. Atau, ketika kamu kesulitan menyalakan starter mobil.

Kedua, cek sistem perkabelan yang terhubung langsung dengan klakson. Umumnya, ada dua kabel, yaitu kabel listrik dan kabel massa. Kalau salah satunya lepas, klakson takkan berbunyi.

2 dari 6 halaman
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa
Join Dream.co.id