Notifikasi Ponsel Muncul di Speedometer, Ini Fitur Unggulan New Nmax 155

Automotive | Senin, 2 Desember 2019 19:15
Notifikasi Ponsel Muncul di Speedometer, Ini Fitur Unggulan New Nmax 155

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Motor ini dilengkapi sejumlah fitur canggih

Dream - Varian terbaru Yamaha Nmax 155 telah menyapa publik. Ini adalah satu dari tiga motor Yamaha edisi 2020.

Yamaha rencananya akan merilis tiga motor di tahun 2020. Selain New Nmax, dua motor lainnya yaitu XSR 155 dan WR 155.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengklaim motor ini memiliki banyak keunggulan terutama pada fiturnya yang serba canggih. Motor ini diklaim yang pertama bisa terkoneksi dengan ponsel pintar.

Presiden Direktur YIMM, Minoru Morimoto, mengatakan Nmax mengaspal sejak 2015 dan telah membawa perubahan di dunia otomotif. Tak hanya sebagai tunggangan para biker, Nmax adalah lifestyle sekaligus trend setter kendaraan roda dua kelas premium.

" Saya yakin konsumen di Indonesia akan senang," kata Minoru, di Jakarta, Senin 2 Desember 2019.

 Nmax

Minoru menjelaskan New Nmax 155 menggendong konsep Connected, yang memudahkan konsumen " berkomunikasi" dengan motornya. Motor ini dibekali dengan teknologi Communication Control Unit (CCU) yang terkoneksi dengan aplikasi Yamaha Motorcycle Connect (Y Connect) berbasis bluetooth.

Di kesempatan yang sama, pebalap MotoGP Yamaha, Maverick Vinales, mengapresiasi teknologi dan desain skutik Yamaha. " Ini motornya bagus, keren," kata dia.

2 dari 6 halaman

Apa Keunggulan CCU?

Teknologi " pintar" yang disematkan Yamaha di motor gambot ini punya lima keunggulan. Misalnya, memberikan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.

Dengan aplikasi Y-Connect, pengguna bisa mengetahui lokasi motor diparkir. Juga ada pemberitahuan di layar speedometer jika ada panggilan atau SMS masuk ke ponsel.

 Nmax 155

Executive Vice President YIMM, Dyonisius Beti, mengklaim New Nmax 155 ini sebagai motor pertama di Indonesia yang terkoneksi dengan ponsel.

" Motor pertama yang berkomunikasi dengan smartphone ," kata Dyonisius.

Dyonisius mengatakan New Nmax 155 ini akan tersedia dalam dua versi. Kedua versi tersebut yaitu All New Nmax 155 Connected/ABS dan All New Nmax155 Standard.

3 dari 6 halaman

Fitur Lainnya Nggak Kalah Keren

Selain teknologi CCU, anggota baru keluarga MAXI ini juga dibekali dengan mesin 155 cc Blue Core dan Variable Value Actuation (VVA). Teknologi jni menjaga mesin tetap efisien bahan bakar dan tenaga.

Ada juga stop and start system (SSS) yang menjaga konsumsi BBM agar tetap efisien saat motor berhenti. Fitur smart motor generator juga disematkan untuk membuat suara mesin lebih halus saat dinyalakan.

Motor ini menggunakan traction control system yang mengurangj risiko ban belakang selip saat akselerasi. Selain itu, New Nmax 155 juga dilengkapi smart key system dan electric power socket untuk mengisi daya ponsel.

 Nmax

Tak hanya itu, motor ini dibekali dengan LED untuk lampu utama dan ekor, hazard lamp untuk pemberitahu kondisi darurat, dan handlebar untuk mengatur tampilan informasi dan setting speedometer.

Motor ini juga dilengkapi dengan fitur dual channel ABS. Teknologi ini membuat motor stabil dalam pengereman.

Untuk warna, motor ini tersedia dalam matte black, matte blue, dan glossy white pada varian Connected/ABS. Untuk varian standard, ada warna matte black, matte blue, dan matte red.

4 dari 6 halaman

Yamaha Kenalkan Varian Terbaru Nmax

Dream - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacture memperkenalkan varian terbaru Nmax. Motor ini dibekali sejumlah fitur canggih, salah satunya bisa berkomunikasi dengan ponsel pintar.

Executive Vice President YIMM, Dyonisius Beti, mengatakan, harga untuk motor ini belum ditetapkan. Yamaha masih perlu melakukan penghitungan lebih dulu, terutama soal pajak kendaraan di Jakarta.

" Kira-kira (harga) sekitar Rp30 jutaan," kata Dyonisius di Jakarta, Senin 2 Desember 2019.

 Nmax

Mengenai target, Dyonisius mengatakan, Yamaha ingin motor ini terjual sebanyak mungkin. " Berapa pun besarnya kami akan mengikuti market," kata dia.

Sayangnya, motor ini belum bisa dipesan. YIMM sendiri belum membuka sesi pre-booking dan Nmax edisi ini baru tersedia tahun depan.

" Nmax belum ada pemesanan online dan belum start. Baru tersedia beberapa bulan mendatang," kata dia.

5 dari 6 halaman

Yamaha Rilis Motor Anyar, Nmax Facelift?

Dream - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan merilis motor anyar hari ini, Senin 2 Desember 2019. Kabarnya, produsen otomotif ini bakal memperkenalkan varian dari skutik Nmax dengan desain wajah baru, facelift.

Dikutip dari Otosia, skutik bongsor ini belum pernah mengalami perubahan desain sejak diluncurkan pada 2015 lalu. Terjadi perubahan hanya pada dapur pacu dari kapasitas 150 cc ditingkatkan menjadi 155 cc VVA.

Sayangnya, YIMM masih menutup rapat semua informasi terkait produk barunya ini. Terbuka kemungkinan pabrikan asal Jepang ini hanya melakukan penyegaran pada skutik lainnya, seperti Yamaha FreeGO, Yamaha Lexi, atau pun Yamaha Mio series.

6 dari 6 halaman

Bocoran Yamaha NMax Facelift

Sebelumnya, sempat beredar spyshot yang diduga sebagai calon Yamaha NMax facelift. Skutik tersebut tertangkap kamera ketika melintas di jalur Indramayu-Cirebon, Jawa Barat.

Foto itu memperlihatkan cukup jelas bagian belakang Yamaha Nmax facelift yang dibekali lampu belakang baru. Secara detail tampak beberapa baris LED dan spakbor lebih lebar. 

 Yamaha Nmax facelift?


Sayangnya, bagian paling menarik dari Yamaha Nmax facelift yaitu bagian mukanya tak terlalu jelas. Di spion, sektor depan skutik gambot tersebut tampak mengintip dan memiliki LED headlight baru, mirip Yamaha XMax.

Tak hanya itu, pernah ada bocoran yang diduga kuat sebagai desain Yamaha NMax facelift. Hanya saja, lagi-lagi YIMM menutup informasi terkait dokumen tersebut.

Terkait
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik
Join Dream.co.id