Bisa Digeber 43 Km/Jam, Motor Pria Ini Pakai Gas dari Rawa Buat Bahan Bakar

Automotive | Senin, 26 Juli 2021 08:35

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Untuk mengumpulkan gas yang dibutuhkan sebagai bahan bakar, si pemilik harus nongkrong berjam-jam.

Dream – Seorang insinyur asal Belanda, Gijs Schalkx, belum lama ini menciptakan motor dengan bahan bakar yang bisa didapat dari alam. Kendaraan roda dua buatannya bisa melaju hanya dengan menggunakan bahan bakar gas metana yang diperoleh dari rawa dan kolam di pinggir jalan.

Dikutip dari Oddity Central, Minggu 25 Juli 2021, motor ini bernama Sloot Motor. Si kuda besi ini menggendong mesin Honda GX160 yang dimodifikasi dengan lubang di kotak udara. Kotak ini berisi gas metana.

Pria itu mengaitkan balon berisi metana ke lubang dan berfungsi sebagai tangki bahan bakar. Untuk menyalakan sepeda motor ini memang masih menggunakan bensin. Namun setelah mesin menyala, bahan bakar metana langsung mengambil alih fungsi bahan bakar fosil tersebut.

Bisa Digeber 43 Km/Jam, Motor Pria Ini Pakai Gas dari Rawa Buat Bahan Bakar
Pria Ini Menciptakan Motor Unik Yang Berbahan Bakar Gas Rawa. (Foto: Oddity Central)
2 dari 3 halaman

Panen Gas Metana

Ada yang istimewa dari proyek Gijs. Pria ini “ memanen” gas metana dari rawa dan kolam di pinggir jalan. Untuk menggarap pekerjaan ini, dia membutuhkan waktu sekitar delapan jam.

Sekadar informasi, motor yang digerakkan dengan gas metana ini hanya bisa digeber dengan kecepatan tertinggi 43 kilometer per jam.

Gijs terinspirasi dari seorang nelayan yang menggunakan gas metana untuk menggoreng telur. Gas ini dipanen saat memancing.

Pria tersebut langsung mengadaptasi konsep si melayan dengan membuat alat pemanen metana, yaitu stasiun plomp.

3 dari 3 halaman

Apa Itu Stasiun Plomp?

Stasiun plomp, menurut sang penemu, terdiri atas alat pengumpul yang ditambatkan ke air. Stasiun ini hanya bisa dijangkau dengan cara menyeberanginya.

“ Di sebelahnya, ada pompa bertekanan untuk memindahkan bahan bakar ke wadah bahan bakar kamu,” tulis sang penemu di situsnya.

Gijs menyebut metana dari rawa adalah bahan bakar yang sulit didapatkan di dunia. Namun, di Belanda, ada kolam kecil atau parit yang berfungsi sebagai sumber bahan bakar.

Delapan jam untuk memanen gas metana untuk menjalankan motor sejauh 20 km. “ Itu akan menjadi 20 km yang terbaik dalam hidupmu, tidak ternilai,” kata dia.

Join Dream.co.id