Pabrik Daihatsu Kembali Beroperasi Setelah 2 Bulan Stop Produksi

Automotive | Kamis, 4 Juni 2020 14:36
Pabrik Daihatsu Kembali Beroperasi Setelah 2 Bulan Stop Produksi

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Produsen otomotif ini kembali melakukan produksi mobil dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Dream – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali memulai aktivitas produksi setelah sekitar dua bulan memutuskan menutup pabrik sejak 10 April 2020. Mulai berjalan sejak kemarin, (Selasa, 3 Juni 2020), perusahaan berharap bisa segera memenuhi permintaan pasar ekspor.

“ Walaupun pandemi Covid-19 masih belum selesai, roda perekonomian diharapkan dapat terus berjalan dengan tetap meminimalisir penyebaran Covid-19,” kata Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis 4 Juni 2020.

Amelia memastikan seluruh proses produksi dijalankan mengikuti protokol pencegahan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah. Para pegawai diwajibkan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh saat masuk area kerja, menjaga jarak antar karyawan minimal 1 meter serta pemberian dan penggunaan masker.

Daihatsu juga membatasi jumlah karyawan dan waktu kerja di setiap area, serta peraturan lainnya yang diperlukan demi menjaga keamanan dan kesehatan karyawan.

Seluruh protokol yang diterapkan Daihatsu di pabriknya mengikuti peraturan yang diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi New Normal.

“ Seperti yang dilakukan banyak negara lain, aktivitas ekonomi dan publik telah dibuka secara bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan. Kami berharap, penerapan New Normal akan berdampak positif pada pasar mobil Indonesia,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Daihatsu Ajak Kamu Cek Level Ghibah Lewad Medsos

Dream – Bulan Ramadhan tahun ini memang beda. Pandemi virus corona yang menyebabkan pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Bebas (PSBB), membuat bulan Puasa yang biasanya hangat dan rekat, kali ini terasa agak berjarak.

Untuk membuat Ramadhan tetap terasa, Daihatsu memiliki cara silaturahmi yang unik. Perusahaan otomotif ini memanfaatkan platform digital untuk seru-seruan bersama pengguna dan masyarakat selama Ramadan. Dengan tagline #SeruBarengSahabatku, masyarakat diajak untuk berkreasi sambil silaturahmi dengan keluarga dan sahabat.

“ Walau PSBB, Daihatsu ingin terus menjalin silaturahmi dengan masyarakat Indonesia. Berbagai program digital disiapkan agar Daihatsu dan masyarakat Indonesia bisa tetap melakukan aktivitas yang fun dan positif di tengah pandemi Covid-19," kata Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, dalam keterangan tertulis, Jumat 15 Mei 2020.

 

 Daihatsu Ajak Kamu Cek Level Ghibah Lewad Medsos© Dream

 

Amelia mengatakan, di Twitter, Daihatsu mengajak Sahabat Daihatsu untuk membuat cuitan kreatif tentang #DiRumahAja dan #JanganMudik dengan kampanye #TahanRinduKarenaSayang. Kampanye lainnya adalah #BersihkanHatiDenganMaaf untuk mengajak orang memaafkan orang lain terlebih dahulu.

Lalu, berkolaborasi dengan beberapa influencer Indonesia dengan tema “ Ramadan Jangan Gibah”, Daihatsu ajak seluruh Sahabat untuk saling berbagi mengenai hal baik Google Street yang mengajak masyarakat untuk jalan-jalan dari rumah, Augmented Reality ala mudik buat yang suka narsis, juga bukber challenge, untuk menguji kekompakan Sahabat Daihatsu dengan teman-teman ketika bukber fisik harus ganti agenda menjadi bukber sambil video call.

“ Semuanya ini bisa ditemukan di Instagram Daihatsu @Daihatsuind,” kata dia.

Untuk pengguna Facebook, ada Tips Anti Gibah di Facebook Daihatsu Indonesia, dan Gerakan Berani Bertindak yang berkolaborasi dengan beberapa influencer untuk mengajak masyarakat agar saling mengingatkan supaya lebaran kali ini #DiRumahAja.

“ Yang terakhir, untuk generasi kekinian pengguna tiktok, ada Goyang Penyu yang pastinya asyik buat goyang, serta Gibah check challenge untuk cek level gibah kamu,” kata Amelia.

3 dari 6 halaman

Pangsa Pasar Daihatsu Naik, Sigra Tetap Dominan

Dream – Pandemi Covid-19 dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi tantangan berat untuk produsen otomotif. Dengan risiko penurunan volume penjualan, Daihatsu masih bisa bertahan bahkan mengalami peningkatan pangsa pasar selama empat bulan terakhir. 

Dikutip dari keterangan tertulis Daihatsu, Kamis 14 Mei 2020, total penjualan ritel Daihatsu selama Januari-April 2020 mencapai 44.346 unit. Pencapaian ini membuat pangsa pasar Daihatsu naik menjadi 18,2 persen dari volume retail sales nasional yang mencapai 243.634 unit.

 

 Pangsa Pasar Daihatsu Naik, Sigra Tetap Dominan© Dream

 

Untuk whole sales, perusahaan ini mengantongi 49.443 unit dengan pangsa pasar yang naik menjadi 20,2 persen. Total penjualan whole sales nasional dilaporkan mencapai 244.762 unit.

“ Kami berharap kondisi ekonomi Indonesia ini bisa segera pulih dan pasar otomotif dapat bangkit dan berkembang kembali,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta.

4 dari 6 halaman

Sigra Tetap Dominasi Penjualan

Selama empat bulan, Daihatsu Sigra tetap mendominasi penjualan dengan raihan 12.868 unit. Penjualan ini diikuti oleh Gran Max 8.805 unit dan Terios 7.131 unit.

Selanjutnya, Ayla menyusul dengan angka 5.332 unit, Xenia 5.092 unit, dan Gran Max 3.911 unit. Daihatsu Luxio dan Sirion tercatat laku 1.207 unit.

Sampai dengan saat ini, Daihatsu terus menerapkan peraturan pemerintah tentang PSBB dengan menghentikan produksi sementara di pabrik. Dalam hal pelayanan, outlet dan bengkel resmi di Jakarta dan wilayah yang menerapkan PSBB juga memberhentikan sementara operasionalnya.

“ Pelanggan dapat tetap mengakses layanan Daihatsu via online melalui www.astra-daihatsu.id dan aplikasi Astra Daihatsu Mobile,” kata Amelia. 

5 dari 6 halaman

Kala Daihatsu Xenia Dimodifikasi Jadi Mobil Tes Swab Covid-19

Dream – PT Asta Daihatsu Motor (ADM) menyumbangkan kendaraan andalannya, Xenia, untuk dimodifikasi menjadi mobil Siaga Covid-19. Proses pengerjaan modifikasi ini dilakukan oleh Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

UGM diketahui mengajak Daihatsu dalam pengadaan kendaraan keliling untuk membantu tenaga medis memeriksa kesehatan masyarakat yang membutuhkan Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RTPCR) atau swab test.

Donasi ini merupakan komitmen Daihatsu dalam mendukung upaya pemerintah dan masyarakat dalam memerangi Covid-19, sejalan dengan salah satu pilar CSR (Corporate Social Responsibility), yaitu Sehat Bersama Daihatsu.

“ Kami berharap donasi mobil ini dapat memberi hasil positif untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di area Yogyakarta,” kata General Affairs Division Head ADM, Haryanto Nurya Hadiwijaya, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Senin 11 Mei 2020.

 

 Kala Daihatsu Xenia Dimodifikasi Jadi Mobil Tes Swab Covid-19© Dream

 

Nantinya mobil Xenia yang sudah dimodifikasi ini akan digunakan untuk kendaraan swab test keliling sehingga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan pengecekan swab test. Kendaraan ini juga tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan tenaga medis sebagai garda terdepan.

Saat pengambilan sampel, tenaga medis akan tetap berada di dalam mobil dan pasien di sisi luar mobil. Selain tenaga medis lebih aman dan terlindungi, juga dapat menghemat penggunaan APD.

Mobil ini juga dilengkapi dengan storage logistik alat swab test, alat pengukur suhu tubuh otomatis, mic dan speaker untuk sarana komunikasi dengan pasien, serta perangkat komputer untuk melaporkan hasil swab test secara real time.

“ Daihatsu selalu mendukung segala upaya untuk memerangi pandemi Covid-19,” kata dia.

6 dari 6 halaman

Penjualan Terios Salip Mobil Sejuta Umat Xenia di Awal 2020

Dream - Daihatsu membuka 2020 dengan ceria. Penjualan ritel mobil dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sepanjang Januari 2020 mencapai 18 persen dari total penjualan nasional.

“ Daihatsu mengawali tahun 2020 dengan capaian yang cukup baik di tengah penurunan market dan merebaknya virus corona,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 14 Februari 2020.

Di awal tahun kemarin, penjualan ritel Daihatsu tercatat mencapai 14.582 unit dengan raihan pasar 18 persen dari retail sales nasional 81.013 unit.

Dari bisnis whole sales, Daihatsu meraih capaian sebesar 14.173 unit dengan pangsa pasar 17,7 persen dari volume whole sales nasional 79.983 unit.

 

 Penjualan Terios Salip Mobil Sejuta Umat Xenia di Awal 2020© Dream

 

Penjualan Daihatsu sampai saat ini masih didominasi oleh mobil andalan mereka, Sigra yang terjual sebanyak 4.307 unit. Disusul Gran Max (PU) 2.920 unit, dan Terios 2.261 unit.

Penjualan Terios sukses menyusul mobil sejuta umat Xenia yang terjual 1.883 unit. Sedangkan Ayla laku 1.566 unit dan Gran Max 1.251 unit. Untuk model Daihatsu lainnya, yakni Luxio dan Sirion, mencapai 394 unit.

“ Daihatsu tetap mencatatkan pencapaian positif yang menunjukkan komitmen untuk meningkatkan layanan penjualan purna jual bagi seluruh Sahabat Daihatsu,” kata dia.

Join Dream.co.id