Jok Mobil Rusak, Mending Diperbaiki atau Beli Baru?

Automotive | Kamis, 27 Februari 2020 08:36
Jok Mobil Rusak, Mending Diperbaiki atau Beli Baru?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Tentu tak nyaman rasanya berkendara dengan kondisi jok yang tak lagi empuk atau sudah robek di beberapa bagian.

Dream - Sebagai bagian yang sering digunakan, jok mobil tentu rentan mengalami kerusakan. Penyebabnya bisa karena usia pemakaian atau memang kelalaian dalam penggunaan.

Jok tentu jadi bagian penting dari kendaraan kamu. Pernah membayangkan mengendarai mobil tanpa menggunakan jok? Dijamin kamu takkan pernah menemukan kendaraan seperti itu.

Kenyamanan berkendara tentu akan berkurang jika jok rusak. Bisa karena per yang tak lagi lentur atau banyak bagian yang sobek. Nah jika kondisinya sudah demikian, sebaiknya memperbaiki atau membeli jok mobil baru?

Mengutip laman Hyundai Indonesia, Kamis 27 Februari 2020, keduanya bisa jadi solusi. Jika memang kantong sedang tipis, mereparasi jok mobil rusak tentu jadi pilihan. Saat ini sudah banyak jasa perbaikan yang bisa membuat jok rusak terasa seperti baru. Tentu saja biayanya lebih murah daripada yang baru.

Jika kerusakan terjadi pada bagian kain atau kulit pembungkus, kamu bisa menambal maupun mengganti pelapis jok itu. Kalau sebelumnya memakai bahan kain fabric, bisa sekaligus upgrade menjadi kulit sintetis.

Pada titik ini, pilihan juga beragam. Ada yang hanya dibungkus seperti sarung, dibungkus dan dijahit semi permanen sampai yang permanen dengan mengganti semuanya.

2 dari 9 halaman

Per Rusak Juga Bisa Diperbaiki

Kerusakan lain pada jok yang bisa diperbaiki, bagian per. Biasanya per rusak atau patah. Ini bisa ditangani oleh jasa reparasi jok mobil. Cukup mengganti komponen saja.

Berikutnya, umum dijumpai mengganti atau menambah busa. Tujuannya untuk mengembalikan kondisi jok yang sudah kempis atau rusak. Sehingga kembali nyaman untuk diduduki.

Biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki jok memang beragam. Ini bergantung kepada jenis perbaikan dan seberapa parah kondisi kerusakan. Tapi masih terbilang ekonomis kalau dibandingkan dengan mengganti jok baru secara utuh. Apalagi kalau kerusakan terjadi lebih dari satu jok.

3 dari 9 halaman

Tips Pilih Pelapis Jok Mobil yang Cocok dengan Musim Hujan

Dream - Saat musim hujan, kendaraan memerlukan perawatan yang berbeda jika dibandingkan dengan musim kemarau. Tak hanya kaki-kaki atau bodi, bagian dalam kendaraan seperti jok juga perlu perhatian.

Saat musim hujan, interior mobil kadang-kadang kotor dan lembap,

" Hindari memilih pelapis jok yang gampang dan mudah menyerap atau merembes air, ini bisa bikin bau yang tidak sedap," kata Marketing and Promotion Total Synthetic Leather, Ade Hikmatullah, dikutip dari Otosia, Rabu 11 Desember 2019.

Ade menyarankan pelapis jok yang digunakan terbuat dari karakter antibakteri yang tahan lama. Ini akan mempersulit jamur dan bakteri sulit mengendap di pelapis jok dan interior mobil.

4 dari 9 halaman

Kualitas Busa

Pilihlah kulit jok yang aman dan berkualitas. Tujuannya untuk menghindari kerusakaan atau robek karena ada rongga yang memudahkan air merembes masuk. Pilihlah busa yang tebal sehingga aman untuk jangka panjang.

“ Saat musim hujan, penggantian sarung jok harus mengamati kekenyalan dan kualitas busa,” kata Ade.

Siapa tahu, lanjut dia, busanya rusak dan harus segera diperbaiki. Jika ada rembesan air, busa tidak akan tahan lama dan cepat rusak.

Busa merupakan bagian penting dari pelapis jok. Makanya, pilihlah busa yang berkualitas super. “ Pilih yang empuk dan ketebalannya tidak kurang dari 1 cm. Terkecuali, untuk penggunaan lain, bisa 0,5 cm-0,8 cm,” kata dia.

Yang tak kalah penting kulit jok yang hendak dipakai setidaknya memiliki anti UV dan coating yang baik. Coating yang berkualitas baik sangat aman untuk ketahanan warna agar tidak pudar.

“ Termasuk saat perubahan cuaca dari hujan ke panas sangat tergantung dari kualitas UV Protection dan Ultraviolet yang dimiliki,” kata Ade.

5 dari 9 halaman

Model Jok

Untuk mereka yang menyukai pelapis jok beragam motif, jangan lupa untuk mengecek permukaan bahan. Biasanya kulit sintesis terbuat dari bahan oscar dan teksturnya pasaran.

“ Ada yang sintesis yang teksturnya mirip kulit asli, namun ini perlu pengamatan dan konsultasi kepada pembuatnya,” kata dia.

Mintalah model jok yang cocok untuk penggunaan kendaraan. Jika sering digunakan harian tidak disarankan menggunakan model yang terlalu banyak motif dan ubahan selain juga untuk penghematan biaya.

“ Pilih warna kulit yang gelap namun masih terkesan elegan. Seperti warna krem, capucino, saddle atau grey. Mintalah rekomendasi dari pembuatnya mengenai warna yang cocok, di samping model jahitan dan warna benang supaya harmonis,” kata dia.

6 dari 9 halaman

Sebelum Pasang Cover Jok, Pahami Dulu Tiga Hal Ini

Dream – Pemakaian sarung jok banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Selain memperindah tampilan interior, sarung jok juga membantu melindungi cover asli bawaan mobil.

Cover jok yang dipasang akan membantu melindungi dari kotoran. Dan saat terdapat kotoran yang melekat pun bisa lebih mudah untuk dibersihkan.

 Sebelum Pasang Cover Jok, Pahami Dulu 3 Hal Ini© MEN

Namun, sangat disarankan sebelum melakukan pemakaian cover jok, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan.

Berikut adalah beberapa panduan yang perlu diperhatikan sebelum memasang cover jok mobil, dikutip dari Suzuki, Kamis 3 Oktober 2019:

7 dari 9 halaman

Pemilihan Bahan

Pilihlah bahan yang kamu sukai tapi tetap memperhatikan melihat kualitas dari bahan yang akan dipilih. Umumnya, bahan yang sering digunakan sebagai cover jok adalah adalah kulit asli dan semi kulit (kulit sintetis).

Untuk bahan dasar kulit asli sudah pasti harganya lebih mahal, tapi kualitas yang didapatkan sudah pasti lebih baik.

Kulit asli juga punya cukup banyak kelebihan, seperti tingkat kenyamanan, kelembutan, yang baik serta tampak lebih mewah.

Tetapi tidak perlu dipaksakan jika memang budget tidak mencukupi. Solusinya? Kamu bisa menggunakan kulit sintetis.

 

8 dari 9 halaman

Pemilihan Model

Model cover jok mobil umumnya menyesuaikan dengan keinginan pemilik mobil dan kondisi kabin mobil. Kamu harus memperhatikan detail model cover jok mobil yang diinginkan seperti motif jahitan dan pemilihan warnanya, agar sesuai warna kulit jok dengan kabin mobil.

 

 Pemilihan Model© Dream

 

Hasilnya? pasti akan terlihat lebih elegan.

9 dari 9 halaman

Perhatikan Merek

Merek cover jok mobil juga sebaiknya kamu jadikan pertimbangan, karena bisa berpengaruh pada tingkat keawetan cover jok. Kamu bisa bertanya dulu ke beberapa sahabat yang pernah memodifikasi jok mobil.

Atau, bisa juga langsung bertanya pada bengkel pembuat cover jok. Pastikan juga bengkel jok mobil tersebut memiliki kualitas menjahit dengan bagus agar tidak mengecewakan.

Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis
Join Dream.co.id