Tak Cuma Cegah Kempes, Ini Manfaat Tak Terduga Tekanan Angin Ban

Automotive | Rabu, 12 Juni 2019 13:12
Tak Cuma Cegah Kempes, Ini Manfaat Tak Terduga Tekanan Angin Ban

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Tekanan angin di ban harus diperiksa oleh pengemudi sebelum mengegas kendaraanya.

Dream – Ban merupakan komponen kendaraan yang memiliki fungsi penting bagi kendaraan, termasuk mobil. Karet bundar ini jadi satu-satunya komponen mobil yang bersentuhan dengan aspal.

Keberadaan ban berkaitan dengan faktor kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Dikutip dari Hyundai, Rabu 12 Juni 2019, para pengendara mobil wajib mengecek kondisi ban. Mereka harus memastikan tekanan angin sesuai dengan standar dan tidak kurang.

Sebab, tekanan angin di ban, memiliki tiga manfaat positif bagi mobil.

Pertama, tekanan angin akan membuat pengemudi nyaman berkendara. Selain keamanan berkendara terjamin, tekanan angin yang pas akan membuat mobil mudah dikendalikan.

Permukaan ban yang menyentuh jalan akan membuat mobil berjalan maksimal. Tak hanya itu, traksi dan pengereman bisa dilakukan secara maksimal.

2 dari 2 halaman

Konsumsi Bahan Bakar Juga Dijamin Irit

Kedua, tekanan angin yang pas bisa membuat mobilmu irit dalam konsumsi bahan bakar.

Tekanan ban yang lebih sedikit 10 persen dari standar, akan memperbesar energi yang dikeluarkan mesin untuk memutar roda. Tentu saja kondisi ini akan membuat bahan bakar lebih boros.

Jika tekanan angin di ban berkurang, telapak ban yang menempel ke aspal akan melebar. Laju kendaraan akan melambat dan putaran mesin akan bertambah, sehingga membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Ketiga, tekanan ban yang tepat akan memperpanjang usia ban.

Ban yang tekanan anginnya lebih rendah, akan mengurangi usianya hingga 25 persen. Tekanan udara 10 kecil lebih rendah juga akan membuat karet bundar cepat aus.

Risiko terburuknya, kalau ban kurang angin, ya, akan pecah. Kalau pecah ban, kondisi ini akan membahayakan pengendara dan penumpang kendaraan. (Sah)

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id