Jangan Panik! 4 Cara Ini Bisa Atasi Rem Blong di Jalan

Automotive | Selasa, 9 Juli 2019 10:33
Jangan Panik! 4 Cara Ini Bisa Atasi Rem Blong di Jalan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Rem blong bisa mengancam keselamatan pengemudi dan merusak kendaraan bermotor.

Dream – Dari sekian masalah di kendaraan, rem blong menjadi sesuatu yang menakutkan. Terutama sepeda motor, rem blong bisa mengancam diri sendiri dan merusak motor.

Malah, keadaan ini bisa merenggut nyawa orang lain. Dikutip dari Wahana Honda, Selasa 9 Juli 2019, rem blong di motor ini terjadi karena kampas rem yang aus atau rem terlalu panas.

Teknik pengereman di jalan menurun juga menjadi pemicunya. Kalau terjadi kasus rem blong, ada banyak cara sederhana untuk mengatasi hal tersebut.

Sebuah kecelakaan bisa diringankan risikonya. Berikut ini adalah empat cara menghadapi rem blong: 

2 dari 8 halaman

Berpikir Tenang

Sebagai sebuah insiden rem blong bisa dikatakan merupakan hal yang kerap datang tiba-tiba. Hal ini lantaran, salah satu pemicunya adalah penggunaan komponen motor tersebut secara berlebihan.

Seperti yang kita ketahui, bila kinerjanya berlebihan akan mengakibatkan rem panas. Alhasil, berdampak pada seal yang berada di dalam kaliper akan memuai dan membuat pistonnya menjadi macet. Dipastikan rem tiba-tiba tidak berfungsi.

 Mengapa Kampas Rem Mobil Matik Cepat Habis?

Nah, berkaca dari kondisi tersebut, berpikir tenang saat insiden tersebut akan menjadi sebuah baik untuk dilakukan.

Jika panik akan membuat resiko yang ditimbulkan akan lebih besar lagi. Apalagi kondisi tersebut datangnya secara tiba-tiba, pastinya tanpa berpikir jernih kalian sulit melakukan penyelamatan.

3 dari 8 halaman

Beri Tanda kepada Pengendara Lain Saat Insiden

Hal kedua yang bisa dilakukan, ketika pengendara berada dalam kondisi tersebut adalah dengan memberitahu orang kalau rem motor kita blong. Meskipun kelihatannya sepele, namun cara tersebut memiliki banyak manfaat.

Salah satunya adalah menghindari sebuah tabrakan dengan pengendara lain. Selain itu, ketika orang tahu rem kita blong juga akan membuatnya memberikan kita jalan.

 Intip Gagahnya Roda Mobil Titanium Cetak 3D

Masih tentang hal tersebut. Dalam memberikan peringatan kalau sedang alami rem blong, bikers bisa gunakan klakson motor sembari menghidupkan lampu sen.

Jika kebetulan membawa, alat pengeras suara bisa digunakan juga. Intinya, pengedara lain tahu, jika sedang mengalami insiden ini.

4 dari 8 halaman

Menghindarkan Kendaraan dari Kondisi yang Ramai

Tips lain yang bisa digunakan saat menghadapi rem blong adalah mencoba menghindarkan kendaraan dari keramaian. Kalau perlu, cari tempat yang sepi dan luas untuk jadi tujuan saat mengalami rem blong.

Sama seperti dari cara kedua tadi, tujuan melakukan ini adalah menghindarkan diri insiden yang leih parah lagi.

 Ingin Coba Drifting? Pastikan Ban Mobil Penuhi Syarat Ini

Ketika melakukan cara tersebut, hal yang perlu diperhatikan adalah tenang dan terus menurun kecepatan motor.

Entah itu dengan engine brake untuk motor manual, atau mengolah gas untuk kendaraan matik. Kamu perlu tenang serta melakukan usaha yang cukup besar untuk bisa melakukan hal tersebut.

5 dari 8 halaman

Mengganti Kampas Rem yang Aus

Melihat kondisi rem juga menjadi cara yang bagus untuk mengatasi problem kendaraan model ini. Ketika kampas atau cakram bermasalah, komponen ini bisa segera diganti.

Penggantian kampas rem ini bisa memperkecil risiko terjadinya insiden rem blong.

 Ban Motor Benjol? Mungkin Ini Penyebabnya

Jika tidak sempat menganti dan saat perjalanan alami rem blong, ketiga cara tadi bisa untuk dilakukan. Sembari mendinginkan kampas yang telah bekerja secara berlebihan tersebut.

Biasanya air bisa digunakan sebagai media ampuh untuk proses tersebut. Cara tinggalkan siramkan kepada kampas atau cakram yang panas.

6 dari 8 halaman

Perlu Tahu, Ini 5 Penyebab Rem Motor Berdecit

Dream – Tak jarang ditemui rem motor berdecit dengan suara yang membuat telinga sakit.

Apalagi ketika musim hujan datang, rem motor paling rentan dengan suara berdecit yang bisa mengganggu pengendaranya.

Dikutip dari Federal Oil, Minggu 17 Februari 2019, rem sepeda motor ini merupakan perangkat yang penting dan memiliki peran vital untuk menjaga keselamatan dan keamanan selama berkendara.

 

Banyak pemilik motor tak tahu penyebab timbulnya decitan pada rem. Mereka lebih memilih untuk membiarkannya.

Padahal, hal tersebut cukup membahayakan pengendara. Rem motor juga harus segera diperbaiki. Berikut ini adalah faktor penyebab kampas rem berbunyi dan cara mengatasinya: 

7 dari 8 halaman

Kampas Rem Tipis Atau Terkontaminasi

1. Kampas Rem Kotor

Debu dan kotoran dapat masuk kedalam kampas rem. Pada saat melintasi jalan berdebu dan berpasir itulah, perlahan-lahan kotoran menempel pada bagian kampas rem.

Apabila ingin dilakukan pengerjaan sendiri, bukalah bagian kampas rem yang berbunyi tersebut dan bersihkan dengan amplas.

Gosoklah hanya dengan perlahan saja dan jangan gosok terlalu lama karena akan membuat kampas semakin tipis. Bawalah bengkel terdekat jika pengerjaan sendiri dirasa sulit.

 5 Penyebab Rem Motor Berdecit yang Perlu Kamu Tahu

2. Kampas Rem Tipis

Gesekan logam kampas rem dengan disc brake atau piringannya menimbulkan suara decitan. Hal itu diakibatkan sering menunda mengganti kampas rem yang sudah tipis oleh pengendara.

Membeli kampas rem baru karena kampas rem yang sudah tipis tidak dapat bertahan lama. Semakin lama tidak diganti semakin besar peluang terjadinya kecelakaan.

3. Kampas Rem Terkontaminasi

Ada beberapa segelintir pengendara yang meyakini bahwa dengan memakai oli dan minyak atau sejenisnya akan membuat remnya pakem.

Cara ini sbebenarnya mengakibatkan kampas rem gosong dan semakin berbahaya bagi pengendaranya.

Sebaiknya ganti kampas dengan yang baru. Selain menghilangkan suara decitan, penggantian kampas dapat juga menghilangkan kesan jelek karena kampas rem terlihat gosong.

 

8 dari 8 halaman

Selip dan Disc Brake Sudah Tipis

4. Kampas Rem Selip

Untuk penyebab ini diakibatkan pengendaranya yang selalu menekan tuas rem secara terus menerus. material kampas kopling menjadi keras sehingga rem kurang pakem dan berbunyi.

Gantilah kampas dengan yang baru dan perlu diketahui untuk pengendara beri jarak bebas pada tuas rem dengan standar 10-20 ml.

5. Piringan/Disc Brake Sudah Tipis dan Tidak Rata

Piringan tidak rata diakibatkan pernah kehabisan kampas rem atau pemakaian dalam rentan waktu yang cukup lama. Kamu bisa menggantinya dengan piringan yang baru.

(ism)

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id