Bahaya Membiarkan Knalpot Terus Berasap dan Bocor

Automotive | Jumat, 30 Oktober 2020 16:47
Bahaya Membiarkan Knalpot Terus Berasap dan Bocor

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Salah satu yang terancam adalah kesehatanmu.

Dream – Sahabat Dream, kendaraanmu pernah mengalami knalpot bocor? Tentu suaranya sangat bising, bukan? jika dibiarkan tanpa diperbaiki kondisi ini bisa menyebabkan pembuangan gas sisa pembakaran tak sempurna dan performa mesin bisa turun.  

Dikutip dari Suzuki, Jumat 30 Oktober 2020, ada beragam penyebab knalpot bocor. Kondisi ini biasanya terjadi ketika knalpot mulai aus. Usia kendaraan juga bisa mendorong kerusakan pada knalpot.

Kebocoran ini juga bisa terjadi akibat kesalahan parkir atau knalpot terbentur benda keras saat kendaraan melaju kencang.

Knalpot bocor ini tak bisa didiamkan dalam waktu yang lama. Alasannya, performa mesin kendaraan bisa turun. Tak hanya itu, knalpot rusak itu bisa mengeluarkan suara yang bising. Bahkan, mesin bisa terlalu panas (overheat).

Yang terakhir ini bahaya sekali bagi kesehatan. Asap dari knalpot bocor bisa merusak organ penting manusia, seperti paru-paru.

Jika knalpot kendaraanmu bocor, jangan sungkan untuk langsung mendatangi bengkel, ya, Sahabat Dream!

2 dari 3 halaman

Sparepart Ini `Paru-parunya Sepeda Motor`, Jangan Sampai Rusak!

Dream – Sahabat Dream, ada satu komponen motor yang penting di sepeda motor yang biasa dikenal dengan sebutan noken as. Biasa disebut camshaft atau kem, sparepart motor bertipe mesin empat tak diibaratkan sebagai paru-paru sepeda motor.

 

Sparepart Ini Paru-parunya Sepeda Motor, Jangan Sampai Rusak!© Dream

 

Dikutip dari Suzuki, Senin, 19 Oktober 2020, Alat ini berada di bagian yang menghubungkan mesin dengan bahan bakar. Noken as mengatur pasokan bahan bakar dan udara ke arah ruang bahan bakar. Dengan mengalirnya bahan bakar tersebut, tenaga atau power akan bisa dihasilkan sehingga mesin bisa bekerja.

Apabila kerja komponen ini optimal, tenaga yang dihasilkan juga optimal. Demikian juga sebaliknya. Noken as tidak bisa bekerja sendirian. Dia saling berhubungan dengan komponen lainnya.

3 dari 3 halaman

Cara Kerja Noken AS

Cara kerja alat ini adalah mengatur dan menggerakkan katup atau klep. Dua tonjolan digerakkan oleh rantai kamrat atau keteng. Saat klep mendapatkan dorongan, kelp ini akan terbuka. Saat itulah, bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar.

Kemudian, tonjolan lain akan mendorong klep ex. Ketika klep ex terdorong, gas sisa pembakaran yang dihasilkan akan dibuang.

Saat klep in terbuka dan bahan bakar masuk ke ruang bakar, tenaga mesin akan dihasilkan. Besar kecilnya tenaga bergantung lepada ketepatan dari durasi buka tutup klep.

Waktu buka tutup klep dapat diatur untuk mendapatkan torsi dan tenaga yang lebih optimal. Apabila menghendaki torsi pada putaran rendah, maka timing atau waktu buka tutup klep bisa dimajukan, Sebaliknya, apabila menginginkan torsi yang lebih besar, maka timing buka tutup klep harus dimundurkan.

Join Dream.co.id