Hal-Hal Harus Dihindari Saat Waxing Bodi Mobil

Automotive | Rabu, 20 November 2019 12:43
Hal-Hal Harus Dihindari Saat Waxing Bodi Mobil

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bukannya bodi jadi kinclong, yang ada bagian eksterior mobil itu jadi rusak.

Dream - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat mobil kesayangan. Salah satunya dengan menjaga kecerahan warna cat mobil.

Selain membuat warna mobil terlihat bersinar, perawatan yang rutin juga bisa menjaga nilai jual kendaraan.

Untuk pemilik mobil pribadi, merawat bagian eksterior menjadi bagian yang paling mudah karena bisa dilakukan sendiri. Tapi, tetap saja ada aturan mainnya agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Mengutip laman Auto2000, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, mengatakan ada hal yang paling penting diperhatikan pemilik mobil yang ingin merawat eksteriornya. Yaitu, jangan membeli obat poles atau waxing yang saat ini beredar di pasaran.

“ Pastikan wax atau cairan poles yang mau digunakan tak banyak mengandung zat kimia. Sebisa mungkin hindari waxing atau poles yang mengandung silikon, karena bila digunakan terus-menerus punya efek buruk ke depannya,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Bahaya Cairan Poles dengan Kandungan Silikon yang Tinggi

Cairan wax dengan kandungan silikon yang cukup banyak dan digunakan rutin untuk memoles, menurut Suparna bisa membuat lubang-lubang kecil di bagian struktur permukaan bodi.

Kondisi ini akan sangat riskan bila suatu saat mobil ingin melakukan proses pengecatan ulang atau repainting.

“ Silikon itu menimbulkan lubang kecil seperti bintik yang cukup banyak pada bagian bodi. Ini bisa menyulitkan proses repainting nantinya, karena permukaan bodi menjadi tidak rata,” kata dia.

Tidak hanya itu, kandungan silikon dan zat lain yang terlalu banyak pada obat poles juga bisa membuat terkikisnya pelapis cat atau clear coat. Hal tersebut justru membuat cat mobil tanpa lapisan yang lama kelamaan bisa menimbulkan kusam.

3 dari 6 halaman

Harus Kurangi Kebiasaan Ini

Selain menghindari penggunaan obat poles yang memiliki kadar silikon cukup banyak, menurut Suparna, pemilik mobil juga harus mengimbangi dengan kebiasaan-kebiasaan lainnya.

Mulai dengan rajin mencuci kendaraan sampai menghindari parkir mobil di ruang terbuka pada siang hari. “ Paling mudah bisa dengan cairan paint protection saja, tapi pemakaiannya juga jangan terlalu sering, disesuaikan dengan kebutuhan,” jelas Suparna.

Dia juga mentarankan pemilik mobil untuk menghindari polesan yang memiliki instan shine karena mengandung zat-zat berbahaya. 

“ Yang paling penting lagi rutin mencuci mobil,” kata Suparna.

4 dari 6 halaman

8 Trik Mencuci Mobil di Musim Kering tapi Tetap Irit Air

Dream – Musim hujan ataupun kemarau sama-sama punya persoalan sendiri bagi para pemilik kendaraan. Di saat hujan, mobil akan selalu terkena genangan air kotor sehingga harus dicuci untuk mengkilapkan kembali bodynya.

Pun demikian masalah di musim kemarau. Meski tak turun hujan, debu yang menempel di badan kendaraan bisa membuat penampilan kendaraan kamu menjadi sangat kotor. 

 

 8 Trik Mencuci Mobil di Musim Kering tapi Tetap Irit Air

 

Berbeda dengan musim hujan, masalah semakin bertambah manakali pasokan air di daerah kamu dilanda kekeringan. Jangankan mencuci mobil, untuk mandi atau memasan saja terasa sulit.

Jika kondisinya begini, pemilik kendaraan biasanya akan membawa mobilnya ke tempat cuci umum. Namun jika dilakukan saban minggu, tentu bikin kantong makin bolong.

Proses mencuci mobil memang membutuhkan air cukup banyak. 

Lantas, bagaimana triknya bisa mencuci mobil dengan mengirit air?

5 dari 6 halaman

Begini Caranya

Dikutip dari Hyundai Indonesia, Jumat 1 November 2019, berikut ini adalah delapan cara mencuci mobil yang bisa menghemat air.

1. Siapkan segala sesuatu yang dibutuhkan di dekat mobil.

2. Sebelum mencuci mobil, sebaiknya semua peralatan disiapkan terlebih dahulu seperti kain lap, air yang sudah dicampur sabun dan pemoles.

3. Gunakan lap yang sudah bercampur sabun.

4. Basahi lap dengan air sabun. Pastikan lap tersebut berbeda dengan yang digunakan untuk membersihkan ban.

6 dari 6 halaman

Langsung Bersihkan Kotoran

5. Langsung bersihkan ke kotoran.

6. Langkah selanjutnya adalah dengan langsung membersihkan mobil ditempat yang kotor dengan menggunakan lap bercampur air sabun. Cukup dilap dan tidak perlu disiram. Gunakan gerakan memutar untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

7. Langsung keringkan.

8. Agar kotoran tidak kembali lagi, sebaiknya langsung keringkan mobil dengan menggunakan lap kering. Pastikan kamu mengeringkannya hingga benar-benar kering.

Perjuangan Ria Irawan, Pantang Menyerah Lawan Kanker
Join Dream.co.id