Akibat Fatal Anggap Enteng Oli Motor Tercampur Air

Automotive | Rabu, 6 Januari 2021 06:45
Akibat Fatal Anggap Enteng Oli Motor Tercampur Air

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bisa-bisa mesin motor bisa `amsyong`.

Dream – Genangan air bisa menjadi momok bagi pengendara sepeda motor. Selain bisa menyebabkan aquaplaning, air yang masuk ke ruang oli bisa menyebabkan efek fatal kepada tunggangan kesayangan kamu.

Dikutip dari Federal Oil, Rabu 6 Januari 2021, oli yang tercampur air, akan membuat pelumasan mesin menjadi tidak sempurna. Kalau didiamkan, mesin akan cepat rusak. Hal ini disebabkan menghilangnya pelindung mesin ketika terjadi gesekan.

Oli yang kemasukan air bisa dideteksi dengan mudah. Oli akan berubah menjadi keputihan jika kemasukan air.

Agar mesin motormu tetap awet, sebaiknya Sahabat Dream lekas mengganti oli motor jika sudah kemasukan air, ya.

2 dari 4 halaman

Oli Motor Baru Diganti Sudah Berwarna Hitam? Ini Solusinya

Dream – Sahabat Dream, oli berfungsi untuk melindungi mesin kendaraan dari gesekan, termasuk sepeda motor. Dengan begitu, mesin tidak cepat aus.

Oli mesin juga memiliki peran untuk membersihkan permukaan dinding silinder dari oksidasi, kerak-kerak yang timbul akibat proses pembakaran, juga untuk pembersihan karbon.

 

 Oli Motor Baru Diganti Sudah Berwarna Hitam? Ini Solusinya
© Dream

 

Pemilik motor pun harus rutin mengecek kondisi oli. Pengecekan oli tidak memerlukan waktu yang lama. Kamu bisa memeriksa kondisi kendaraan dari tingkat kekentalan dan warna cairan oli mesin sehingga kamu bisa mengetahui apakah performa kendaraan masih baik atau tidak.

Kalau penggantian oli baru dilakukan beberapa hari, tapi sudah berubah warna menjadi hitam, kondisi ini tidak disebabkan oleh mesin yang rusak.

3 dari 4 halaman

Lalu, Karena Apa?

Dikutip dari Federal Oil, Kamis 15 Oktober 2020, ini bisa terjadi karena fungsinya sebagai pembersih bisa membuat warna oli menjadi berubah.

Selain itu, oli motor cepat menghitam karena mesin yang terlalu panas. Penyebab overheat ini antara lain setelan kopling motor yang kurang pas sehingga mengakibatkan kopling agak selip dan menyebabkan oli menguap dengan cepat.

Atau, bisa juga karena adanya clearance atau ruang diantara gap piston dan boring yang terlalu sempit atau longgar.

4 dari 4 halaman

Ini Solusinya

Untuk masalah di atas, solusinya dapat diatasi dengan memasang oil cooler atau OBS (Oil Breathing System) atau juga biasa disebut selang hawa pada mesin motor. Oil cooler dijual di pasaran sehargaRp 12 ribu saja untuk OBS yang biasa.

Tapi untuk yang kualitasnya bagus dijual dengan kisaran Rp150 ribu-Rp550 ribuan.

Tapi sebelumnya, kamu juga perlu mengganti filter oli yang sudah gosong sehingga dapat menyaring oli dengan lebih baik

Join Dream.co.id