Formula E Dilarang Digelar di Kawasan Monas

Automotive | Kamis, 6 Februari 2020 12:43
Formula E Dilarang Digelar di Kawasan Monas

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mengapa?

Dream - Kawasan Monumen Nasional (Monas) rencananya turut menjadi area balap listrik Formula E pada 2020. Namun, Istana tak memberikan izin balapan itu diadakan di dalam area.  Balapan hanya boleh dilakukan di luar kawasan Monas.

Keputusan ini disampaikan usai Komisi Dewan Pengarah Medan Merdeka dan Pemprov DKI Jakarta menggelar rapat soal revitalisasi Monas dan Formula E di Kementerian Sekretariat Negara Jakarta.

" Yang soal Formula E bisa saya sampaikan hasil rapat Komrah, bahwa Komisi Pengarah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas. Kalau di luar silakan, kalau di dalam tidak,"   kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 6 Februari 2020.

Keputusan itu diambil pemerintah pusat dengan banyak pertimbangan. Salah satunya adalah adanya cagar budaya di kawasan Monas, sehingga tak memungkinkan apabila digelar Formula E di wilayah itu.

" Di sana ada cagar budaya yang harus diperhatikan. Kemudian ada pengaspalan dan lain-lain," kata dia.

" Ada aturannya sih Monas itu bisa digunakan sebagai apa dan tak boleh sebagai apa. Lihat itu dulu," kata Setya.

Seperti diketahui, DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil listrik atau Formula E pada 2020. Perhelatan itu digelar pada 6 Juni 2020.

Penyelenggaraan ini akan berlangsung di kawasan Monas. Akan tetapi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum dapat menyebutkan sirkuit yang akan dilalui dalam balap mobil tersebut.

2 dari 6 halaman

Keberadaan Komisi Pengarah

Keberadaan Komisi Pengarah ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka Di Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Komisi Pengarah terdiri dari gabungan tujuh instansi, di mana Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjabat sebagai ketua dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai sekretaris.



(Sumber: Liputan6.com/Lisza Egenham)

3 dari 6 halaman

Jakarta Tuan Rumah Formula E Tahun 2020, Di Mana Lintasan Balapnya?

Dream – Jakarta terpilih menjadi tuan rumah balap Formula E 2020. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengumumkan pemilihan lokasi balap di provinsi yang dipimpinnya itu dipastikan setelah hasil negosiasi dengan pengelola Formula E di New York, Amerika Serikat.

Pertanyaan, di mana lintasan balap Formula E akan digelar di Jakarta?

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 16 Juli 2019, lintasan balap yang akan digunakan untuk Formula E 2020 disiapkan di dua lokasi masing-masing masih berada di kawasan sekitar Gambir dan Monas.

Jalur balap opsi pertama nantinya dari Monas, lintasan akan memasuki Jalan Ridwan Rais dan berputar menuju Monumen Tugu Tani.

Pit stop akan disiapkan di Monas, tepatnya belakang Stasiun Gambir.

 

 Jakarta Tuan Rumah Formula E Tahun 2020, Di Mana Lintasan Balapnya?© Dream

 

" Berputar di Tugu Tani, kembali masuk ke Ridwan Rais, kemudian belok kiri di Merdeka Selatan, kemudian berputar di Wisma Antara ya di ujung, berputar. Setelah itu kembali melintas di depan kedubes AS, ke kiri depannya gerbang monas, kemudian masuk lagi ke Ridwan Rais berputar seperti itu," kata Kadishub DKI, Syafrin Liputo, kepada Liputan6.com.

Sementara lokasi opsi kedua adalah di bagian dalam Monas. Lintasan akan dimulai dari Silang Monas Tenggara- MI Ridwan Rais-Tugu Tani-MI Ridwan Rais-Merdeka Selatan-Wisma Antara-Berputar ke Kedubes AS-Monas-Ridwan Rais.

Opsi lannya, Silang Monas Selatan-belakang Gambir-Ridwan Rais-Merdeka Selatan-bundaran air mancur-Silang Monas Selatan.

4 dari 6 halaman

Usulkan Lima Rute

Pemprov DKI, menurut Syafrin, sebenarnya mengusulkan 5 rute namun hasil survei penyelenggara meminta opsi dua rute tersebut.

" Tanggal 8 Juli itu pihak panitia sudah datang dan sudah melakukan survei, survei terkait lintasan yang nantinya akan digunakan sebagai ajang formula E," ujarnya.

Terkait kondisi jalan yang masih bergelombang, dia menegaskan, Pemprov DKI akan memperbaikinya.

" Kami masih menunggu karena memang dari penyelenggara memang belum konfirmasi dengan rute yang yang fix akan digunakan apa," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

5 dari 6 halaman

Jadi Tuan Rumah Formula E Tahun 2020, Anies: Jakarta Sejajar Megapolitan Lain

Dream - DKI Jakarta akan jadi tuan rumah balapan mobil jalanan Formula E pada 2020 mendatang. Kabar itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui Instagram resminya @aniesbaswedan.

" Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di tahun 2020," ucap Anies, Sabtu, 15 Juli 2019.

 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bertemu dengan petinggi Formula E (foto: Instagram)© Instagram

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bertemu dengan petinggi Formula E (foto: Instagram)

Anies mengatakan, kepastian itu muncul setelah negosiasi alot dengan lembaga pengelola Formula E. Anies mengklaim, Formula E merupakan turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1.

Berbeda dengan F1 yang memakai mesin turbo, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik, dan diadakan di sirkuit jalan raya.

" Sejak tiga bulan lalu persiapan pertemuan ini telah dilakukan. Tim dari Formula E juga sudah datang khusus melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8 hingga 9 Juli lalu," ucap dia.

6 dari 6 halaman

Anies Mengirim Pesan ke Dunia

Usai mencapai kesepakatan menggelar balapan jalanan tersebut, Anies diketahui sempat diajak CEO FIA Formula E Alejandro Agag dan Co-Founder dan CCO FIA Formula E, Alberto Longo ke lintasan balap Formula E di Brooklyn, New York.

Anies mengatakan, sebagai kota terbesar yang berkompetisi, menyiapkan segala infrastuktur dengan tertib dan tak banyak bicara. " Puncak pertemuan dibuat tanggal 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E," ujar dia.

Anies mengatakan, berdasar perhitungan, satu agenda balapan di Jakarta ini akan menggerakkan perekonomian hingga lebih dari 78 juta euro, atau Rp 1,2 T. " Ini adalah kesempatan bagi kesejahteraan, lapangan kerja dan usaha bagi warga Jakarta. InsyaAllah!" ucap dia.

Dengan capaian ini, Anies ingin mengirim pesan terhadap dunia, bahwa Jakarta siap sejajar dan makin bersinar di antara megapolitan dunia. " Dan insya Allah akan makin kokoh hadir di orbit global. Mari Jakarta, kita bersiap jadi tuan rumah laga kelas dunia!" kata dia.

" Jakarta akan menjadi sorotan dunia, liputan media asing menggaungkan nama Jakarta, Indonesia ke masyarakat dunia. Kita sejajar dengan kota-kota maju megapolitan lainnya. InsyaAllah, semua persiapan bisa berjalan lancar.....," tulis Anies di akun Instagramnya.

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id