Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Isi Waktu Selama PPKM Darurat, Yuk Rawat Komponen Motor

Isi Waktu Selama PPKM Darurat, Yuk Rawat Komponen Motor Motor Sport Juga Penting Dilakukan Di Rumah. (Foto: Yamaha)

Dream – Motor sport mungkin tidak digunakan sehari-hari. Banyak pemilik motor sport mengendarainya hanya sesekali saja untuk hobi.

Meski demikian, kuda besi kesayangan tetap harus menjalani perawatan rutin agar performanya tetap fit. Sejumlah komponen motor sport juga harus tetap terjaga supaya tetap prima di jalanan.

“Konsumen wajib mengetahui berbagai komponen yang perlu diperhatikan dan memahami cara pengecekannya,” kata Manager Service CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Riyadi Prihantono, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa 6 Juli 2021.

Berikut ini adalah komponen yang perlu dicek oleh konsumen pengguna motor sport.

1. Bahan Bakar

Periksa saluran bahan bakar. Jika ada kebocoran tangki bahan bakar, cek saluran selang apakah ada sumbatan, retak atau rusak.

Kamu bisa memastikan kemungkinan terjadi kebocoran bahan bakar dengan indera penciuman. Dari situ, akan tercium apakah ada bau bensin atau tidak. Jangan lupa cek posisinya dan hindari dari percikan api.

2. Oli Mesin

Periksa ketinggian oli mesin menggunakan stik oli dan periksa jika ada kebocoran oli di sekitar mesin. Dan biasakan mengganti oli secara rutin setiap 3 ribu km di bengkel resmi Yamaha terdekat.

3. Cairan Pendingin (Air Radiator)

Periksa ketinggian cairan pendingin di dalam reservoir. Jika kurang, kamu bisa menambahkannya dengan cairan pendingin yang disarankan. Jangan lupa periksa jika ada kebocoran sistem pendingin.

4. Sistem Pengereman

Periksa ketinggian level minyak rem melalui indikator pada master rem, serta memeriksa ketebalan kampas rem depan dan belakang melalui indikator keausan kampas rem. Bersihkan kampas rem dari oli, pelumas, serbuk kampas rem pada permukaan rem dan komponen sekitarnya.

5. Kopling dan Pemindah Gigi

Periksa gerak bebas tuas kopling dan setel jika diperlukan. Pastikan perpindahan gigi dapat bergerak dengan normal dan setel jika diperlukan.

6. Rantai Penggerak

Bersihkan dan lumasi rantai, serta periksa kekencangan rantai jika perlu setel di bengkel resmi Yamaha terdekat. Gunakan produk pelumas rantai yang disarankan.

7. Kondisi Ban

Cek kondisi tekanan ban dan alur ban agar berkendara lebih nyaman performa tetap maksimal. Tekanan ban normal ban depan: 200 kPa/ 29 psi dan ban belakang: 225 kPa/33 psi.

8.Periksa Kondisi Baterai/Aki

Cara yang paling mudah dengan cek fungsi starting dan klakson jika masih berfungsi artinya aki dalam kondisi OK. Jika memiliki multitester, aki dalam kondisi OK punya tegangan lebih dari 12,4 volt.

9. Bersihkan Motor dan Lumasi

Jika motor parkir selalu di ruang terbuka, bersihkan motor dari debu dan kotoran lainnya secara rutin. Setelah motor terkena hujan baiknya motor dicuci untuk menghindari karat pada komponen sepeda motor. Setelah itu lumasi lubang kunci, tutup tangki, handle grip kiri kanan dan bagian lainnya.

“Pengecekan sejumlah bagian penting dari sepeda motor yang dapat dilakukan oleh konsumen sendiri itu turut membantu jika ditemukan ada kendala yang harus diantisipasi,” kata Riyadi.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Tahun Sejak Beli Tak Pernah Diservis, Mesin Motor Wanita Ini Sampai Jadi Sarang Tawon, Mekaniknya Auto Bingung

5 Tahun Sejak Beli Tak Pernah Diservis, Mesin Motor Wanita Ini Sampai Jadi Sarang Tawon, Mekaniknya Auto Bingung

Pertama kali servis motor ke bengkel, mekanik terkejut saat melihat isi mesinnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Lomba Kupas Kuaci

BUNGKUS! Lomba Kupas Kuaci

Iseng lagi ngumpul tapi nggak tahu mau ngapain? Coba beli dan isi waktu kosong weekend dengan lomba kupas kuaci. Siapa yang menang?

Baca Selengkapnya