Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Saingi China, Toyota Mulai Garap Mobil Listrik Sedan dan Hatchback

Saingi China, Toyota Mulai Garap Mobil Listrik Sedan dan Hatchback Toyota Siap Mengembangkan Platform Mobil Listrik. (Foto: Shutterstock)

Dream - Usai mengumumkan kerja sana pembuatan baterai kendaraan listrik dengan Subaru, Toyota berencana membangun platform kendaraan elektronik sendiri. Produsen otomotif asal Jepang ini ingin bersaing dengan mobil listrik asal China, Amerika Serikat, dan Eropa.

Rencananya, ada 10 model mobil listrik yang siap menyapa publik.

Dikutip dari Paultan, Senin 17 Juni 2019, untuk mengembangkan mobil listrik segmen C, Toyota merangkul Subaru. Melalui kerja sama ini, Toyota akan membuat platform kendaraan listrik yang disebut Toyota New Global Architecture elektrik (e-TNGA).

Nantinya platform ini tak hanya sebagai model SUV elektrik, tapi juga model-model lainnya seperti sedan, minivan, dan crossover.

Menurut Toyota, platform ini menawarkan fleksibilitas berkendara untuk penggerak depan, belakang, dan all wheel drive. Kurang lebih platform ini sama dengan MEB yang dikembangkan oleh Grup Volkswagen.

Platform ini akan dibagi menjadi lima modul, yaitu depan, pusat, belakang, baterai, dan motor listrik. Setidaknya minimal ada tiga modul yang berada di model mobil Toyota.

Untuk mengembangkan kerja sama ini, Toyota akan bekerja sama dengan Suzuki dan Daihatsu. Akan ada enam variasi kendaraan yang dihasilkan dari kerja sama ini.

Toyota C-HR, Si Penantang Honda HR-V dan Nissan Juke

Dream – Toyota memperkenalkan mobil listrik SUV-nya, C-HR Hybrid. C-HR Hybrid ini menjadi mobil elektrifikasi pertama yang dipasarkan secara nasional.

Dengan mobil ini, Toyota ingin mendukung kebijakan pemerintah untuk mengembangkan industri mobil elektrifikasi program low carbon emission vehicle (LVEC).

Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandu, mengatakan, mobil C-HR Hybrid ini menggunakan mesin 2ZR-FXE yang bisa menghasilkan kekuatan 100 ps. Mesin ini dikombinasikan dengan motor listrik berkekuatan 36 ps. Dua mesin itu menjadikan C-HR Hybrid sebagai kendaraan yang ramah lingkungan.

“Konsumsi bahan bakar C-HR hybrid lebih efisien 62 persen dibandingkan dengan varian konvensional sehingga emisi karbon monoksida lebih rendah 60 persen,” kata Anton di Jakarta, Senin 22 April 2019.

Mobil hybrid ini, tambah dia, berdesain modern dan mengusung teknologi canggih. Mobil ini diperkenalkan dengan warna terbaru, yaitu radiant green. Mobil ini nantinya dibanderol dengan harga Rp523 juta.

Anton mengharapkan mobil ini mendapatkan sambutan positif sebagai kendaraan ramah lingkungan di Indonesia. Plus, bisa meningkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan berteknologi hybrid.

Laporan: Tri Yuniwati Lestari

Toyota C-HR, Si Penantang Honda HR-V dan Nissan Juke

Dream - Toyota Astra Motor (TAM) memanaskan pesaingan segmen mobil crossover dengan jagoan terbarunya, All New C-HR. Mobil yang diimpor utuh dari Thailand itu akan bertarung melawan Honda HR-V dan Nissan Juke.

"Kami menghadirkan All New C-HR untuk memenuhi harapan pelanggan terhadap mobil dengan desain yang lebih stylish serta modern, yang karakternya jauh berbeda dibandingkan produk yang ada,” kata Yoshihiro Nakata, Presiden TAM di kawasan Jakarta Selatan, Selasa 10 April 2018.

Toyota All New C-HR

Toyota C-HR mengusung tema 'Sexy Diamond'. Itu terlihat banyaknya desain eksterior depan serta samping berbentuk berlian, sehingga terkesan elegan dan eye catching. Di sektor eksterior belakang terlihat kokoh karena dilengkapi Rear Combination Lamp.

Mobil perpaduan Coupe dan SUV ini miliki tinggi 1.565 mm, panjang 4.360 mm dan lebar 1.795 mm. Disematkan juga pelek alloy berukuran 17 inci dan ukuran ban 215/60 R17.

Untuk urusan dapur pacu dibekali mesin 1.8L 2ZR-FBE teknologi Dual VVT-i, diklain mencapai power maksimum 141 ps/6400 rpm dan torsi 17,4 kgm/4000 rpm. Mesin itu 'dikawinkan' transmisi 7 speed CVT dengan sequential shiftmatic.

Toyota All New C-HR

"Selain desain, kami juga melengkapi mobil ini dengan 7 fitur, seperti 7 SRS airbag, blind spot monitor system, rear view monitor system, vehicle stability control dan sebagainya," ujar Bansar Maduma, Product General Manager TAM.

C-HR sudah didukung fitur-fitur modern seperti pada centre cluster terdapat Head Unit AVX 7" (DVD, Bluetooth, USB, AUX, Weblink Application dengan Multi-Tasking Window), lalu ada pula Dual Zone Auto A/C yang tampil dengan Digital Display dan design yang sporty.

Interior Toyota All New C-HR

Ada juga fitur yang bikin pengemudi makin betah, seperti Lumbar Support pada kursi pengemudi yang sudah dapat dioperasikan secara elektrik. Untuk menunjang fun to drive disematkan pula Cruise Control, G-Force Indicator serta Driving Mode (ECO & SPORT) yang dapat diatur pada TFT MID dengan ukuran 4.2".

Mobil yang dipamerkan pertama kali di Paris Motor Show 2014, mengincar konsumen pengusaha muda yang suka mengemudi sendiri dan tampil beda.

Handle door pintu penumpang Toyota All New C-HR

All New C-HR hadir dalam 5 pilihan warna yang terdiri dari single tone dan two tone. Untuk Single Tone terdiri dari 3 warna elegan, yaitu Black Attitude, White Pearl dan Metal Stream.

Sedangkan two tone, mengkombinasikan Youthful Metallic Color pada bagian Body dan Sporty pada bagian Roof, terdiri dari 2 warna, yaitu Red Mica Metallic + Black Roof dan Blue Metallic + Black Roof.

Untuk meminang C-HR, Sahabat Dream harus menyiapkan mahar Rp488,5 juta (single tone) dan Rp490 juta (two tone).

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Toyota Siapkan Mobil Baru Listrik dan Hybrid Ramaikan Pasar Indonesia

Toyota Siapkan Mobil Baru Listrik dan Hybrid Ramaikan Pasar Indonesia

Dalam dua tahun ke depan, Toyota akan hadirkan mobil listrik dan hybrid di Indonesia.

Baca Selengkapnya
Toyota Pamer Deretan Mobil Listrik, Ada Satu yang Baru Lahir di IIMS 2024

Toyota Pamer Deretan Mobil Listrik, Ada Satu yang Baru Lahir di IIMS 2024

Toyota menghadirkan berbagai teknologi elektrifikasi yang lengkap untuk dipajang di IIMS 2024.

Baca Selengkapnya
Toyota Buka Posko dan Bengkel Siaga Selama Libur Nataru, Catat! Ini Daftar Lokasinya

Toyota Buka Posko dan Bengkel Siaga Selama Libur Nataru, Catat! Ini Daftar Lokasinya

Total titik pelayanan tersebut terdiri dari 5 Posko Siaga dan 297 Bengkel Siaga yang tetap beroperasi normal di hari libur Nataru.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Balai Lelang Ini Tawarkan Opsi Titip Jual, Ada Pilihan Motor Listrik

Balai Lelang Ini Tawarkan Opsi Titip Jual, Ada Pilihan Motor Listrik

Masyarakat juga bisa mengikuti lelang secara real time melalui fitur lelang mobil dan motor online yang tersedia di situs web.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Gak Enakan

NOTED KAK! Gak Enakan

Sahabat Dream pernah nggak sih punya perasaan gak enak minta bantuan atau kasih komentar tapi malah jadi makan hati sendiri?

Baca Selengkapnya