Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ingin Berkendara Jarak Jauh? Perhatikan Tiga Hal Berikut

Ingin Berkendara Jarak Jauh? Perhatikan Tiga Hal Berikut Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream – Bagi sebagian orang, mobil menjadi kendaraan yang dilirik. Alasannya, mobil lebih nyaman daripada sepeda motor, apalagi untuk berkendara jarak jauh.

Dikutip dari Daihatsu, dengan naik mobil, Sahabat Dream tidak akan merasakan langsung terik dan panasnya sinar mentari. Kamu juga tidak akan kepanasan karena ada AC di mobil.

Selain itu, dalam kondisi hujan, mobil adalah kendaraan yang sangat fleksibel karena mampu melindungimu dari basah kuyup akibat terkena air hujan.

Mobil sebagai kendaraan yang nyaman untuk mobilitas sehari-hari juga sangat pas untuk dikendarai saat hendak berpergian jarak jauh seperti mudik, atau jalan-jalan keluar kota.

Berkendara jarak jauh tentunya membutuhkan persiapan, selain kesiapan fisik dan finansial, tentunya mobil kamu juga harus berada dalam kondisi yang baik dan siap menempuh jarak ratusan bahkan ribuan kilometer jauhnya.

Agar bisa berkendara secara prima, selain fisik, kamu juga harus memperhatikan kondisi fisik mobil. Jika kurang meyakinkan, kendaraan bisa diboyong ke bengkel sebelum digunakan untuk menempuh jarak jauh.

Perhatikan 3 Komponen Ini

Ada tiga komponen yang harus diperhatikan.

Pertama, ban mobil. Mengapa? Perjalanan jarak jauh tentunya memaksa ban mobil bekerja lebih keras sehingga gesekan yang terjadi antara ban dengan aspal atau jalanan semakin lama.

Gesekan akan membuat ban menipis. Agar tidak bermasalah, ada baiknya kamu memeriksa apakah ban masih layak pakai atau harus diganti.

Kedua, kopling. Komponen ini perlu diperhatikan, terutama untuk mobil manual. Bagi pengguna mobil tiga pedal, kopling akan bekerja keras saat berkendara jarak jauh, apalagi jalanannya macet dan menanjak.

Ketiga, shockbreaker. Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah shocbreaker. Bagian kaki mobil ini akan bekerja keras untuk memberikan kenyamanan berkendara, terutama di jalan yang berlubang, bergelombang, dan tidak rata.

3 Gangguan Mata yang Menyerang Selama Mengemudi

Dream – Mengemudi merupakan aktivitas yang sangat bergantung pada indera penglihatan atau mata. Setelah mata memberikan informasi mengenai keadaan sekitar kepada otak, organ lain akan memberikan respons tindakan apa yang akan dilakukan seorang pengemudi.

Oleh karena itu, kesehatan mata sangatlah penting jika ingin melakukan perjalanan yang aman dan nyaman. Namun, aktivitas mengemudi memiliki potensi yang cukup besar dalam memunculkan gangguan pada mata.

 

 

Karena mata merupakan bagian yang penting saat mengemudi. Penting untuk pengemudi menghindari gangguan-gangguan seperti di atas. Dengan mata yang sehat mengemudi pun akan lebih nyaman dan aman, sehingga keselamatan pengemudi akan lebih terjaga.

Berikut ini adalah gangguan mata yang sering terjadi ketika mengemudi, dikutip dari Goodyear Indonesia, Senin 13 Mei 2019.

Mata Kering

Saat menyetir, konsentrasi pengemudi akan terfokus pada jalan sehingga membuat mata menjadi jarang untuk berkedip. Hal ini tentu membuat permukaan mata akan lebih cepat mengering.

Selain itu, hembusan AC yang terjadi terus menerus turut membuat kelembapan udara di mobil berkurang.

Untuk mengatasi masalah mata kering, pengemudi harus lebih sering berkedip. Namun, bagi beberapa pengemudi yang memiliki kecenderungan mata kering tentu hal ini tidak cukup.

Jadi, hal ini bisa diatasi dengan memakai obat tetes yang sifatnya melumasi mata. 

Mata Kelilipan

Gangguan seperti ini biasa terjadi ketika jendela kendaraan dalam keadaan terbuka. Masuknya benda asing, seperti debu atau krikil ke dalam kelopak akan membuat mata serasa terganjal.

Otak akan memerintahkan untuk segera menghilangkan benda yang masuk tersebut, dan respons yang lebih sering terjadi yakni dengan mengusap atau yang biasa dikenal dengan mengucek mata.

Mengucek mata tentu tidak disarankan. Hal ini dikarenakan partikel-partikel yang masuk ke dalam mata itu bersifat tajam, maka mengucek bisa menyebabkan jaringan mata tergores.

Cara efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan mengedipkan mata beberapa kali. Jika partikel belum juga keluar, segera tepikan kendaraan kemudian basuh mata dengan air bersih.

Apabila cara ini tersebut belum berhasil, pengemudi harus menghentikan aktivitas mengemudi dan segera pergi ke dokter mata.

Mata Silau

Intensitas cahaya yang tinggi dan terfokus pada mata dapat menyebabkan hilangnya kemampuan melihat sesaat. Namun, dengan kecepatan mobil yang cukup tinggi, hilangnya pengelihatan walaupun sekejap tetap dapat mengundang bahaya.

Seperti saat mengemudi di pagi dan sore hari, ketika matahari berada cukup rendah serta cahaya yang dipantulkannya dapat langsung menusuk ke mata. Gunakan sun visor yang ada pada kendaraan untuk menghalau sinar mentari atau gunakan kaca mata hitam.

Selain itu, saat pengemudi lain selalu menyalakan lampu hazard ketika hujan deras, tentu hal ini akan sangat mengganggu bagi pengemudi lain terutama yang ada di belakang kendaraan tersebut. Pantulan sinar dari lampu hazard bisa membuat mata cepat lelah dan berkurangnya kepekaan terhadap lampu rem.

Menghadapi hal seperti ini, penting bagi pengemudi untuk menambah jarak aman ke kendaraan tersebut atau bisa juga mendahuluinya bila kondisi memungkinkan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sering Mabuk Perjalanan? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Mual

Sering Mabuk Perjalanan? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Mual

Lakukan beberapa hal sederhana saat traveling atau berada di dalam mobil maupun pesawat untuk mengatasi mabuk perjalanan.

Baca Selengkapnya
Beli Mobil Bekas Buat Istri, Baru Pakai Sebulan Banyak Kejadian Aneh, Puncaknya Makhluk Seram Berbau Busuk Duduk di Belakang

Beli Mobil Bekas Buat Istri, Baru Pakai Sebulan Banyak Kejadian Aneh, Puncaknya Makhluk Seram Berbau Busuk Duduk di Belakang

Setelah sebulan membeli, Syuhada mulai mengeluh kepada suaminya tentang beberapa kejadian aneh yang melibatkan mobil tersebut.

Baca Selengkapnya
7 Keuntungan Menyewa Mobil Dibanding Membeli

7 Keuntungan Menyewa Mobil Dibanding Membeli

Masih dalam kondisi menyewa mobil untuk kebutuhan sehari-hari atau acara penting? Jangan khawatir!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jika Marah, Badak Bisa Membalikkan Mobil Seperti Mainan, Hewan Kuat yang Mengerikan

Jika Marah, Badak Bisa Membalikkan Mobil Seperti Mainan, Hewan Kuat yang Mengerikan

Jangan pernah mengganggu badak, bahkan jika Anda berada di dalam truk!

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

Kalian saat memakai celana kepanjangan pasti suka melipat bagian bawahnya biar terlihat rapi. Nah, mungkin tips ini yang sedang kalian cari.

Baca Selengkapnya