Ingat, Peran Pendamping Sopir Tak Kalah Penting saat Mudik

Automotive | Rabu, 29 Mei 2019 12:16
Ingat, Peran Pendamping Sopir Tak Kalah Penting saat Mudik

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Begini peranannya.

Dream – Perjalanan mudik ke kampung halaman tentu menempuh jarak yang jauh. Bahkan, waktu tempuh juga tak bisa diprediksi karena kondisi lalu lintas yang kadang macet atau malah lancar.

Dengan kondisi perjalanan seperti itu, dibutuhkan persiapan yang cukup matang, tak hanya kondisi kendaraan, tetapi juga pengemudi.

Tak hanya itu, pendamping atau co-driver juga berperan tak kalah penting.

" Selama ini kan, mereka (co driver) banyak yang tidur dan sebagainya. Padahal, fungsinya kan memandu, meningkatkan pengemudi untuk lebih selamat atau waspada selama perjalan," jelas Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 29 Mei 2019.

Biasanya, lanjut Sony, yang menjadi pendamping pengemudi dalam perjalan mudik lebaran, adalah istri. Jadi, jangan memposisikan diri sebagai emak-emak yang cerewet, atau mengatur segala macam, dan berperilaku lebih lembut.

" Artinya, dia tahu kondisi suaminya (pengemudi), misalkan tidak bisa kagetan jadi kasih informasi dengan pelan. Pendamping juga tidak bikin panik jika terjadi sesuatu, tapi mengingatkan agar lebih hati-hati atau yang lain," kata dia.

Sementara itu, dalam perjalanan mudik ke kampung halaman, persiapan memang harus dilakukan dengan baik. Rencanakan perjalanan dari awal, agar saat sudah di jalan tidak meributkan sesuatu hal, seperti rute atau yang lainnya.

2 dari 3 halaman
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival
Join Dream.co.id