Mudik Sehat PSBB 2020, Blue Bird: Tidak Benar

Automotive | Rabu, 20 Mei 2020 17:42
Mudik Sehat PSBB 2020, Blue Bird: Tidak Benar

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Brosur ini beredar di jejaring sosial.

Dream – Beberapa saat lalu, beredar brosur yang memperlihatkan paket mudik Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB atas nama Blue Bird Group. Paket mudik tersebut diberi nama " Mudik Sehat PSBB 2020"

Kabar ini beredar dalam sebuah gambar brosur di aplikasi percakapan WhatsApp pada 19 Mei 2020 dan beredar keseluruh platform sosial media.

Di dalam brosur tertera tarif yang diberlakukan kepada konsumen yang ingin mengikuti program tersebut. Berikut isi brosurnya:

" Bigbird mulai dari Rp 650 ribu

Bus 54 Seat Kapasitas 27 Penumpang

Tujuan Jawa Tengah

Rp 650.000 (one way)

Rute: Tangerang -Jakarta-Semarang-Yogyakarta

Tujuan Jawa Timur

Rp 850.000 (one way)

Rute: Tangerang-Jakarta-Surabaya

Arus Mudik: 19 Mei s/d 23 Mei 2020

Arus Balik: 26 Mei s/d 2 Juni 2020

Untuk pemesanan tiket, hubungi:

0811 1794 1234

0811 1453 456

 

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang perusahaan transportasi Blue Bird Grup yang membuka program mudik di tengah pandemi virus corona COVID-19.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci " blue bird mudik" . Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai program mudik dari Blue Bird Grup tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul " Blue Bird: Tidak Ada Program Mudik Sehat" yang dimuat situs Liputan6.com pada 19 Mei 2020.

Bantah

Blue Bird Group membantah perusahaan menawarkan paket mudik sehat di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Perusahaan tengah menelusuri adanya brosur di media sosial yang menawarkan program mudik tersebut.

" Tidak ada program ini dari perusahaan," jelas Direktur PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono kepada Liputan6.com, Selasa (19/5/2020).

" Saya masih telusuri dari mana. Yang pasti perusahaan tidak mempunyai program mudik," lanjut dia.

Direktur Marketing, Blue Bird Amelia Nasution menambahkan, Blue Bird sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam melarang implementasi mudik sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mencegah penyebaran virus Corona.

" Komunikasi di luar hal tersebut bukan merupakan komunikasi resmi dari perusahaan," kata dia.

Sebelumnya beredar di media sosial dan melalui pesan berantai bahwa perusahaan transportasi Bigbird yang merupakan salah satu unit usaha dari Blue Bird menawarkan program mudik sehat.

Dalam brosur tersebut mudik akan menggunakan bus dengan kapasitas 54 kursi yang diisi dengan 27 penumpang saja.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang perusahaan transportasi Blue Bird Group yang menawarkan program " Mudik Sehat PSBB 2020" ternyata tidak benar.

Direktur PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono mengungkapkan, pihaknya tidak pernah mengeluarkan program " Mudik Sehat PSBB 2020" .

 

(Sumber: Liputan6.com/Hans Jimenez Salim)

Join Dream.co.id