Mobil Ini Laris di Tengah Pandemi Covid-19

Automotive | Jumat, 22 Mei 2020 19:30
Mobil Ini Laris di Tengah Pandemi Covid-19

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mobil ini masih laris manis di pasar Indonesia selama empat bulan pandemi corona.

Dream - Industri dan pasar otomotif tahun 2020 berada dalam kondisi yang sangat menantang. Hal ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang mewabah secara global, termasuk di Indonesia.

Ditambah lagi ada penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus di Jakarta, disusul oleh beberapa kota lainnya.

Dikutip dari keterangan tertulis Daihatsu, Kamis 21 Mei 2020, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Otomotif Indonesia (Gaikindo), selama Januari-April 2020, penjualan ritel pasar otomotif nasional mencapai sekitar 243 ribu unit. Angka ini turun 28,5 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu mencapai 44.346 unit dengan penurunan sekitar 26,9 persen. Walaupun terdapat penurunan secara volume pada pasar otomotif nasional, penjualan Daihatsu selama empat bulan mengalami kenaikan pangsa pasar menjadi 18,2 persen.

Segmen MPV Low, walaupun mengalami penurunan, masih menjadi kontributor terbesar di pasar otomotif Indonesia. Tercatat, penjualan ritel hingga emmpat bulan pada tahun ini, MPV Low berkontribusi sekitar 20,8 perseb dari total pasar otomotif Indonesia.

2 dari 6 halaman

Daihatsu Xenia Terlaris Ketiga di Segmen LMPV

Pada periode yang sama, Daihatsu Xenia menjadi mobil MPV Low terlaris ke-3 dan telah terjual lebih dari 5 ribu, dengan pangsa pasar 10,1 persen dalam kurun waktu empat bulan. Hal ini membuktikan bahwa Xenia yang telah berkiprah selama lebih dari 16 tahun, tetap dipercaya menjadi salah satu mobil MPV terbaik pilihan keluarga dan masyarakat Indonesia.

“ Kami bersyukur, walaupun sudah 16 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 2004, di segment MPV Low, Daihatsu Xenia masih tetap dipercaya dan menjadi yang terlaris ke-3 dipilih oleh masyarakat Indonesia per YTD (year to date) April 2020,” ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta.

Sejak diluncurkan pada 2004 hingga April 2020, Daihatsu Xenia telah terjual lebih dari 670 ribu unit dan menjadi model paling favorit di Indonesia, sehingga banyak pemain memasuki segmen ini. Terbukti pada tahun 2004 hanya ada 2 merek, namun sekarang terdapat 7 merek yang bersaing di segmen ini.

Sebagaimana diketahui, Xenia mengalami perubahan model secara total sebanyak 2 generasi. Grand New Xenia hadir dengan desain dan fitur yang lebih stylish, performa dan kenyamanan yang lebih baik, serta hadir dengan total 10 varian.

3 dari 6 halaman

Kala Daihatsu Xenia Dimodifikasi Jadi Mobil Tes Swab Covid-19

Dream – PT Asta Daihatsu Motor (ADM) menyumbangkan kendaraan andalannya, Xenia, untuk dimodifikasi menjadi mobil Siaga Covid-19. Proses pengerjaan modifikasi ini dilakukan oleh Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

UGM diketahui mengajak Daihatsu dalam pengadaan kendaraan keliling untuk membantu tenaga medis memeriksa kesehatan masyarakat yang membutuhkan Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RTPCR) atau swab test.

Donasi ini merupakan komitmen Daihatsu dalam mendukung upaya pemerintah dan masyarakat dalam memerangi Covid-19, sejalan dengan salah satu pilar CSR (Corporate Social Responsibility), yaitu Sehat Bersama Daihatsu.

 

 Kala Daihatsu Xenia Dimodifikasi Jadi Mobil Tes Swab Covid-19© Dream

 

“ Kami berharap donasi mobil ini dapat memberi hasil positif untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di area Yogyakarta,” kata General Affairs Division Head ADM, Haryanto Nurya Hadiwijaya, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Senin 11 Mei 2020.

Nantinya mobil Xenia yang sudah dimodifikasi ini akan digunakan untuk kendaraan swab test keliling sehingga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan pengecekan swab test. Kendaraan ini juga tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan tenaga medis sebagai garda terdepan.

Saat pengambilan sampel, tenaga medis akan tetap berada di dalam mobil dan pasien di sisi luar mobil. Selain tenaga medis lebih aman dan terlindungi, juga dapat menghemat penggunaan APD.

Mobil ini juga dilengkapi dengan storage logistik alat swab test, alat pengukur suhu tubuh otomatis, mic dan speaker untuk sarana komunikasi dengan pasien, serta perangkat komputer untuk melaporkan hasil swab test secara real time.

“ Daihatsu selalu mendukung segala upaya untuk memerangi pandemi Covid-19,” kata dia.

4 dari 6 halaman

Penjualan Terios Salip Mobil Sejuta Umat Xenia di Awal 2020

Dream - Daihatsu membuka 2020 dengan ceria. Penjualan ritel mobil dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sepanjang Januari 2020 mencapai 18 persen dari total penjualan nasional.

“ Daihatsu mengawali tahun 2020 dengan capaian yang cukup baik di tengah penurunan market dan merebaknya virus corona,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 14 Februari 2020.

Di awal tahun kemarin, penjualan ritel Daihatsu tercatat mencapai 14.582 unit dengan raihan pasar 18 persen dari retail sales nasional 81.013 unit.

Dari bisnis whole sales, Daihatsu meraih capaian sebesar 14.173 unit dengan pangsa pasar 17,7 persen dari volume whole sales nasional 79.983 unit.

 

 Penjualan Terios Salip Mobil Sejuta Umat Xenia di Awal 2020© Dream

 

Penjualan Daihatsu sampai saat ini masih didominasi oleh mobil andalan mereka, Sigra yang terjual sebanyak 4.307 unit. Disusul Gran Max (PU) 2.920 unit, dan Terios 2.261 unit.

Penjualan Terios sukses menyusul mobil sejuta umat Xenia yang terjual 1.883 unit. Sedangkan Ayla laku 1.566 unit dan Gran Max 1.251 unit. Untuk model Daihatsu lainnya, yakni Luxio dan Sirion, mencapai 394 unit.

“ Daihatsu tetap mencatatkan pencapaian positif yang menunjukkan komitmen untuk meningkatkan layanan penjualan purna jual bagi seluruh Sahabat Daihatsu,” kata dia.

5 dari 6 halaman

Daihatsu Rocky Adik Terios Mengaspal Tahun Depan, Ini Bocorannya

Dream - Setelah meramaikan pasar Jepang, Daihatsu memastikan Rocky akan segera mengaspal di jalanan Indonesia. Rencananya, daihatsu Rocky akan mulai menyapa penggemar otomotif di Tanah Air tahun depan.

“ Rocky direncanakan akan diperkenalkan di Indonesia tahun 2021 mendatang. Mobil SUV ini memiliki tiga fitur baru,” kata Customer Service Directorate Daihatsu Motor Company, H. Ashitani, di Daihatsu National Technical Skill Contest 2020, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 14 Februari 2020.

Tak hanya waktu peluncuran, Ashitani juga mengungkapkan tiga keunggulan Rocky yang salah adalah penggunaan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

 

 Daihatsu Rocky Adik Terios Mengaspal Tahun Depan, Ini Bocorannya© Dream

 

" Mobil ini merupakan produk kedua dari DNGA yang disebut Rocky A-SUV. Keunggulan kedua, menggunakan transmisi D-CVT atau CVT yang digerakkan oleh sabuk dan roda gigi pertama di dunia," kata dia.

Fitur terakhir yang dibanggakan dan mampu menjadi daya tarik konsumen ialah fitur keselamatan yang disematkan.

“ Semuanya mengesankan, bukan?” kata dia.

6 dari 6 halaman

Spesifikasi Mesin

Sekadar informasi, Daihatsu Rocky yang diniagakan di Negeri Sakura dibekali mesin berkapasitas 996cc dengan konfigurasi tiga silinder 12 katup intecooler turbo berpendingin cairan.

Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 98 Tk dan torsi 140 Nm dengan rentang 2.400-4.000 rpm.

Jika melihat ke belakang, Rocky bukanlah nama yang asing di pasar otomotif Indonesia.

Pasalnya, PT Astra Daihatsu Indonesia sempat memasarkan Rocky yang tak lain nama varian dari Daihatsu Taft. Mobil berwujud jip ini dikenal tangguh di segala medan termasuk off-road.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

Join Dream.co.id