Hampir 8 Tahun Terbengkalai di Parkiran Bandara, Mobil-mobil Berdebu Ini Milik Korban Kecelakaan Penerbangan MH370?

Automotive | Jumat, 27 Mei 2022 10:01

Reporter : Sugiono

Hingga kini mobil-mobil penuh debu yang terbengkalai di tempat parkir bandara itu masih menjadi misteri.

Dream - Sebuah video yang memperlihatkan kondisi mobil terparkir yang diselimuti debu tebal menjadi viral di TikTok baru-baru ini.

Tak seorang pun akan mengira bahwa mobil tersebut tidak hanya menyentuh emosi, tetapi juga menimbulkan 1001 pertanyaan di kalangan netizen.

Lebih mengharukan lagi ketika ada tudingan bahwa mobil yang ditinggalkan sejak lama itu mungkin milik korban tragedi pesawat yang pernah menggemparkan dunia.

Hampir 8 Tahun Terbengkalai di Parkiran Bandara, Mobil-mobil Berdebu Ini Milik Korban Kecelakaan Penerbangan MH370?
Hampir 8 Tahun Terbengkalai Di Parkiran Bandara, Mobil-mobil Berdebu Ini Milik Korban Kecelakaan
2 dari 7 halaman

Begitulah kondisi salah satu mobil yang 'kesepian tanpa pemiliknya' di kompleks parkir mobil bertingkat di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) di Sepang, Malaysia.

 Misteri mobil terparkir di bandara hingga penuh debu.© Video TikTok

Banyak yang menduga mobil berdebu parah itu ada hubungannya dengan penumpang atau awak dalam tragedi hilangnya penerbangan MH370 pada 8 Maret 2014 atau jatuhnya MH17 yang ditembak pada 17 Juli di tahun yang sama.

Menyusul video viral tersebut, berbagai spekulasi dan teori pun bermunculan. Ada yang menduga mobil itu sengaja tidak diklaim oleh keluarga terdekat korban karena berharap anggota mereka akan kembali ke rumah.

3 dari 7 halaman

Namun, sumber yang dekat dengan korban membantah kabar bahwa mobil jenis Honda yang terbengkalai hingga berdebu di tempat parkir KLIA selama hampir delapan tahun itu adalah milik korban MH370 atau MH17.

 Misteri mobil terparkir di bandara hingga penuh debu.© Video TikTok

" Jika ada mobil korban MH370 atau MH17 sebelum ini, pasti ahli warisnya sudah lama mengklaimnya. Mobil itu bukan milik penumpang atau awak MH370 berdasarkan tanggal kedaluwarsa pajak jalannya.

" Apalagi korban MH17 kebanyakan penumpangnya berasal dari sana (Eropa), dan pesawat juga lepas landas dari sana (Amsterdam)," kata seorang sumber.

4 dari 7 halaman

Menurut sumber itu, masalah mobil 'terbengkalai' di kompleks parkir KLIA bukanlah hal baru. Bahkan ada kasus di mana beberapa kendaraan juga ditinggalkan selama pandemi Covid-19.

" Mungkin pemiliknya sengaja tidak membayar cicilan atau menghindar dari membayar denda. Jika mereka datang untuk mengklaim, mereka masih akan dikenakan biaya parkir.

" Tapi di video menyebut pemiliknya adalah korban MH370 atau MH17, saya pikir itu tidak benar. Saya percaya video itu dibuat hanya untuk konten saja," tambahnya.

5 dari 7 halaman

Menurut sumber yang bekerja di KLIA itu, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak berwenang seperti polisi dan Dinas Jalan Pengangkutan Jalan (JPJ) jika kendaraan itu terbengkalai terlalu lama di kawasan parkir.

" Ada nota akan dihantar. Cuma kalau mau 'towing' mungkin ada masalah sebab 'ramp' (atap) parkir rendah. Jadi truk 'towing' tak bisa masuk.

" Mungkin mendorong mobil tersebut keluar dari tempatnya terparkir saat ini jadi jalan satu-satunya," katanya.

6 dari 7 halaman

Sementara itu video yang diunggah pengguna TikTok @yourjiranstory dengan caption 'Sejarah kelam. Al-Fatihah' sejauh ini telah ditonton 2,6 juta kali.

Di bagian komentar, beberapa netizen juga tidak yakin bahwa mobil-mobil berdebu dan terbengkalai itu milik para korban tragedi pesawat.

Saat tim mStar mendatangi tempat parkir KLIA itu, mobil-mobil yang ditinggalkan dalam kondisi ban terkunci. Tapi mobil-mobil tersebut sudah dalam keadaan bersih dari debu.

 Misteri mobil terparkir di bandara hingga penuh debu.© mStar

Bahkan stiker pajak mobil-mobil tersebut tampak masih bagus meski sudah habis masa berlakunya pada 16 Juni 2015 silam.

Namun, tidak ada yang tahu siapa yang membersihkan mobil-mobil itu setelah beredarnya video yang viral di media sosial tersebut.

7 dari 7 halaman

Hingga kini mobil-mobil penuh debu yang terbengkalai di tempat parkir bandara itu masih menjadi misteri.

Sebelumnya, penerbangan MH370 menghilang dari radar pada 8 Maret 2014 saat dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing dengan 227 penumpang dan 12 awak.

Sementara penerbangan MH17 jatuh di Ukraina timur pada 17 Juli 2014 ketika ditembak jatuh saat dalam penerbangan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur dengan 283 penumpang dan 15 awak.

Sumber: mStar

Join Dream.co.id