Mau Selamat Berkendara di Malam Hari? Perhatikan 3 Hal Ini

Automotive | Kamis, 26 Maret 2020 19:24
Mau Selamat Berkendara di Malam Hari? Perhatikan 3 Hal Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Berkendara pada malam hari punya risiko yang lebih besar daripada siang hari.

Dream – Mengemudi sepeda motor di malam hari bisa jadi lebih menyulitkan bagi sebagian orang dibandingkan melakukannya malam hari. Apalagi jika cuaca malam itu tengah dilanda hujan deras. Jarak pandang akan menjadi sangat terbatas.

Aktivitas mengemudi malam hari juga berhadapan dengan masalah pada fokus, pelebaran pupil, dan refleksi pada lampu dan cermin.

Bukan berarti semua masalah tersebut tidak ada jalan pemecahannya, bukan?

Kamu bisa terhindar dari risiko apa pun ketika mengendarai motor pada malam hari. Berikut ini cara-caranya, dikutip dari Wahana Honda, Kamis 26 Maret 2020.

2 dari 4 halaman

Periksa Kelaikan Lampu Depan

 5 Langkah Agar Lampu Mobil Bening Terlihat Baru Lagi© Dream

Pertama, memeriksa kelaikan lampu depan. Tentunya, ketika harus mengendarai kendaraan di malam hari, lampu jauh dan dekat akan sangat membantu melihat jalanan di depan. Pastikan kondisi lampu berfungsi secara baik dan optimal.

Lampu dekat berfungsi untuk menerangi jalanan di depat yang lebih dekat dengan roda depan dan lampu jauh untuk menerangi jalanan yang lebih jauh. Lampu jauh juga berfungsi ganda, yaitu dapat dipakai atau dinyalakan ketika hujan lebat atau kabut turun.

Kedua lampu tersebut diwajibkan dapat menyala dengan baik karena masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Periksa minimal satu bulan sekali. Jika terasa sudah meredup atau ada tanda menghitam pada bagian depannya, kamu dapat menggantinya dengan lampu yang baru.

3 dari 4 halaman

Kurangi Kecepatan dan Ikuti Tanda Jalan

Kemudian, kamu bisa mengurangi kecepatan karena jarak pandang terbatas pada malam hari. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan karena bertabrakan dengan kendaran lain atau faktor lainnya.

Selain itu, kamu juga dapat mengikuti setiap tanda jalan, seperti garis jalan, lampu jalan sampai dengan rambu-rambu lain yang tersebar di banyak jalanan. Jika tidak ada tanda jalan yang ditemui, kamu harus fokus terhadap jalanan di depan dengan penerangan lampu motor.

4 dari 4 halaman

Konsentrasi dan Jaga Kondisi Tubuh

 Demi Kemaslahatan Bersama, Pahami 5 Poin Ini Saat Mengemudi© Dream

Selanjutnya, kamu harus menjaga konsentrasi dan suhu tubuh. Konsentrasi yang terganggu bisa membahayakan pengendara dan berujung kecelakaan yang cukup fatal bagi diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Jangan sepelekan untuk menjaga kondisi tubuh. Ketika kondisi tidak fit atau lelah dan mengantuk, maka konsentrasi akan menurun drastis. Terlebih lagi kamu baru saja meminum obat yang dapat menyebabkan kantuk atau bahkan mengonsumsi alkohol. 

Bila melihat warung, supermarket, atau mungkin rest area, segera bawa kendaraan kamu untuk menepi dan menyegarkan tubuh. Jika memungkinan kamu bisa beristirahat beberapa jam.

 

Terkait
Join Dream.co.id