Cinta Mati Daihatsu! 7 Kali Ganti Mobil Tak Pernah Pindah ke Lain Hati

Automotive | Sabtu, 22 Februari 2020 16:01
Cinta Mati Daihatsu! 7 Kali Ganti Mobil Tak Pernah Pindah ke Lain Hati

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Sebagai penghargaan, pria yang sudah 14 tahun menggunakan mobil Daihatsu berbagai merek ini diajak traveling ke Jepang.

Dream - Kesetiaan memang bisa membuat seseorang meraih kebahagian. Begitu pula dengan seorang pemilik kendaraan yang terlanjur jatuh cinta pada kuda besinya dan tak sekalipun berganti ke merek lain.  

Inilah yang terjadi pada seorang pecinta sejati Daihatsu yang hatinya tak pernah pindah ke hati yang lain.

Selama 14 tahun, pria bernama Muhammad Aswari Pulungan setia dengan kendaraan bermerek Daihstsu. Kesetian itu berbuah hadiah jalan-jalan ke Jepang dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM). 

Dikutip dari keterangan tertulis ADM, pria yang akrab dipanggil Kiki ini telah merasakan berbagai merek mobil Daihatsu selama belasan tahun. Mulai dari Daihatsu Espass sampai Gran Max telah dicicipinya.

Kiki memang setiap dua tahun sekali sekali memperbarui tunggangannya.

Bapak tiga anak ini telah membeli Gran Max sebanyak 7 kali. Gran Max warna hitam menjadi mobil andalannya dalam beraktivitas karena punya ruang kabin yang luas dan warnanya tak mencolok perhatian.

Tak hanya digunakan untuk bekerja, pria yang bekerja sebagai penasihat keuangan ini juga menggunakan Gran Max untuk kegiatan sosial kemasyarakatan yang ditekuni bersama istri. Kiki dan sang istri rutin berkontribusi untuk yayasan anak berkebutuhan khusus, serta sanggar musik yang dibinanya. Keduanya merupakan kegiatan amal yang melibatkan anak-anak.

Mobil Gran Max digunakan Kiki dan istrinya untuk mengantar anak-anak asuhnya dalam berkegiatan di luar, bahkan muat untuk membawa peralatan musik.

“ Dengan Gran Max, kami mengantar anak-anak kemanapun, termasuk untuk aktivitas outdoor. Semuanya masuk, gak cuma anak-anak, tapi juga gitar, biola, jimbe dan sebagainya,” kata dia.

2 dari 7 halaman

Daihatsu Rocky Adik Terios Mengaspal Tahun Depan, Ini Bocorannya

Dream - Setelah meramaikan pasar Jepang, Daihatsu memastikan Rocky akan segera mengaspal di jalanan Indonesia. Rencananya, daihatsu Rocky akan mulai menyapa penggemar otomotif di Tanah Air tahun depan.

“ Rocky direncanakan akan diperkenalkan di Indonesia tahun 2021 mendatang. Mobil SUV ini memiliki tiga fitur baru,” kata Customer Service Directorate Daihatsu Motor Company, H. Ashitani, di Daihatsu National Technical Skill Contest 2020, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 14 Februari 2020.

Tak hanya waktu peluncuran, Ashitani juga mengungkapkan tiga keunggulan Rocky yang salah adalah penggunaan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

 

Daihatsu Rocky Adik Terios Mengaspal Tahun Depan, Ini Bocorannya© Dream

 

" Mobil ini merupakan produk kedua dari DNGA yang disebut Rocky A-SUV. Keunggulan kedua, menggunakan transmisi D-CVT atau CVT yang digerakkan oleh sabuk dan roda gigi pertama di dunia," kata dia.

Fitur terakhir yang dibanggakan dan mampu menjadi daya tarik konsumen ialah fitur keselamatan yang disematkan.

“ Semuanya mengesankan, bukan?” kata dia.

3 dari 7 halaman

Spesifikasi Mesin

Sekadar informasi, Daihatsu Rocky yang diniagakan di Negeri Sakura dibekali mesin berkapasitas 996cc dengan konfigurasi tiga silinder 12 katup intecooler turbo berpendingin cairan.

Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 98 Tk dan torsi 140 Nm dengan rentang 2.400-4.000 rpm.

Jika melihat ke belakang, Rocky bukanlah nama yang asing di pasar otomotif Indonesia.

Pasalnya, PT Astra Daihatsu Indonesia sempat memasarkan Rocky yang tak lain nama varian dari Daihatsu Taft. Mobil berwujud jip ini dikenal tangguh di segala medan termasuk off-road.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

4 dari 7 halaman

Bangkitnya Mobil Legend Daihatsu: Taft, Rocky hingga Hijet

Dream - Daihatsu Motors Co. Ltd, ikut memeriahkan pameran otomotif Tokyo Auto Salon 2020. Produsen otomotif ini memamerkan 9 unit mobilnya, termasuk yang berkonsep Taft (Tough and Almighty Fun Tool).

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 20 Januari 2020, 9 unit mobil ini adalah 1 unit mobil Taft mini crossover yang merupakan world premiere concept car, 1 compact SUV Rocky Sport Style, 1 Copen GR Sport, 3 Tanto versi Custom Premium, Cross Field, dan versi karakter Spiderman.

Mobil Legend Daihatsu© Istimewa



Ada juga Hijet Truck yang dimodifikasi dengan versi DJ untuk kalangan milenial dan 2 versi lain seperti Peaks dan Hatsune Miku Marche.

Mobil Legend Daihatsu© Istimewa



Sekadar informasi, Daihatsu Taft merupakan mini crossover yang berdimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.630 mm. Mobil yang memberikan handling kuat dalam manuver di jalan kota dan jalan sempit ini mengadopsi atap kaca. Ini memberikan kesan kabin dan visibilitas penumpang luas.

Mobil Legend Daihatsu© Istimewa



Pameran otomotif Tokyo Auto Salon 2000 berlangsung di Makuhari Messe, di Chiba, Jepang. Pameran yang berlangsung pada 10-12 Januari 2020 ini memamerkan beragam mobil dengan spesifikasi mini dan kompak.

5 dari 7 halaman

Mengintip Pesona Daihatsu Rocky, SUV Mungil Nan Berotot

Dream – Mobil SUV Daihatsu Rocky bakal diluncurkan di Tokyo Motor Show pada 5 November 2019. Pecinta otomotif diminta bersabar menunggu mobil baru ini. 

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis 31 Oktober 2019, nama “ Rocky” ini sebenarnya tak asing lagi di Indonesia. Jika dilihat ke belakang, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pernah memasarkan Rocky yang merupakan varian dari Daihatsu Taft, jip yang terkenal tangguh di segala medan, termasuk off road.

 

Mengintip Pesona Daihatsu Rocky, SUV Mungil Nan Berotot© Dream

 

Mobil Daihatsu Rocky bisa mengangkut lima penumpang dan punya ruang kabin yang lapang. Mobil kelas small SUV punya dimensi 3.995mm, lebar 1.695mm dan tinggi 1.620mm dengan wheelbase 2.525 mm.

Kendaraan roda empat itu dibekali dengan mesin 996 cc dengan konfigurasi 3 silinder 12 katup intecooler turbo berpendingin cairan. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 98 Tk dan torsi 140 Nm dengan rentang 2.400-4.000 rpm.

6 dari 7 halaman

Bakal Dijual di Indonesia?

Apakah mobil ini akan dijual di Indonesia? Sayangnya belum diketahui apakah Rocky bisa dijual di luar Jepang.

“ Untuk pasar Indonesia saya belum bisa beri jawaban. Kami harap, konsumen di Indonesia bisa sabar menunggu mobil baru kami,” kata Presiden Direktur Daihatsu Motor Corporation (DMC), Souchiro Okudara, di Tokyo Motor Show 2019, Tokyo, Jepang.

Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra, mengatakan, kalau dijual di Indonesia, Rocky akan berada di bawah Terios. Harganya juga bisa lebih terjangkau.

" Secara konsep, Terios 7-seater, (Rocky) ini kan 5-seater. Mobil lebih kecil pasti bahan baku yang digunakan lebih sedikit. Ini logika saja, posisi price logikanya seperti itu (lebih terjangkau dari Terios)," kata Amelia kepada jurnalis, Fuji Speedway, Shizuoka, Jepang.

7 dari 7 halaman

Produksi di Indonesia Atau Di Jepang?

Daihatsu enggan membeberkan Rocky jelang peluncuran resminya. Sampai saat ini, produsen otomotif asal Negeri Sakura ini menutup rapat lokasi produksi Rocky.

“ Sampai hari ini, kami belum membicarakan produksinya di mana karena mau dibikinnya kapan saja enggak tahu. Jadi, belum bisa jawab,” kata Amelia.

Namun, dia memberikan sinyal Rocky bisa diproduksi di Indonesia. Hal ini berdasarkan faktor harga jika mobil itu langsung diboyong dari Jepang.

“ Kalau tidak diproduksi di Indonesia, itu akan mahal banget. Jadi, kalau mau diproduksi, harus di Indonesia. Nggak mungkin dari Jepang kami bawa ke Indonesia,” kata Amelia.

(Sumber: Liputan6.com/Septian Pamungkas) 

Join Dream.co.id