GIIAS 2019 Resmi Dibuka, Gaikindo Pamer Kehebatan Industri Otomotif RI

Automotive | Kamis, 18 Juli 2019 11:48
GIIAS 2019 Resmi Dibuka, Gaikindo Pamer Kehebatan Industri Otomotif RI

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Industri otomotif Indonesia sudah dapat memenuhi kebutuhan kendaraan nasional.

Dream - Gabungan Industri Kendaraan Otomotif Indonesia (Gaikindo) menilai industri otomotif dalam negeri sudah mandiri. Kebutuhan nasional untuk transportasi bahkan diklaim sudah bisa terpenuhi dari industri di Tanah Air.

" Saat ini industri otomotif sudah mandiri dalam memenuhi kebutuhan domestik," ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, dalam pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis 18 Juli 2019.

Yohannes melaporkan angka impor kendaraan terus menurun sebaliknya ekspor meningkat signifikan.

Tercatat pada 2018, angka impor kendaraan utuh (compelety built in unit/CBU) mencapai 90 ribu unit sedangkan ekspornya tumbuh 14,4 persen mencapai 264.500 unit.

 Gaikindo

" Ini yang tertinggi dari tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

Yohannes mengatakan produk kendaraan utuh Indonesia terserap oleh 87 negara. Di antaranya negara-negara kawasan ASEAN, Asia, Jepang, Afrika, dan Amerika Serikat.

2 dari 6 halaman

Impor Kendaraan Utuh Turun, Ekspor Naik Tajam

Sepanjang 2019, ekspor kendaraan utuh ditargetkan mencapai 300 ribu unit dan tembus 1 juta unit pada 2025. Agar target tersebut tercapai, menurut Yohannes, salah satu caranya yaitu dengan menggelar GIIAS.

 Gaikindo

Pameran otomotif ini sudah berkelas dunia. Segala yang ditampilkan dalam pameran ini merupakan teknologi dan inovasi terkini di industri otomotif.

" Diharapkan GIIAS menjadi dorongan kuat bagi ekspor Indonesia," kata dia.

 

3 dari 6 halaman

Bersaing Tampilkan Inovasi

GIIAS 2019 menampilkan transformasi teknologi industri otomotif. Pameran ini menghadirkan berbagai macam produk kendaraan terbaru didukung teknologi terkini dari industri otomotif dunia.

Puluhan kendaraan terkini bakal meluncur baik dari lini penumpang maupun komersial. Masing-masing pabrikan akan memperkenalkan hasil inovasi mereka pada 18 Juli 2019 pukul 12.00-18.30 WIB.

Dalam gelaran ke-27 ini, tercatat 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, 12 merek sepeda motor, serta total lebih dari 300 merek dari industri pendukung ambil bagian.

Acara ini dibuka untuk umum mulai sore hari pukul 17.00. Berbagai program interaktif dan edukatif, serta fasilitas pameran yang nyaman menjamin hadirnya beragam ide dan inspirasi.

4 dari 6 halaman

Skutik Honda SH150i Makin Macho dengan Warna Baru, Berapa Harganya?

Dream – PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan tampilan baru untuk skutiknya,  Honda SH150i. Skutik premium ini tampil lebih berkelas dengan warna mat galaxy black metallic.

“ Kami memberi penyegaran warna baru Honda SH150i sebagai alternatif pilihan bagi konsumen Honda yang ingin tampil semakin berkelas,” kata Dirketur Marketing AHM, Thomas Wijaya, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 4 Juli 2019.

Warna hitam mendominasi hampir seluruh bagian SKutik SH150i. Selain di area cover suspense depan, warna mat galaxy black metallic bisa ditemukan cast wheel, dan rear grip.

Selain itu, bodi skutik premium ini kini memiliki warna hitam matte. Ada emblem dan siluet merah di garis jok motor SH150i.

Warna mat galaxy black metallic ini melengkapi warna pearl jasmine white, poseidon black metallic, dan candy cluster red.

Produk skutik premium ini mengadopsi tampilan bergaya Eropa yang hadir dengan fitur yang memberikan kenyamanan, lincah, dan nyaman dikendarai di berbagai kondisi jalan perkotaan di Indonesia.

“ Kami berharap warna baru ini dapat menjawab para pecinta skutik yang menyukai skutik berdesain elegan,” kata dia.

Honda SH150i dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp41,9 juta di seluruh jaringan diler Honda.

5 dari 6 halaman

Fitur Motor Skutik SH150i

Honda SH150i merupakan model skutik premium Honda yang telah melegenda lebih dari 35 tahun di benua Eropa. Hadir dengan tema styling Dynamic dan Light Feeling model ini menggunakan lampu LED dan dilengkapi dengan beragam fitur keamanan canggih di kelasnya yakni Honda Smart Key system yang terdiri dari switch On/Off, Answer Back System dan Anti Theft Alarm System yang terintegrasi dalam 1 unit remote.

Saat mengaktifkan kenop ON, lampu iluminasi biru akan menyala dan memudahkan pengendara untuk menghidupkan mesin hanya dengan menekan dan memutar kenop kunci. Kenop ini juga berfungsi untuk membuka jok dan mengunci setang kemudi.

Honda SH150i menghadirkan posisi berkendara yang natural dan nyaman melalui penyematan pijakan kaki rata memberikan ruang kaki yang luas bagi pengendara, ditunjang dengan ukuran pijakan kaki yang ramping memudahkan pengendalian. Jarak terendah ke tanah 146mm dan memiliki jok nyaman untuk berkendara sendiri maupun berboncengan.

Model ini dilengkapi fitur unggulan seperti standar samping otomatis (Side Stand Switch), power charger yang terdapat di dalam console box dapat dimanfaatkan oleh pengendara untuk pengisian baterai ponsel, kapasitas tangki terbesar di kelasnya 7,5 liter dan bagasi yang dapat menyimpan helm fullface.

6 dari 6 halaman

Usung Mesin 150 CC

Honda SH150i hadir dengan mesin Liquid Cooled, 4-Stroke, SOHC, 150cc eSP (Enhanced Smart Power) sehingga mampu memaksimalkan pembakaran secara efisien dan meminimasi gesekan untuk mengurangi resiko energi terbuang percuma, serta mengoptimalkan energi yang keluar. Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Skutik populer Honda ini menyuguhkan konsumsi bahan bakar yang irit di kelasnya mencapai 40.9 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3. (AHM internal tes).

Honda SH150i telah disematkan frame high-tensile steel tubular underbone yang rigid dan kuat. Velg die-cast alumunium berukuran 16inchi dan ban tubeless menjadi kunci utama handling dan memberikan kestabilan saat berkendara di berbagai kondisi jalan perkotaan. Sementara itu jarak sumbu roda compact berukuran 1340mm menghadirkan kelincahan saat berkendara.

Model premium ini juga dilengkapi dengan suspensi belakang dual damper swing arm dengan 5 langkah pre-load yang dapat disesuaikan dan suspensi depan 33mm telescopic fork mampu menghadirkan pengendalian optimal. ABS (Antilock Braking System) telah disematkan dengan diameter berukuran 240mm dengan 2 piston caliper untuk rem depan dan 1 piston caliper untuk rem belakang.

Terkait
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival
Join Dream.co.id