Fitur Ini Permudah Pengemudi Hindari Blind Spot

Automotive | Rabu, 31 Maret 2021 12:42
Fitur Ini Permudah Pengemudi Hindari Blind Spot

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Di titik buta alias blind spot, pengemudi tak bisa mengetahui apakah ada kendaraan lain di belakangnya atau tidak.

Dream – Saat mengemudi, ada suatu bagian sekeliling kita yang tidak terlihat, yaitu blind spot. Blind spot ini bisa saja membahayakan pengemudi karena tidak bisa melihat kendaraan lain di belakang mobil.

Dikutip dari laman Mitsubishi Motors, Rabu 31 Maret 2021, perusahaan ini menyematkan fitur blind spot warning-lane change assist di beberapa kendaraannya, seperti New Pajero Sport, Outlander PHEV, dan Eclipse Cross.

Blind spot warning-lane change assist memang pas ditempatkan di kendaraan-kendaraan yang berukuran besar. Dimensi mobil yang besar biasanya akan menyulitkan pengemudi untuk melihat area di sekeliling mobil, terutama bagi yang ingin pindah jalur di jalan tol.

Fitur blind spot warning-lane change assist ini membantu pengemudi dalam melihat titik buta. Fitur ini memberikan peringatan kepada pengendara bahwa ada objek yang tidak terlihat di kaca spion.

Teknologi itu memudahkan pengemudi untuk mengetahui apakah ada kendaraan lain di samping belakang sehingga akan membantu saat harus pindah lajur atau menyalip kendaraan di depan.

2 dari 5 halaman

Begini Cara Kerjanya

Objek ini terdeteksi sensor yang berada di bagian belakang mobil dan memberikan sinyal berupa kedipan lampu di kaca spion. Selanjutnya, apabila objek yang tidak terlihat atau blind spot bagian kanan maka logo khusus di kaca spion berwarna kuning akan menyala, begitu juga sebaliknya pada bagian kiri.

Fitur ini biasanya akan aktif selama mobil dinyalakan. Dengan begitu, baik kamu melaju di jalan tol atau jalan biasa akan tetap aman berkat adanya peringatan sebelum akan berpindah lajur.

Jika Anda menyalakan lampu sein, dan tanda peringatan blind spot warning-lane change assist ini menyala akan ada tambahan bunyi peringatan di mobil agar pengemudi tidak memaksa untuk berpindah lajur.

Tentunya fitur ini sangat berguna bagi pengemudi, karena tidak semuanya tahu ada objek yang tidak terlihat di sekeliling mobil. Biasanya juga kejadian seperti ini bisa membahayakan bagi keselamatan pengemudi dan penumpang.

3 dari 5 halaman

Bedah Fitur Pajero Sport Dakar (4x2) AT & Ultimate (4x2) AT, Mana Lebih Canggih?

 Bedah Fitur Pajero Sport Dakar (4x2) AT & Ultimate (4x2) AT, Mana Lebih Canggih?
© Dream
Serupa tapi tak sama, apa perbedaan dari kedua SUV andalan Mitsubishi ini?

Dream - New Pajero Sport resmi meluncur di Tanah Air pada Februari lalu. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menambahkan sejumlah fitur baru yang belum ada di model sebelumnya.

Dari enam varian yang ditawarkan, tipe Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT akan sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga untuk berkemudi di perkotaan. Serupa tapi tak sama, apa perbedaan dari kedua SUV andalan Mitsubishi ini?

Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT varian dibekali dengan mesin 2,4 liter 4N15 Mivec Turbocharged yang menghasilkan tenaga 181 ps pada 3.500 rpm dengan torsi puncak 430 Nm pada 2.500 rpm. Tenaga ini kemudian disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

 New Pajero Sport
© Dream

Salah satu fitur unggulan dari kedua varian adalah Cruise Control. Fitur ini membuat mobil dapat berakselerasi secara konstan tanpa perlu menginjak pedal gas. Sahabat Dream bisa mengatur kecepatan mobil hanya dengan menggunakan sebuah tombol.

Fitur tersebut bisa diandalkan ketika pengemudi ingin mengistirahatkan kaki sejenak. Namun perlu diperhatikan, pengemudi harus tetap berkonsentrasi dan menjaga kaki agar tidak berada jauh dari pedal rem.

 New Pajero Sport
© Dream

Pada varian Dakar Ultimate (4x2) AT, cruise control dirancang agar bisa bekerja secara adaptive. Mobil akan menyesuaikan kecepatan sesuai dengan posisi kendaraan lain di depan mobil. Hal ini menjadi poin plus dari segi keamanan dalam menjaga jarak.

 

 
4 dari 5 halaman

Fitur Pandai

Fitur lain yang juga diterapkan pada kedua varian Dakar adalah sistem LED yang semakin canggih. Mobil dilengkapi dengan headlamp, daytime running light, cornering lamp, fog lamp, hingga rear combination lamp.

Salah satu fitur yang hanya dimiliki oleh varian Dakar Ultimate (4x2) AT adalah Kick Sensor. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka pintu bagasi secara praktis dan cepat.

 New Pajero Sport
© Dream

Sahabat Dream hanya perlu menggoyangkan kaki di bawah bumper belakang. Pintu bagasi akan otomatis terbuka dengan sendirinya. Semakin praktis, fitur Close and lock function dapat menutup dan mengunci pintu bagasi hanya dengan menekan tombol.

 New Pajero Sport
© Dream

Tak hanya praktis, Pajero Sport hadir lebih pandai dengan Mitsubishi Remote Control. Pengguna seluruh varian Dakar dapat mengatur mobil lewat aplikasi di smartphone.

 New Pajero Sport
© Dream

Setelah menghubungkan mobil dengan gawai, pengguna dapat mengetahui informasi status mobil, mengatur pengingat jika lampu lupa dimatikan atau pintu dan kaca belum tertutup rapat. Aplikasi juga dapat digunakan untuk mematikan lampu hazard dan mengunci pintu, serta mencari lokasi mobil dengan menyalakan headlamp selama 30 detik.

5 dari 5 halaman

Fitur Keselamatan Mutakhir

Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT sudah mengadopsi fitur keselamatan berupa ABS+EBD, Brake Assist, 7-airbags, sabuk pengaman di setiap kursi, dua ISO-FIX Child Seat Anchor di baris kedua, Ultrasonic Misacceleration Mitigation System dan berbagai fitur lainnya.

Bedanya, Dakar (4x2) AT memiliki fitur Hill Descent Control dan Multi Around View Monitor. Sedangkan Dakar Ultimate (4x2) AT punya fitur Forward Collision Mitigation System, Blind Spot Warning, Lane Change Assist dan Rear Cross Traffic Alert.

 New Pajero Sport
© Dream

Sedangkan dari segi interior, ada sedikit perbedaan dari segi warna. Dakar Ultimate (4x2) AT punya sentuhan warna beige yang terlihat mewah pada lapisan jok serta outdoor trim.

Tampilan dashboard dibuat lebih premium serta penambahan layar LCD pada bagian atap untuk para penumpang di barisan belakang. Hadir sebagai dua varian andalan, Mitsubishi Pajero Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT punya selisih harga Rp49 juta.

Mitsubishi Pajero Dakar (4x2) AT dibanderol Rp575,7 juta. Sedangkan Dakar Ultimate (4x2) AT Rp624,7 juta. Harga keduanya merupakan on the road Jakarta.

Terkait
Join Dream.co.id