Essential Oil atau Parfum, Mana Pengharum Terbaik Buat Kabin Mobil?

Automotive | Rabu, 28 April 2021 16:11

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mobil bau apek dan kotor tentu membuat si pemilik malu ketika berkendara bersama teman atau kerabat. Pengharum ruangan adalah solusinya. Tapi lebih baik essential oil atau parfum ya?

Dream – Penggunaan parfum mobil acapkali menjadi alternatif untuk menghadirkan nuansa rileksasi yang menyenangkan. Namun dalam pengaplikasiannya tak semua parfum mobil itu baik dan menyehatkan untuk kabin mobil.

Apalagi parfum atau pewangi mobil biasanya terbuat dari bahan kimia. Ada kalanya efeknya juga berdampak kepada kulit lantaran sering terpapar zat kimia yang ada di dalam pewangii ruangan itu.

Kadang ada juga efeknya terhadap kulit lantaran sering terpapar zat kimia yang ada di dalam parfum atau pewangi tersebut.

Sambil mengisi waktu luang menyambut buka puasa, mungkin kamu bisa melakukan penggantian pewangi tersebut dengan menggunakan yang lebih alami. Sekarang ini, ada banyak essential oil yang bisa digunakan untuk menggantikan peran pewangi kabin mobil. Penggunaan ini juga dipercaya lebih ramah terhadap zat kimia yang berseliweran di dalam kabin.

Teknisi dari bengkel spesialis AC di Jakarta Barat, Sugeng tidak menyarankan pemilik mobil menggunakan pewangi atau pengharum ruangan berbahan kimia yang terlalu banyak.

“ Sebagai solusinya, saya menyarankan kepada mereka untuk menggunakan essential oil atau menggunakan wangi-wangian yang natural atau alami,” kata dia di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 28 April 2021.

Essential Oil atau Parfum, Mana Pengharum Terbaik Buat Kabin Mobil?
Essential Oil Dinilai Lebih Baik Digunakan Untuk Mengharumkan Kabin Mobil. (Foto: Shutterstock)
2 dari 2 halaman

Pemasangan Perlu Diperhatikan

Selain itu, dalam pemasangannya pun juga harus diperhatikan. Sugeng, menambahkan, sebisa mungkin jangan meletakkan pewangi atau parfum mobil di depan grill AC.

Ini akan membuat zat kimia yang dikeluarkan tersebut akan langsung dihembuskan lewat angin AC. Otomatis zak kimia itu langsung terhirup oleh pengemudi atau penumpang yang ada di dalam mobil.

“ Kalau bisa gunakan yang bisa di tempatkan di dashboard, jadi memang itu aromanya menyebar dengan sendirinya,” kata dia.

Untuk alternatif, beberapa pewangi natural yang bisa diaplikasikan dan disimpan di dalam mobil adalah biji kopi asli, daun pandan atau menggunakan bunga melati.

(Sumber: Liputan6.com/Fahmi Rizki)

Join Dream.co.id