Bocoran Truk Legendaris Mitsubishi Fuso 40 Tahun Mendatang

Automotive | Selasa, 23 Juli 2019 19:15
Bocoran Truk Legendaris Mitsubishi Fuso 40 Tahun Mendatang

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Distributor truk ini tak hanya focus pada product planning.

Dream – Fuso telah menjadi legenda truk di Indonesia. Angkutan berat dari Mistsubishi ini telah eksis sejak tahun 1970-an. Seiring perkembangan zaman, Fuso sudah menyiapkan kendaraan truk masa depan di Indonesia.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai Distributor Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) telah merancang rencana tentang masa depan Fuso dalam 40 tahun ke depan. 

“ Empat puluh tahun ke depan kami memperkuat eksistensi. Ada additional servis yang melengkapi teknologi di Fuso. Saat ini kita tidak hanya fokus di product planning, tapi juga aftersales,” kata President Director PT KTB, Atsushi Kurita, di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 23 Juli 2019.

Kurita menegaskan Fuso siap untuk menghadapi perubahan yang akan terjadi di Indonesia. Baik dari segi regulasi dan juga infratruktur yang berkembang dengan cepat.

" Di Jepang, sampai saat ini riset terus berjalan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia. Kita juga mempersiapkan produk yang sesuai dengan kebijakan pemerintah di Indonesia," kata dia.

Sales and Marketing PT KTB, Duljatomono, menambahkan jika proses pengembangan saat ini sudah berjalan di Jepang. 

“ Kami selalu diskusi. Kami juga mengembangkan di Indonesia agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pengembangan di Indonesia (dilakukan) agar customer friendly,” kata Duljatmono.

2 dari 5 halaman

Fuso Hiasi Panggung GIIAS 2019 dengan Enam Varian Baru Fighter

Di gelaran GIIAS, KTB menghadirkan enam varian Fighter. Untuk memperkuat segmen Medium Duty Truck (MDT), enam varian baru yang diluncurkan di antaranya FM 65FM (4x2), FM 65 FM Higear (4x2), FM 65FSL (4x2), FM 65 FSL Higear (4x2), FN 61 FL (6x2), FN 62FL HD (6x4). Keenamnya dinilai mampu memenuhi kebutuhan pasar akan kendaraan niaga.

Memiliki variasi chassis panjang, medium, hingga super panjang, kendaraan niaga ini dapat mengangkut muatan dengan G.V.W mulai dari 16 hingga 26 ton.

Dengan panjang chassis cab to end 6.6 meter hingga 9.8 meter, serta wheel base 5 meter hingga 7.1 meter memungkinkan konsumen membawa kapasitas lebih banyak dalam sekali angkut.

Selain itu, produk ini juga diklaim ramah lingkungan dan memiliki tingkat kenyamanan dengan ruang kabin lebih besar serta hadirnya air suspension seat untuk mengurangi kebisingan dan getaran.

“ Kami melihat hal ini sebagai kesempatan bagi Mitsubishi Fuso untuk mengambil peran nyata dengan menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar," kata President Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Atsushi Kurita.

Terkait harga, KTB membanderol enam varian baru Fighter mulai dari Rp575 juta sampai Rp830 juta hanya untuk chassis.

3 dari 5 halaman

Aplikasi Ini Bikin Sopir Truk Fuso Lebih Pintar

KTB menghadirkan sistem Runner di Mitsubishi Fuso. Sistem ini mempermudah pemilik bisnis untuk memantau unit truknya.

" Runner adalah management operasional agar lebih efisien, ada fitur tracking, fuel consumption control, nah ada konsumen yang besar sudah memberikan data ke kita. Setelah pakai itu, fuel consumption yang digunakan sopir lebih terkontrol, jadi ada efisiensi," kata Duljatmono.

Selain mempermudah pemilik usaha, dia mengaku sistem ini membuat sopir bisa mengevaluasi gaya berkendaranya.

" Sopir bisa melihat performance dia sendiri di situ, kemudian dia melihat total jarak serta rute berkendara. Karena ada fitur tracking," kata dia.

Sistem Runner membuat truk Fuso bisa dipantau meskipun diambil oleh pihak tak bertanggung jawab.

“ Karena ada GPS, posisi bisa terkontrol. Misalkan saja kendaraan diambil pihak tak bertanggung jawab dan ada laporan dari sopir bisa mempermudah deteksi,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Amal Abdurrachman)

4 dari 5 halaman

Dream - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di Ice BSD, Tangerang, Banten menjadi tempat pas bagi para produsen memperkenalkan produknya ke pasar Indonesia.

Salah satunya PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Indonesia yang baru saja meluncurkan produk terbarunya dengan varian " petarung" atau fighter.

 Mitsubishi Fuso Fighter

" Mitsubishi Fuso menyediakan enam varian baru Fighter, tidak hanya untuk menyesuaikan pertumbuhan infrastruktur, tetapi juga untuk pembangunan Indonesia di segala sektor," ujar President Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Atsushi Kurita, Kamis 18 Juli 2019.

Ia berujar, ke enam varian Fuso Fighter itu yakni FM 65FM (4x2), FM 65 FM Higear (4x2), FM 65FSL (4x2), FM 65 FSL Higear (4x2), FN 61 FL (6x2), FN 62FL HD (6x4).

5 dari 5 halaman

Menurutnya, ke enam varian tersebut memiliki panjang hingga super panjang dengan chassis cab to end 6.6m hingga 9.8m, serta wheel base 5m hingga 7.1m. Artinya, Fuso Fighter ini dapat mengangkut muatan lebih banyak.

 Mitsubishi Fuso Fighter

Untuk menunjang kenyamanan pengemudi, Fuso Fighter ini dilengkapi dengan ruang kabin lebih besar, kemudian memiliki desain aerodinamis, air suspensien seat yang berfungsi untuk mengurangi kebisingan dan getaran.

Lebih lanjut, kata Kurita, pada periode Januari-Juni 2019, Fuso mencatat penjualan sebesar 43.7 persen. Ia mengklaim, penjualan Mitshubishi Fuso tidak pernah terkalahkan oleh pesaingnya selama 49 tahun.

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa
Join Dream.co.id