Mobil Baru Bebas Pajak Diperpanjang, Daihatsu Yakin Bisa Jual 800 Ribu Unit

Automotive | Senin, 20 September 2021 06:12

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pemerintah memperpanjang diskon PPnBM 100 persen hingga Desember 2021.

Dream – Pabrikan mobil Daihatsu optimistis bisa menembus penjualan kendaraan roda empat di atas 800 ribu unit pada tahun itu. Keyakinan itu muncul setelah pemerintah kembali memperpanjang kebijakan diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) hingga 100 persen sampai akhir 2021. 

Target penjualan tersebut membuat Daihatsu yakin bisa memegang pangsa pasar dengan porsi double digit.

" Diprediksi 750-800 ribu untuk market Indonesia," kata Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, dalam konferensi pers " Daihatsu Terios Improvement" , Jumat 17 September 2021.

Untuk sisi pangsa pasar, Daihatsu berharap bisa tetap memegang porsi 17 persen dari penjualan otomotif di tanah air.

Hendrayadi mengatakan perpanjangan diskon PPnBM 100 persen kali ini berbeda dari sebelumnya. Dengan pengumuman regulasi diskon pajak mobil baru yang keluar pada September 2021, calon konsumen mendapat kepastian ketika memutuskan membeli mobil pada bulan ini.

“ Kami berharap mudah-mudahan penjualan lebih baik lagi dan banyak daripada Agustus kemarin,” kata dia.

Sekadar informasi, berdasarkan keterangan tertulis, penjualan mobil Daihatsu mencapai 89.601 unit untuk sektor ritel pada Januari-Agustus 2021. Angkanya naik 36,2 persen dari penjualan Januari-Agustus 2020.

Sementara itu, penjualan whole sales Daihatsu naik 69,9 persen secara year-on-year (yoy) menjadi 98.519 unit pada Januari-Agustus 2021.

Mobil Baru Bebas Pajak Diperpanjang, Daihatsu Yakin Bisa Jual 800 Ribu Unit
Daihatsu Berharap Penjualan Semakin Membaik Dengan Perpanjangan Diskon PPnBM 100 Persen. (foto: Astra Daihatsu Motor)
2 dari 7 halaman

Daihatsu Terios Dapat Penyegaran 3 Fitur Anyar, Berapa Harganya?

Dream – Daihatsu memberikan penyegaran baru dengan menambah fitur baru model Terios andalannya. Perusahaan otomotif ini menyematkan fitur eco idle di mobil SUV itu yang membuat harganya ikut terdongkrak.

Head, Test & Validation Division, Research & Development Directorate ADM, Yasuo Sahashi, mengatakan eco idle merupakan teknologi bisa mematikan kerja mesin secara otomatis saat kendaraan berhenti beberapa saat.

Teknologi yang sudah banyak disematkan pada sepeda motor ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar dari kendaraan yang digunakan. 

 

 Daihatsu Terios Dapat Penyegaran 3 Fitur Anyar, Berapa Harganya? © Dream

 

“ Lima sampai sepuluh persen irit bahan bakarnya,” kata Sahashi dalam konferensi pers “ Daihatsu Terios Improvement”, Jumat 17 September 2021.

Fitur Eco-Idle ini akan bekerja ketika kendaraan berhenti atau tanda speed menunjukan angka 0 saat transmisi di posisi D dan rem diinjak (brake on). Di tanjakan, fitur bisa bekerja dengan ketinggian maksimal 5 derajat.

“ Konsumen tidak akan khawatir mobil akan mundur,” kata Sahashi.

3 dari 7 halaman

Dua Fitur Tambahan

Selain Eco Idle, Daihatsu juga menyematkan fitur-fitur yang baru, yaitu vehicle stability control (VCS) dan hill start assist (HSA).

Fitur VSC ini bisa digunakan ketika mobil sedang selip di jalan. Fitur ini akan mengendalikan agar kendaraan tidak mengalami understeer atau oversteer.

“ Bisa bermanuver sangat terkendali,” kata Sahashi.

Kemudian, fitur HAS, pengemudi tidak perlu menggunakan parking brake. Pengemudi bisa melepas rem dan langsung gas sehingga kendaraan bisa melaju. Nantinya, lanjut Sahashi, fitur-fitur ini akan tersedia di Terios keluaran terbaru.

4 dari 7 halaman

Berapa Harganya?

Ada tiga varian Terios, yaitu varian R, Custom R, dan X serta tersedia dalam dua transmisi, yaitu manual dan otomatis. Karena diluncurkan sekarang, Terios mendapatkan diskon PPnBM 100 persen—ya model ini termasuk ke dalam daftar kendaraan yang mendapatkan insentif pajak dari pemerintah.

Berikut ini adalah rinciannya harganya setelah mendapatkan diskon PPnBM 100 persen.

1. Terios R Custom

MT: Rp246,4 juta
AT: Rp255,6 juta

2. Terios R

MT: Rp234,5 juta
AT: Rp243,7 juta

3. Terios X

MT: Rp205,1 juta
AT: Rp224,3 juta

5 dari 7 halaman

Terios Terios Turun Harga Rp17 Juta, Intip Fitur Kekinian Andalannya

Dream - Daihatsu Terios menjadi salah satu mobil yang menikmati menikmati relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM 0 persen.

Setelah mendapatkan relaksasi PPnBM mobil baru, harga Terios turun lumayan besar, mulai Rp14,45 juta hingga Rp17,2 juta.

Berikut adalah kisaran harga Daihatsu Terios setelah mendapat relaksasi PPnBM dari varian rendah sampai tertinggi.

Harga Daihatsu Terios per 1 Maret 2021

1. Daihatsu Terios X MT Rp 200.000.000

2. Daihatsu Terios X MT DLX Rp 210.000.000

3. Daihatsu Terios X AT DLX Rp 219.200.000

4. Daihatsu Terios R MT Rp 230.700.000

5. Daihatsu Terios R MT DLX Rp 240.700.000

6. Daihatsu Terios R AT Rp 239.900.000

7. Daihatsu Terios R AT DLX Rp 249.900

8. Daihatsu Terios R MT Custom Rp 242.600.000

9. Daihatsu Terios R AT Custom Rp 251.800.000

Lalu apa saja keunggulan Terios?

Sport Utility Vehicle (SUV) kompak yang sudah menemani Sahabat Petualang selama 15 tahun. Diproduksi langsung oleh pabrikan tanah air, PT Astra Daihatsu Motor, mobil ini memiliki berbagai fitur menarik dalam balutan desain yang modern.

Dengan ground clearance yang cukup tinggi, mobil ini sanggup diajak berpetualang ke berbagai medan. Selain tangguh, Terios dilengkapi dengan fitur- fitur keamanan dan keselamatan terkini, sehingga memberikan rasa aman dan tenang kepada pengendara dan penumpang dari SUV 7- seater ini.

Fitur keselamatan yang ada pada Daihatsu Terios terdiri dari ABS (Anti-Lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-Force Distribution) yang memaksimalkan performa pengereman, VSC (Vehicle Stability Control) yang membuat mobil melaju lebih stabil, ESS (Emergency Stop Signal) yang mengatur lampu hazard menyala otomatis ketika pengereman mendadak.

Kemudian Dual Airbag pada bangku depan, serta HSA (Hill Start Assist) yang menjaga mobil agar tidak mundur pada saat posisi stop and go di tanjakan.

Melengkapi fitur keamanan dan keselamatan, Daihatsu memperhatikan detail fitur kenyamanan untuk memanjakan konsumen ketika berkendara dengan Daihatsu.

 

6 dari 7 halaman

Salah satu fitur unggulan Daihatsu Terios adalah fitur keyfree dan push start/stop button yang memudahkan pengendara untuk keluar masuk kendaraan serta menyalakan/mematikan kendaraan.

Selain itu, Daihatsu Terios juga sudah dilengkapi dengan around view monitor yang sangat memudahkan pengendara untuk memarkirkan kendaraan.

Terios memiliki fungsi auto on headlamp yang berfungsi untuk menyalakan lampu secara otomatis saat memasuki area/kondisi gelap, jika posisi tuas lampu pada posisi “ auto”.

Bagi pengendara yang sering lupa mematikan lampu mobil setelah mesin dimatikan, Terios dengan Headlamp auto off, akan mematikan lampu utama mobil secara otomatis bersamaan saat pintu pengemudi dibuka.

7 dari 7 halaman

Ada juga fitur power window timer memungkinkan kaca jendela pada posisi pengemudi masih dapat dinaik-turunkan 40 detik setelah mesin dimatikan.

Perjalanan jauh tentunya akan lebih asyik dengan musik. Terios sudah dilengkapi 6 speaker dan 2 tweeter sehingga memberikan kualitas audio yang baik untuk seluruh penumpang dari baris depan, tengah, sampai belakang.

 

 © Dream

 

Pengisian baterai gadget juga menjadi lebih mudah bagi seluruh penumpang dengan power outlet di seluruh baris.

“ Sebagai Sahabat Petualang, All New Terios dapat menjawab kebutuhan akan sebuah kendaraan yang cocok untuk mobilitas harian dan berpetualang” ujar Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor.

Join Dream.co.id