Di Sini Kamu Bisa Buat SIM Gratis Plus Dapat Sepeda

Automotive | Senin, 29 Juni 2020 16:35
Di Sini Kamu Bisa Buat SIM Gratis Plus Dapat Sepeda

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Lumayan, nih, bisa dapat sepeda gratisan.

Dream – Sahabat Dream, belakangan ini sepeda menjadi tren di tengah pandemi corona. Karena ngetren, makanya tak heran harganya ikut naik.

Jika ingin beli sepeda, tapi tak punya uang, jangan khawatir. Kamu bisa berkesempatan memboyong sepeda cuma-cuma hanya dengan membuat SIM baru.

Dikutip dari Korlantas Polri, Senin 29 Juni 2020, Satlantas Polri Pandeglang membuat program gratis buat SIM atau perpanjangan pada 1 Juli 2020. Program ini bertujuan untuk memperingati HUT Bhayangkara.

Kasatlantas Polres Pandeglang, Iptu Riska Tri Arditia, mengatakan, tak hanya mendapatkan SIM gratis, para pemohon juga berhak mengikuti undian berhadiah. Ia menjelaskan, masih ada program spesial lagi khusus 1 Juli 2020 mendatang. Pemohon SIM berhak mengikuti undian berhadiah berupa sepeda.

“ Untuk pengundian doorprize khusus pemohon SIM baru,” kata Riska di Pandeglang.

Undian berhadiah itu sudah dimulai sejak Rabu 24 Juni hingga 1 Juli 2020. Sementara itu, promo SIM gratis tetap dijadwalkan pada 1 Juli 2020.

2 dari 8 halaman

Bagaimana Cara Dapatkan SIM Gratis?

Riska mengatakan ada syarat yang harus dilakukan pemohon agar bisa mendapatkan promo SIM gratis. Pemohon harus lahir pada 1 Juli. Kemudian, bawa KTP beserta salinannya, SIM asli jika ada, alat tulis, serta mengikuti tes kesehatan, teori, dan praktik bagi permohonan SIM baru.

Dia memastikan pelayanan SIM dan lainnya terus menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Protokol ini berupa pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak (physical distancing), dan anjuran mencuci tangan selama di Satlantas Polres Pandeglang.

3 dari 8 halaman

Pantang Nyerah, Nenek-Nenek Usia 62 Tahun Tetap Ikut Tes Praktik SIM C

Dream – Mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) gampang-gampang susah. Ada serangkaian tes yang harus dilalui oleh pemohon SIM, mulai ujian materi sampai tes psikologi di beberapa daerah.

Dikutip dari Otosia, Minggu 28 Juni 2020, mayoritas pemohon gagal saat ujian praktik. Alur ujian ini memang terlihat mudah. Tapi, tak sedikit pemohon yang pulang dengan tangan kosong karena tak lulus tes.

 

 Pantang Nyerah, Nenek-Nenek Usia 62 Tahun Tetap Ikut Tes Praktik SIM C© Dream

 

Makanya, ada banyak cara nakal yang dilakukan. Salah satunya menggunakan jasa calo agar bisa mendapatkan SIM dengan mudah.

Namun, cara ini tidak dilakukan seorang ibu berusia kepala enam yang satu ini.

4 dari 8 halaman

Usia 62 Tahun Ikut Ujian SIM

Dalam video yang diunggah pemilik akun Facebook Ahmad Marzuqi ke grup INFO KRIMINAL & LALU LINTAS (Nusantara), tampak seorang ibu-ibu yang melakukan ujian praktik SIM.

Disebutkan bahwa ibu-ibu asal Wiroguno, Kota Pasuruan itu sudah berusia 62 tahun. Namun usia tak menghalangi si Ibu untuk melakukan hal yang seharusnya.

 Ibu berusia 62 tahun mengikut tes praktik SIM C.© Otosia

" Jempol sepuluh untuk ibu asal wiroguno kopas ini, diusia 62 tahun mau ngurus SIM C lewat jalur resmi, meski gagal di uji praktek..." tulis akun tersebut dengan menambahkan emotikon jempol.

Dalam video itu si Ibu terlihat tengah melalui jalur berbentuk angka delapan. Si ibu pun tampak patah-patah mengendarai sepeda motor yang disediakan oleh Satpas.

5 dari 8 halaman

Bikin SIM Gratis Tanggal 1 Juli 2020, Cek Syaratnya di Sini

Dream – Setiap 1 Juli, Polri merayakan Hari Ulang Tahun Bhayangkara. Untuk tahun ini, HUT yang ke-74, instansi pemerintah itu memberikan layanan gratis pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Dikutip dari NTMC Polri, Rabu 17 Juni 2020, pemberlakuan program SIM gratis ini bergantung kepada masing-masing daerah. Namanya pembuatan SIM gratis, tentu saja biaya pembuatannya tidak dipungut biaya.

 

 Bikin SIM Gratis Tanggal 1 Juli 2020, Cek Syaratnya di Sini© Dream

 

Namun, biaya uji kesehatan tetap berlaku normal.

Layanan ini pembuatan SIM gratis juga dikhususkan bagi warga yang kurang mampu, sopir angkutan, dan tukang ojek.

6 dari 8 halaman

Cek Syaratnya

Beberapa Polres mengkonfirmasi bakal membuka layanan SIM gratis pada 1 Juli 2020. Namun sejumlah persyaratan akan diberlakukan untuk mendapat SIM gratis ini. Seperti di daerah Jawa Timur, Ditlantas Polda Jawa Timur, menetapkan syarat pembuatan SIM gratis bagi warga yang memiliki tanggal lahir 1 Juli.

Lalu, Satlantas Polres Kepulauan Sangihe juga menetapkan syarat sama, yakni pembuatan SIM gratis untuk warga yang berulang tahun 1 Juli.

Syarat serupa juga berlaku di Polres Pelabuhan Makassar, Polrestabes Bandung dan Polres Pangkal Pinang.

7 dari 8 halaman

Lalu, Bagaimana dengan Jakarta?

Kasie SIM Subdit Regident Ditalntas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin, mengatakan tak ada pembuatan SIM gratis pada 1 Juli 2020.

“ Untuk Jakarta tidak ada pembuatan SIM gratis. Bahkan bagi yang lahir tanggal 1 Juli, sampai saat ini belum ada kebijakan tersebut,” kata Kompol Hedwin melalui pesan singkatnya.

Sebelumnya, dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-74 Bhayangkara, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan mengadakan program pembuatan SIM gratis. Namun, kebijakan pemberian layanan SIM gratis tersebut diserahkan kepada wilayah daerah masing-masing.

8 dari 8 halaman

Berapa Biayanya?

Seperti yang diketahui, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas PBNP, ada rincian biaya pembuatan SIM.

SIM A: Rp120 ribu
SIM C: Rp100 ribu
SIM D: Rp50 ribu

Dalam program pembuatan SIM gratis, pembuat SIM tidak akan dipungut biaya pembuatan SIM yang masuk dalam kategori penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Terkait
Join Dream.co.id