Semua Anak Muda di Negara Ini Tak Bisa Menyetir di Malam Hari

Automotive | Sabtu, 20 Juli 2019 11:00
Semua Anak Muda di Negara Ini Tak Bisa Menyetir di Malam Hari

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Kebijakan itu bertujuan untuk menekan angka kecelakaan.

Dream – Setiap negara memberlakukan aturan yang unik untuk mengemudi. Salah satunya di Inggris.

Belakangan ini, Inggris, Skotlandia, dan Wales akan melarang pengemudi baru, terutama anak muda, untuk berkendara pada malam hari. Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan.

Wacana ini dilempar oleh pemerintah Inggris karena ada lima pengendara terlibat kecelakaan dalam setahun. Kecelakaan ini terjadi setelah mereka lulus tes mengemudi dan mendapatkan SIM, dikutip dari Mirror, Minggu 21 Juli 2019. 

Departemen Transportasi Inggris akan melarang pengemudi baru ini berkendara pada malam hari selama beberapa waktu. Kebijakan ini juga akan melarang orang-orang yang di bawah umur dan masih sekolah mengemudi, untuk berkendara.

Sayangnya tak dijelaskan lebih rinci tentang kebijakan tersebut.

Menteri Transportasi Darat, Michael Ellis, mengatakan mendapatkan SIM menyenangkan dan menakutkan bagi kaum muda. Lisensi pengemudi yang lulus bisa membantu pengemudi baru untuk tetap aman dan mengurangi jumlah orang yang tewas atau terluka di jalan.

Skema ini sudah beroperasi di beberapa bagian dunia, termasuk New York dan California, Amerika Serikat.

2 dari 6 halaman

Tuai Kontroversi

Wacara ini menuai kontroversi. Perusahaan asuransi menyebut larangan ini tidak efektif dan membuat ketidakadilan bagi pengemudi muda.

“ Memberlakukan tindakan hukum pada pengemudi bisa berdampak tidak adil pada kehidupan mereka, seperti menghambat potensi penghasilan mereka kalau bekerja shift malam,” kata Manajer Keselamatan Jalan Insurethebox, Simon Rewell.

Lagipula, kata Rewell, pengendara muda perlu meninggalkan rumah untuk kuliah, sekolah, atau bekerja.

Dia juga meminta pemerintah untuk mencari solusi agar pengemudi muda bisa aman berkendara. Misalnya, dengan memperpanjang periode belajar sesuai dengan umur pengendara dan membatasi jumlah penumpang di dalam mobil. 

3 dari 6 halaman

Survei: Materi Kursus Mengemudi Sudah Ketinggalan Zaman

Dream – Seberapa banyak kamu ingat materi kelas mengemudi? Jika jawabannya tidak banyak, artinya kamu tak sendirian.

Dikutip dari Carscoops, Senin 8 Juli 2019, studi yang diadakan Volvo dengan Harris Poll menyebutkan, sebagian besar orang Amerika berpandangan sekolah mengemudi suram.

Dikatakan ada 2 ribu orang memiliki SIM yang menanggapi survei. Ada 52 persen responden mengatakan pendidikan pengemudi sudah ketinggalan zaman dan 60 persen menilai tes mengemudi dirancang untuk lulus.

Ada 28 responden yang mengatakan menghabiskan waktu kurang dari 20 jam di belakang kemudi sebelum mengambil tes mengemudi.

Sementara, di negara-negara lain, kata Volvo, rata-rata pengemudi memerlukan waktu 46 jam di balik setir dan ada juga yang mengambil waktu di bawah 40 jam sebelum tes menyetir.

Tak terlalu mengejutkan bahwa kebanyakan orang tidak belajar tentang praktik berkendara yang aman dari sekolah mengemudi.

Ada 51 persen responden mengatakan orangtua dan wali mereka mengajarkan cara berkendara mobil dengan aman.

4 dari 6 halaman

5 Gaya Mengemudi Pengendara Mobil di Jalanan, Kamu yang Mana?

Dream – Kebutuhan mobil di Indonesia terus meningkat seiring bertambahnya masyarakat kelas menengah baru. Selain lebih aman dan nyaman dibandingkan naik sepeda motor, harga mobil kini juga semakin terjangkau.

Pembelian mobil yang meningkat sudah pasti akan menambah jumlah mobil di jalan. Tentu saja kondisi jalan akan semakin ramai.

 Mengemudikan Kendaraan Saat Mudik, Baca Doa Ini

Munculnya pemilik mobil baru tentu membuat tipe pengemudi semakin beragam. Kini kita juga sering melihat banyak perempuan yang berani mengemudikan mobil.

Setiap pengemudi tentu puya style sendiri saat berkendara. Nah, tipe-tipe pengemudi apa saja yang sering ditemui di jalan?

Berikut ini rinciannya, dikutip dari Top 1 Indonesia, Senin 28 Januari 2019.

5 dari 6 halaman

Kalem, Pemarah, Pembalap

Tipe Kalem

Tipe pengemudi ini biasanya pribadi yang sangat santai dan selalu mematuhi aturan lalu lintas dengan benar. Jarang memutar musik lebih sering mendengarkan radio.

Pengemudi ini selalu memakai sabuk pengaman, jarang berbicara, dan selalu fokus. Pengemudi ini juga selalu tahu dan punya insting yang bagus terhadap seluruh jalan tikus.

 Saudi Denda Pengemudi yang Selfie

Tipe Pemarah

Pengemudi ini cenderung marah-marah di jalan. Dia selalu menganggap semua mobil itu menghalangi jalannya dan selalu merasa paling benar.

Biasanya orang-orang ini selalu cenderung emosi saat berkendara terutama ketika jalanan sedang macet. Tipe ini juga sering dilakukan adalah berteriak bahkan kadang merendahkan pengemudi lain.

Tipe Pembalap

Kamu akan sering menemukan pengemudi bertipe ini ketika kamu sedang di jalan tol. Mereka biasanya selalu berusaha menjadi yang terdepan dengan selalu tancap gas paling pol.

Tipe ini selalu ingin buru-buru dan dianggap keren sama pengemudi lain. Yang paling parah, tipe ini suka menutup celah jalur demi mencegah pengemudi lain tidak menyusulnya.

6 dari 6 halaman

Bijaksana dan Anak Kekinian

Tipe Bijaksana

Tipe ini hampir sama dengan tipe kalem. Akan tetapi, dia ini lebih ke orang yang selalu menghindar dan selalu dibalap dengan pengemudi lain.

Misalnya, ada pengemudi yang sengaja bikin dia marah, tapi dia selalu santai aja karena merasa bahwa itu membuang waktu aja. Jadi, daripada kena masalah, lebih baik tipe ini menghindarinya.

 Keluarga di Saudi Bakal Rekrut Besar-besaran Sopir Wanita

Tipe Anak Kekinian

Nah kalau tipe ini biasanya diisi oleh para milenial yang baru bisa belajar naik mobil. Mereka ini suka sangat sibuk di dalam mobil.

Tipe anak kekinian sering mendengarkan musik, memeriksa media sosial ketika macet, dan sering menelepon temannya (bahkan video call). Tipe iti selalu ingin mengalihkan perhatiannya sehingga selalu merasa nyaman dan enjoy. 

Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting
Join Dream.co.id