Desain Vespa Ditiru Skuter Tiongkok, Piaggio Meradang

Automotive | Jumat, 29 Mei 2020 17:43
Desain Vespa Ditiru Skuter Tiongkok, Piaggio Meradang

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Perusahaan otomotif asal Italia ini langsung membawa kasus itu ke ranah hukum.

Dream – Di dunia otomotif, Vespa terkenal dengan desain skuter yang ikonik. Sayangnya, ada saja pihak-pihak yang mencontek desain Vespa, misalnya produsen otomotif asal Tiongkok.

Sekadar informasi, ada merek skuter asal Tiongkok yang menggunakan desain mirip Vespa, yaitu Motolux dan Dayi Motor.

Dikutip dari keterangan tertulis Piaggio, Jumat 29 Mei 2020, inilah yang membuat Piaggio Group meradang.

Desain skuter yang didaftarkan pihak Tiongkok ini serupa dengan Vespa. Perusahaan otomotif asal Italia ini membawa kasus tersebut ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (European Union Intellectual Property Office/EUIPO).

Desain skuter mirip Vespa itu sebelumnya pernah dipamerkan saat EICMA 2019 di Milan, yang kemudian diturunkan oleh pihak berwenang pusat pameran Fiera setelah keluhan diadukan oleh Piaggio.

Kasus ini dimenangkan oleh Piaggio. Divisi ketidakabsahan EUIPO menganulir pendaftaran desain tersebut karena desain skuter Tiongkok itu mirip dengan Vespa. Lagipula, pendaftaran desain itu sudah melanggar hukum dalam mereproduksi elemen estetika dari skuter Vespa yang telah terdaftar.

Vespa Primavera dilindungi oleh desain yang didaftarkan oleh Piaggio Group pada 2013. Selain desain, merek dagang dan hak ciptanya juga sudah terlindungi secara hukum.

Pemeriksaan perkara pembatalan keabsahan ini merupakan bagian dari kegiatan anti-pemalsuan yang terus dilakukan Piaggio Group selama bertahun-tahun, termasuk pemantauan terus menerus terhadap basis data dari desain dan merek dagang yang terdaftar secara internasional.

Usaha ini telah membuahkan perlawanan perkara yang diinisiasi oleh Piaggio dan berujung ke pengguguran lebih dari 50 merek dagang yang didaftarkan oleh pihak ketiga dalam kurun dua tahun terakhir. 

2 dari 6 halaman

Cuma Rp3 Jutaan Bisa Miliki Vespa GTS Super Tech 300, Ini Caranya

Dream – Vespa GTS Super Tech 300 baru saja dirilis. Berkat performa tinggi, kecanggihan fitur dan penampilannya tampil elegan, kendaraan ini bias menghipnotis penggemar Vespa.

Tapi penggemar motor asal Italia ini harus siap dengan kocek tebal untuk memboyong andalan baru Vespa ini. Harga Vespa GTS Super Tech 300  dipatok setara mobil murah, yaitu Rp152,9 juta.

Tentu kamu tak harus menyediakan uang ratusan juta tersebut jika kantong sedang cekak. Kamu bisa memiliki Vespa GTS Super Tech 300 lewat skema cicilan yang banyak ditawarkan perusahaan leasing.

Dikutip dari OTO.com, Rabu 25 September 2019, Piaggio Indonesia dan Adira Finance menyediakan dua cicilan bagi mereka yang ingin memboyong Vespa GTS Super Tech 300. Beragam promo menarik disiapkan mulai dari biaya uang muka murah, angsuran Rp3 jutaan per bulan, sampai bebas biaya administrasi dan asuransi.

 

 Cuma Rp3 Jutaan Bisa Miliki Vespa GTS Super Tech 300, Ini Caranya© Dream

 

Untuk program low down payment, kamu bisa menggunakan fasilitas membeli Vespa GTS Super Tech 300 dengan membayar uang muka Rp24,25 juta. Nilai tersebut sudah termasuk biaya asuransi dan administasi, bergantung kepada tenor.

Jika kamu mengambil cicilan selama 47 bulan, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp11,33 juta.

Namun ini yang menarik. Dengan uang muka tersebut, kamu hanya cukup mencicil setiap bulannya sebesar Rp3,68 juta. Angkanya sangat menarik bagi kamu yang tak tahan ingin segera memiliki Vespa GTS Super Tech 300 dan punya dana segar untuk meminangnya.

Tapi perlu diingat juga ya. dengan cicilan tersebut dan masa tenor yang dipilih, total yang dibayarkan untuk membawa Vespa GTS Super Tech 300 hingga lunas menyentuh Rp 200 jutaan. Tentunya hal ini perlu jadi bahan pertimbangan. Kalau tak masalah dengan itu, langsung saja datangi dilernya.

Mau lebih cepat melunasi cicilan Vespa GTS Super Tech 300. Kamu bisa mengikuti masa angsur tercepat 17 bulan. Dengan jumlah uang muka sama, beban asuransi dan administrasi jauh lebih murah, Rp 6,175 juta.

Namun semakin cepat masa pelunasan, cicilannya tentu lebih besar. Setiap bulan kamu harus membayar Rp 7,974 juta. Selain itu, ada pula tenor 23, 29, 35, dan 41 bulan.

Untuk catatan lagi, asuransinya TLO (Total Lost Only), alias berhak mendapat penggantian jika motor hilang saja. Tak berlaku bagi klaim kerusakan.

3 dari 6 halaman

Dua Tahun Bebas Bunga

Yang kedua, ada Two Years Interest Free. Artinya, tak ada beban administrasi dan asuransi lagi. Namun, hanya berlaku pada masa angsur 11 kali. Dengan uang muka Rp 24,5 juta, cicilannya sebesar Rp11,67 juta per bulan.

Lantas apa maksud dua tahun bebas biaya bagi tenor lainnya? Untuk tenor 23 bulan, DP yang seharusnya senilai Rp39, 5 juta menjadi Rp46,91 juta. Cicilannya sebesar Rp4,93 juta

Kalau angsurannya 17 bulan, uang muka sebesar Rp46,9 juta. Angsurannya sebesar Rp7,11 juta.

4 dari 6 halaman

Vespa Super Tech 300 Meluncur, Cek Harganya

Dream – PT Piaggio Indonesia secara resmi meluncurkan produk teranyarnya yakni Vespa GTS Super Tech 300. Produk teranyar asal Italia ini menawarkan berbagai teknologi canggih untuk para penggunanya.

" Kami ingin para pecinta Vespa dapat merasakan kenikmatan lebih baik dalam berkendara," ujar President Director of PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, di Jakarta, Jumat 20 September 2019.

Vespa GTS Super Tech 300 ini masuk dalam seri big body family. Varian terbaru ini memberikan shiled horn cover berwarna kuning sebagai pembedanya. untuk menopang bodinya yang besar, Vespa GTS Super Tech 300 ini menggunakan pelek 12 inci.

 Vespa Super Tech 300 Meluncur, Cek Harganya© Dream

Selain itu, Vespa GTS Super Tech 300 ini dilengkapi mesin 300 high performance engine (HPE) baru, dengan lebih dari 23 HP (tenaga kuda). Dengan kapasitas itu, Vespa ini memiliki mesin 300 cc 4 tak, 4 katup silinder tunggal, licuid cooled, injeksi elektronik.

Dari sisi lampu, Vespa GTS Super Tech 300 ini menggunakan LED berbentuk bulat dan juga memiliki LED DRL (daytime running light).

5 dari 6 halaman

Bisa Connect ke Smartphone

Selain dari mesin dan juga desain, ada hal menarik pada Vespa GTS Super Tech 300, yakni memiliki digital yang bisa dikoneksikan dengan smartphone.

 Bisa terhubung ke smartphone.© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian

Teknologi ini memungkinkan penggunanya melakukan perintah menggunakan suara seperti untuk menelepon, menerima panggilan, mengatur notifikasi pesan masuk serta mengatur GPS.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, Sahabat Dream cukup mengunduh aplikasi Vespa dan langsung bisa terhubung menggunakan bluetooth.

6 dari 6 halaman

Berapa Harganya?

Dengan berbagai keunggulannya, Vespa GTS Super Tech 300 dijual di Jakarta seharga Rp152, juta. Warna yang bisa dipilih ada hitam dan abu-abu.

 Harganya bisa ratusan juta rupiah.© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian

" Sudah bisa dipesan mulai minggu depan. Ini tidak unlimited," kata dia. (ism)

Join Dream.co.id