Body Toyota Corolla Dibaluri Kotoran Sapi Biar Dingin, Hasilnya Mengejutkan

Automotive | Minggu, 26 Mei 2019 17:01
Body Toyota Corolla Dibaluri Kotoran Sapi Biar Dingin, Hasilnya Mengejutkan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dia yakin kotoran sapi bisa membuat mobil tetap dingin di tengah ushu yang mencapai 45 derajat.

Dream – Foto sebuah Toyota Corolla yang satu ini menjadi viral di jejaring sosial. Corolla yang satu ini bukan sembarang mobil.

Sedan yang ngehits di medsos ini tampil dengan baluran kotoran sapi.

Dikutip dari Rushlane, Minggu 26 Mei 2019, foto ini diunggah oleh pengguna Facebook bernama Rupes Das. Dia menyebut temperatur di Ahmedabad, India, mencapai 45 derajat celcius. Dikatakan juga bahwa mobil berbalut kotoran sapi itu milik Sejal Shah.

Penggunaan kotoran sapi di badan mobil ini dipercaya bisa mengurangi panas di kabin mobil. Tak pelak, hal itu menjadi perdebatan sengit di medsos. Dikatakan bahwa cara tersebut absurd.

Padahal, ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kesejukan kabin. Misalnya AC mobil.

2 dari 3 halaman

Dibuktikan

Untuk membuktikannya kebenaran mitos masyarakat di Indonesia itu dilakukan pengukuran suhu. Panas yang terperangkap dalam mobil disebabkan oleh efek rumah kaca.

Pengukuran suhu dilakukan pada suhu luar, permukaan lantai parkir, suhu bodi mobil, suhu pintu mobil, suhu dasbor, tepat di bawah kaca depan mobil, sampai suhu sekitar jok mobil.

Hasilnya suhu di bawah kaca depan mobil paling tinggi. Sekitar 95 derajat celcius, hampir sama dengan suhu air mendidih.

Dari pengukuran suhu itu terlihat bahwa kaca membuat cahaya matahari bisa masuk sepenuhnya dan memerangkapnya.

3 dari 3 halaman

Kotoran Sapi Malah Rusak Cat Mobil

Dengan membalurkan kotoran sapi di sisi eksterior selain kaca, takkan membuat suhu kabin mobil tetap dingin. Sebab, hampir semua pemanasan disebabkan oleh cahaya yang masuk melalui kaca dan komponen inframerah yang terperangkap dalam kaca.

Kotoran sapi justru sebenarnya akan merusak cat mobil. Kandungannya tak jauh berbeda dengan kotoran burung. Jika kotoran burung menempel pada bodi mobil dan dibiarkan berhari-hari maka cat mobil bisa berubah secara permanen.

Selain itu, tekstur kotoran sapi yang kasar seperti permukaan amplas bisa membuat bodi mobil tergores.(Sah)

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id