Daihatsu Maksimalkan Penjualan Lewat Layanan Online Saat PPKM Darurat

Automotive | Jumat, 16 Juli 2021 08:35

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Layanan bengkel Daihatsu juga ditutup sementara untuk pelanggan kendaraan pribadi. Sementara pelanggan dari sektor kritikal dilayani namun dengan kepasitas terbatas.

Dream – Keputusan Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat selama 3-20 Juli 2021 disambut pabrikan otomotif dengan mengurangi sementara operasional bengkel resmi. Layanan hanya diberikan untuk perawatan kendaraan di yang menunjang usaha sektor kritikal.

Penutupan sementara bengkel resmi untuk kendaraan pribadi salah satunya dilakukan oleh pabrikan Daihatsu. Langkah itu sebagai bentuk dukungan perusahaa terhadap program pemerintah serta mengutamakan kesehatan dan keselamatan karyawan.

“ Daihatsu dan seluruh pihak terus mendukung program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19,” kata Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, dalam konferensi pers virtual, Kamis 15 Juli 2021.

Di area yang terdampak PPKM Darurat, Hendrayadi menyebut semua showroom Daihatsu di Jawa-Bali tutup sementara. Begitu pula dengan tambahan 15 kota/kabupaten lainnya. 

Daihatsu sudah menerapkan 100 persen work from home (WFH) pada karyawan dan tetap berkomitmen melayani pelanggan dengan maksimal dari rumah.

“ Kami mohon dukungan dan pengertiannya dari pelanggan atas kebijakan pembatasan beberapa layanan sementara ini,” kata dia.

Daihatsu Maksimalkan Penjualan Lewat Layanan Online Saat PPKM Darurat
Daihatsu Menutup Dilernya Selama PPKM Darurat. (Foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Bisa Hubungi Saluran Online

Hendrayadi menambahkan layanan bengkel Daihatsu tetap beroperasi khususnya untuk merawat kendaraan yang bergerak di sektor kritikal seperti transportasi, logistik, distribusi barang dan jasa serta layanan kesehatan.

Namun, lanjutnya, bengkel hanya beroperasi 10 persen dari kapasitas. Perusahaan berharap pelanggan untuk memesan terlebih dahulu layanan perawatan berkala sebelum menuju ke lokasi bengkel ini.

Sementara untuk penjualan kendaraan, Daihatsu menyediakan layanan Daihatsu Access di nomor 1-500-898 mobile apss DaihatsuKu, situs resmi Astra Daihatsu Motors, serta layanan virtual assistant Chatbot Daisy. Pelanggan juga bisa menghubungi outlet atau bengkel Daihatsu terdekat.

“ Memang nggak bisa ketemu langsung, tapi yang di Jawa Bali bisa melalui online,” kata dia.

3 dari 4 halaman

Deretan Mobil Daihatsu Terlaris di Separuh Tahun 2021

Dream – Keputusan pemerintah memperpanjang relaksasi diskon pajak (PPnBM) 100 persen hingga Agustus 2021 menjadi berkah bagi para pabrikan mobil. Setidaknya hal ini dirasakan Daihatsu yang melaporkan kenaikan penjualan ritel sepanjang paruh pertama 2021.

 

 Deretan Mobil Daihatsu Terlaris di Separuh Tahun 2021
© Dream

 

Dikutip dari keterangan tertulis Daihatsu, Rabu 14 Juli 2021, penjulan ritel Daihatsu naik 25,5 persen dari 53 ribu unit selama Januari-Juni 2020 menjadi 67 ribu unit selama semester I-2021. Capaian kontribusi pangsa pasar Daihatsu sebesar 17,3 persen.

“ Di tengah situasi pandemi ini, Daihatsu tetap berkomitmen melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya,” kata Marketing Director & Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 14 Juli 2021.

4 dari 4 halaman

Secara total hingga Juni 2021, penjualan ritel Daihatsu didukung oleh tiga top kontributor utama, seperti Gran Max PU sebanyak 18.617 unit dengan kontribusi 27,7 persen, Sigra 16.542 unit (24,6 persen) dan Terios 9.800 unit (14,6 persen).

Sedangkan pada whole sales, penjualan Daihatsu juga didominasi oleh tiga model utama yaitu Gran Max PU sebanyak 20.317 unit, yang berkontribusi sebesar 27,2 persen, Sigra 17.455 unit (23,3 persen); dan Ayla yang mencapai 10.001 unit (13,4 persen).

Daihatsu juga membukukan penjualan retail Rocky sebanyak 838 unit dan 4.642 unit untuk whole sale.

Join Dream.co.id