Daihatsu Ayla Dipermak, Harga Mulai Rp101 juta

Automotive | Kamis, 19 Maret 2020 15:17
Daihatsu Ayla Dipermak, Harga Mulai Rp101 juta

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Gimana penampilannya, yay or nay?

Dream – Menyusul sang kembaran, Toyota Agya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis New Ayla. Produsen otomotif ini memoles Ayla dengan tampilan lebih sporty dan modern. Dengan desain ini, ADM membidik generasi milenial.

“ Ayla tampil seru dengan desain sporty dan keren,” kata Chief Executive PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Supranoto, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 19 Maret 2020.

Dia mengatakan Ayla facelift ini mengadopsi grille dan bumper depan Ayla Turbo. Ditambah lagi dengan kaca spion, rear combination lamp, dan alloy wheel 14 inchi membuatnya lebih dinamis.

 New Ayla© Dokumentasi ADM

Di sisi interior warna hitam mendominasi untuk memberikan kesan sporty. Di bagian center cluster, kenop AC juga diubah menjadi digital, sehingga tampil lebih kekinian dan memudahkan pengguna dalam mengatur suhu kabin dalam mobil. Ada juga fitur 2-Din touchscreen audio, electric retractable mirror, backsonar & parking camera (1.2R) yang memberikan kenyamanan lebih untuk pengguna Ayla.

 New Ayla© Dokumentasi ADM

Untuk varian 1.2R A/T, fitur keamanan juga dilengkapi dengan ABS (Anti-Lock Braking System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), untuk memberikan performa keamanan yang maksimal. New Ayla tersedia dalam 7 pilihan warna, dengan 2 pilihan warna terbaru, yaitu Yellow Metallic dan Glittering Silver Metallic.

2 dari 6 halaman

Rincian Harga

Bagaimana dengan harga? Mobil ini dijual dari harga Rp101,65 juta sampai Rp159,4 juta. Berikut ini adalah rincian harganya.

 New Ayla© Dokumentasi ADM

Varian 1.0 D M/T: Rp101,65 juta
Varian 1.0 D+ M/T: Rp113,85 juta

Varian 1.0 X M/T: Rp124,65 juta
Varian 1.0 X A/T: Rp133,7 juta

Varian 1.0 X Deluxe M/T: Rp132 juta
Varian 1.0 X Deluxe A/T: Rp141,05 juta

Varian 1.2 X M/T: Rp135,95 juta
Varian 1.2 X A/T: Rp145,95 juta

Varian 1.2 R M/T: Rp142,9 juta
Varian 1.2 R A/T: Rp155,4 juta

Varian 1.2 R Deluxe M/T: Rp146,9 juta
Varian 1.2 R Deluxe A/T: Rp159,4 juta

3 dari 6 halaman

Penjualan Daihatsu Tetap Positif Meski Dibayangi Corona, Ini Mobil Paling Laris

Dream - Daihatsu mencetak penjualan positif pada Februari 2020, baik sisi ritel maupun wholesales.

Penjualan ritel Daihatsu mencapai 28.240 unit, angkanya naik dari Januari 2020 yang sebanyak 14.582 unit.

Penjualan wholesales juga meningkat dari 14.173 unit pada Januari 2020 menjadi 29.951 unit pada Februari 2020. 

Dengan penjualan ini, Daihatsu memegang pangsa pasar 17,8 persen untuk penjualan ritel dan 18,7 persen untuk wholesale

 

 Penjualan Daihatsu Tetap Positif Meski Dibayangi Corona, Ini Mobil Paling Laris© Dream



Capaian Daihatsu di tengah merebaknya virus corona membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) optimistis menghadapi tahun ini. 

“ Melihat pencapaian penjualan retail Daihatsu dua bulanan yang cukup baik, kami optimis dengan kondisi yang lebih baik ke depannya, dengan tetap mewaspadai perkembangan kondisi ekonomi, dan merebaknya wabah Covid-19 yang terjadi secara global, termasuk Indonesia,” kata Marketing Director ADM, Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 13 Maret 2020.

4 dari 6 halaman

Sigra Masih Jadi `Raja`

Amelia mengatakan, penjualan ritel Daihatsu periode Januari-Februari 2020 didominasi oleh Sigra. Penjualannya mencapai 8.312 unit. Kemudian, penjualannya diikuti oleh Gran Max 5.761 unit dan Terios 4.346 unit. 

Xenia membukukan penjualan sebanyak 3.404 unit, Ayla 3.302 unit, dan Gran Max MB 2.364 unit. Luxio dan Sirion laku 751 unit. 

“ Komitmen Daihatsu untuk selalu memperkuat jaringan penjualan dan purna jual agar pelanggan mudah untuk memiliki dan merawat mobil Daihatsu merupakan salah satu faktor penentu pencapaian ini,” kata Amelia.

5 dari 6 halaman

Si Kembar Toyota Agya & Daihatsu Ayla Meluncur Pekan Depan

Dream - Setelah fotonya beredar di dunia maya, PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan New Toyota Agya akan mulai diperlihatkan ke publik pekan depan, tepatnya Kamis 19 Maret 2020. 

Di hari yang sama, kembaran Agya, New Daihatsu Ayla juga akan diperkenalkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis 12 Maret 2020, peluncuran kedua mobil ini dilakukan di dua tempat yang berbeda. Agya dirilis di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, sedangkan Ayla di Bekasi, Jawa Barat.

Sebelumnya, beredar spyshot Agya yang mendapatkan ubahan, baik dari tampilan maupun fitur.

 

 Si Kembar Toyota Agya & Daihatsu Ayla Meluncur Pekan Depan© Dream

 

Seperti yang diunggah di akun @indra_fathan, wujud mobil ini terlihat sporty. Terutama pada opsi TRD, mengingat gambar yang dihadirkan adalah varian itu. Wajahnya bergaya lebih tegas dengan bingkai grille menonjol. Kisi-kisi tak lagi berupa garis horizontal, melainkan honeycomb dengan palang kelir senada yang tebal untuk penempatan pelat nomor.

`Senyuman` khas karakter Joker yang menghiasi bumper, justru dihilangkan. Sekarang rumah foglamp tak lagi menyatu dengan grille. Area itu mengotak, mirip dengan gaya mobil kekinian. Front lip juga lebih kentara karena punya aksen yang kontras, membuat mobil terkesan lebih ceper. 

Ubahan lainnya adalah pelek, mempunyai model palang lebih kurus. Ini akibat pengaplikasian two-tone. Spionnya lebih lancip, dengan lampu sein LED yang tertanam agak ke bawah. Sementara buritan diberi aksen putih pada stoplamp. Spoiler juga tak lagi senada dengan corak bodi, sehingga menguatkan aura sporty.

Untuk fiturnya sendiri ada peningkatan. Menurut salah satu tenaga penjual Toyota, sistem pengatur suhu kabin turut diganti. Sebelumnya, Toyota Agya dilengkapi model kenop konvensional dengan indikator garis dan angka untuk level putaran kipas.

6 dari 6 halaman

Keyless

Sementara Agya Model 2020 sudah mengaplikasikan tombol dan layar digital. Membuat suasana interiornya lebih mewah dan tidak lagi ketinggalan zaman. Kemudian ukuran head unit, dikatakannya turut membesar. Layar sentuh Agya bertambah 1 inci menjadi 7 inci dan punya konektivitas gawai. Lalu spion sudah menganut pelipat elektrik, atau retractable.

Makin menarik, sudah tersedia teknologi keyless untuk varian Toyota Agya TRD. Perangkat yang kini biasa ditemukan pada mobil berbanderol di atas Rp 200 jutaan. Disebut tak hanya untuk membuka kunci pintu, melainkan juga mengaktifkan dan mematikan mesin mobil. Lantaran terselip tombol start/stop engine di dasbor.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Azhari)

Join Dream.co.id