Catat, 3 Kelengkapan Safety Motor Ini Bisa Selamatkan Kamu

Automotive | Senin, 23 September 2019 08:36
Catat, 3 Kelengkapan Safety Motor Ini Bisa Selamatkan Kamu

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Yang nomor satu malah sering diabaikan.

Dream – Jika kamu punya mobilitas yang tinggi, terutama menggunakan motor, tentu wajib menggunakan standar keselamatan kendaraan roda dua.

Kelengkapan standar ini membuat aman dan bisa menyelamatkan kamu dari berbagai kejadian yang tidak diinginkan.

Selain itu, penerapan safety riding atau perlengkapan keselamatan sepeda motor ini sudah diatur dalam undang-undang yang wajib ditaati oleh pengendara sepeda motor.

Agar kamu bisa berkendara dengan nyaman dan juga aman, sebaiknya mulai membiasakan diri untuk memakai perlengkapan sepeda motor yang sesuai dengan standar keamanan yang sudah ditentukan.

Kebiasaan berkendara dengan menggunakan perlengkapan keamanan standar akan membuat kamu dan orang di sekitarmu tetap aman saat berkendara.

Berikut ini adalah tiga perlengkapan keselamatan berkendara yang wajib dipakai saat berkendara dengan sepeda motor, dikutip dari Wahana Honda, Minggu 23 September 2019.

2 dari 7 halaman

Helm

Sangat wajib bagi pengendara sepeda motor menggunakan dan memakai helm saat berkendara menggunakan kendaraan roda dua dimana saja dan kapan saja. Salah satu perlengkapan yang wajib bagi pengendara sepeda motor ini sangat membantu melindungi diri dari segala benturan yang mungkin terjadi.

Pengendara motor sangat dianjurkan dan diwajibkan juga pemakaian helm standar nasional di mana pengendara memang harus memilih dan memakai helm yang memiliki standar yang sudah diuji. Tidak diperbolehkan penggunaan helm – helm jenis helm proyek ataupun helm – helm sejenisnya.

3 dari 7 halaman

Jaket Tebal

Perlengkapan kedua adalah jaket kulit atau jaket tebal lainnya. Mengendarai kendaraan sepeda motor memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan jenis lainnya.

Sebagai pengendara sepeda motor kita tidak punya penghalang gangguan dari luar. Kadang kerikil, debu dan juga gangguan lainnya dalam kecepatan relatif tinggi akan sangat mengganggu. Jaket tebal ini diharapkan bisa mengurangi dampak yang terjadi.

Dalam perjalanan jauh sebaiknya menggunakan jaket – jaket yang tahan angin (tidak tembus ke dalam), dan juga memiliki kemampuan bagus dalam menyerap keringat. Dalam perjalanan jauh tentunya kita juga akan melewati berbagai cuaca panas, hujan, sehingga jika ada pakailah jaket dengan fasilitas waterproof juga.

4 dari 7 halaman

Sepatu

Perlengkapan standar terakhir yang harus dipakai oleh pengendara motor adalah sepatu. Sepatu merupakan pelindung yang efektif untuk melindungi kaki dari beragam gangguan yang terjadi saat berkendara.

Gangguan dari kerikil atau panas matahari juga tidak akan mempan menyerang kaki yang memakai sepatu. Tentunya sepatu khusus yang memang ditujukan untuk pengendara motor. Selain itu sepatu juga merupakan salah satu jenis fashion bagi rider jika ingin tampil keren. 

5 dari 7 halaman

Catat, Ini Plus Minus Tukar Tambah Motor di Diler Resmi

Dream – Program trade in alias tukar tambah kini semakin banyak ditawarkan oleh diler resmi sepeda motor. Cara ini mendapatkan respons positif dari masyarakat, terutama yang ingin mengganti motor lamanya dengan model terbaru.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin 16 September 2019, umumnya, pihak diler selaku pelaksana, akan membeli motor bekas itu. Lalu, uang hasil penjualan dimasukkan sebagai uang muka pembelian motor baru.

 Catat, Ini Plus Minus Tukar Tambah Motor di Diler Resmi

Apakah cara seperti ini benar-benar menguntungkan calon konsumen? Berikut plus-minus tukar tambah motor bekas dengan baru di diler resmi.

6 dari 7 halaman

Keunggulan

OTO.com memberitakan, kemudahan merupakan nilai utama yang didapat. Dengan menjual motor lama ke diler, kamu tak perlu bingung menawarkan ke tempat lain.

Selain itu, motor baru juga bisa langsung didapat. Taksiran harga segera keluar, karena inspeksi berlangsung di dealer. Bandingkan jika kamu menjualnya terlebih dahulu, yang belum tentu langsung laku.

Ditambah lagi, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk membayar uang muka. Misalnya, DP motor baru Rp8 juta. Kemudian, motor lama ditaksir Rp6 juta. Nah, kamu cukup membayar sisa kekurangannya.

Program trade-in ditempatkan sebagai sarana promosi produk baru. Sebagai contoh, PT Astra Honda Motor (AHM) merilisnya untuk Honda Genio. Namun, dilakukan dengan syarat tertentu.

 Keunggulan

Contohnya, trade-in skutik ini cuma berlaku untuk konsumen yang belum punya motor Honda. Skemanya sama, nominal penjualan motor bekas, bisa untuk tambahan DP jika membeli secara kredit atau buat tambahan pembelian cash keras.

Tahun lalu Yamaha Indonesia juga merilis program serupa. Tidak merujuk produk tertentu, melainkan untuk semua tipe.

Artinya, konsumen mendapatkan lebih banyak pilihan dalam menetapkan motor yang diinginkan. Trade-in juga berlaku untuk semua jenis merek, meski penentuan harganya pasti bakal beda jika motor seken itu bermerek Yamaha.

7 dari 7 halaman

Tapi, Ada Kekurangannya, lho

Mengenai kekurangan menjual di diler resmi, sudah pasti soal kecocokan harga. Belum tentu harga yang ditawarkan diler sesuai dengan pasaran.

Memang semuanya tergantung dengan beberapa hal. Meliputi tahun, kondisi fisik hingga kelengkapan surat-surat maupun nomor rangka. Tapi, unsur-unsur modifikasi menjadi hal yang diharamkan ketika menjualnya ke diler resmi.

Jika menjualnya kepada user, ada kemungkinan harga motor seken Anda punya banderol lebih baik. Dengan catatan mesti punya kesabaran ekstra, itung-itung jual santai.

Tahun produksinya pun jadi salah satu kendala program ini. Biasanya diler cuma mau menerima unit motor dalam rentang umur tertentu. Kamu yang punya motor lebih tua, jelas tidak bisa mengikuti program trade-in tadi.

Tapi, peluang terjual tetap ada jika menggunakan cara lain. Seperti ke diler motor bekas atau meniagakannya secara online.

Di samping itu, kamu dapat menetapkan harga sendiri sesuai keinginan. Apalagi kalau kondisinya mulus serta ditambahkan modifikasi yang ciamik. Jadi pilih mana, mau motor sekennya laku cepat atau punya harga tinggi?

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id