Cara Pintar Cegah Kulit Jok Motor Pecah-pecah

Automotive | Senin, 2 Desember 2019 08:45
Cara Pintar Cegah Kulit Jok Motor Pecah-pecah

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Jok motor biasanya dibuat dari kulit sintetis khusus agar nyaman diduduki.

Dream - Setiap sepeda motor selalu dilengkapi dengan jok yang empuk dan nyaman. Biasanya, jok dibungkus dengan kulit.

Kulit yang dipakai untuk jok biasanya terdiri dari tiga jenis yaitu sintetis, domba atau sapi. Kulit sintetis merupakan bahan yang kerap dipakai pabrikan sepeda motor. 

Tetapi, bahan sintesis tidak bisa bertahan lama. Tingkat ketahanan bahan terhadap cuaca tidak terlalu tinggi, kurang lebih hanya empat tahun dan bisa lebih cepat rusak bergantung pada pemakaian.

Lalu, bagaimana caranya merawat kulit sintesis?

Dikutip dari Suzuki, Senin 2 November 2019, perawatan kulit sintesis ini sebenarnya tidak sulit. Kamu cukup menggunakan lotion khusus kulit jok motor. Cairan ini sudah banyak dijual di pasar.

2 dari 7 halaman

Mengapa Pakai Lotion?

Lotion khusus jok motor diperlukan karena kulit sintesis mudah kering. Jika terlalu lama kering, kulit sintetis akan mudah pecah. 

Kamu cukup rutin mengoleskannya satu hingga dua bulan sekali. Cairan ini berfungsi untuk menjaga kelembapan dan elasitisitas kulit sehingga tidak mudah pecah.

Kulit sintesis memerlukan kelembapan supaya polyurethan tidak kering. Polyurethan adalah sejenis karet yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan kulit sintesis. 

Untuk kulit asli, perawatan dengan lotion ini tetap diperlukan untuk menjaga kelembapannya. Bedanya, kamu bisa menggunakan mink oil dari lemak untuk merawat kulit jok asli.

3 dari 7 halaman

Musuh Bebuyutan Jok Kulit Sintetis Mobil, Apes Bila Sampai Kena

Dream – Jok kulit memang praktis dipasang di mobil. Selain nyaman, kesan mewah juga terlihat saat tunggangan kamu menggunakan jenis jok ini.

Menggunakan bahan alami, jok kulit memang tidak mudah kotor oleh noda, mudah dibersihkan atau dirawat. Tapi jangan salah Sahabat Dream. Ada satu noda yang paling dihindari lho.

Tinda ternyata menjadi musuh bebuyutan bagi jok kulit.

Dikutip dari OTO.com, Kamis 22 Agustus 2019, tinta `haram` hukumnya melakukan kontak langsung dengan bahan kulit sintesis. Digital Creative Division Manager Mbtech, Edi Pamungkas, mengatakan tinta sangat jahat jika menyerang kulit sintetis.

" Kelemahan bahan kulit sintetis, kalau kena ballpoint (tinta) tidak bisa hilang. Semua bahan kulit sintetis belum ada yang bisa sembuh kalau kena coret ballpoint," kata Edi di Medan, Sumatera Utara.

Edi bahkan pesimistis jok kulit akan kembali berkilau jika sudah terken noda tinta. Dia mengimbau pemilik mobil agar tidak percaya dengan bahan yang diklaim bisa membersihkan tinta di jok kulit sintetis.

Ada anggapan bahwa cairan penolak serangga bisa membersihkan tinta di jok kulit. Edi mengatakan cairan ini justru malah membuat jok kulit tiruan akan rusak.

" Seolah bersih, padahal dengan itu menghilangkan pelapisnya. Kalau coating sudah hilang, tiga bulan pasti rusak, karena tak ada pelindungnya," kata dia.

4 dari 7 halaman

Kucing Juga Jadi `Musuh`

Edi mengatakan binatang peliharaan seperti kucing juga bisa menjadi musuh jok kulit sintetis. Sesuatu yang tajam bisa dengan mudah merusak bahan ini.

“ Kalau punya atau ada kucing, mesti rusak itu. Biasanya jok motor, ya,” kata dia.

Ada juga kosmetik yang mengandung material tertentu.

“ Beda-beda, misal minyak rambut yang terlalu keras (kandungan bahan kimia), bisa lama-lama merusak. Ada juga yang dari parfum, kena semprot terus-menerus. Lama-lama ya pasti rusak,” kata Edi.

5 dari 7 halaman

Perawatan Jok Kulit Sintetis Lebih Mudah

Tentang perawatan dan pembersihan, kulit sintetis memang lebih mudah dan murah daripada bahan kain dan kulit asli. Edi mengatakan membersihkan jok ini cukup dengan air hangat.

Kalau agak kotor dan masuk ke pori-pori, pemilik mobil bisa menggunakan air hangat dan sikat. Jika nodanya agak bandel, pengguna bisa membersihkannya dengan sabun dan sampo bayi yang kadar kimianya tidak keras.

" Kalau digunakan tapi tidak dibersihkan dan dirawat, umur pelapis kulit sintetis bakal lebih pendek. Tapi biasanya produk kami, kalau 3 tahun tidak dilakukan apa-apa, masih bisa. Bahkan sampai ada yang 6 tahun, sudah kotor banget, tapi belum rusak," kata dia.

6 dari 7 halaman

Cara Merawat Jok Mobil Berbahan Fabric atau Kain Berserat

Dream – Mobil yang menggunakan material fabric alias kain untuk jok mobil cukup banyak. Biasanya pemilik kendaraan memilih bahan ini karena dianggap lebih murah. 

Tapi tahukah Sahabat Dream jika perawatan jok mobil bermaterial fabric ternyata jauh lebih rumit dibandingkan bahan sintetis atau kulit.

Dikutip dari Auto2000, Minggu 23 Juni 2019, pemilik mobil yang memiliki jok bermaterial kain, harus memberikan perhatian ekstra. Usahakan jangan makan atau minum yang sulit dibersihkan, karena mudah diserap ketimbang bahan sintetis.

 Cara Merawat Jok Mobil Berbahan Fabric atau Kain Berserat

Kepala Bengkel Auto2000, Cilandak, Jakarta Selatan, Suparna, mengatakan pemilik harus rajin membersihkan jok menggunakan vakum. Jika kamu termasuk yag malas membersihkan mobil, lebih baik melarang kegiatan makan dan minum di dalam kendaraan.

“ Pastikan harus lebih ekstra dalam melakukan perawatan. Sebisa mungkin hindari makanan dan minuman yang punya potensi sulit dibersihkan, karena akan timbul bercak,” kata dia.

7 dari 7 halaman

Cara Bersihkan Jok Mobil Fabric Pakai Sikat Gigi dan Sabun

Suparna mengatakan jok mobil bisa dibersihkan sendiri dengan sikat gigi dan sabun. Tapi, pemilik mobil harus berhati-hati karena jika terlalu kuat bisa merusak permukaan jok. Jok berbahan kain lebih mudah menyerap. Inilah yang membuat jok susah dibersihkan.

“ Harus sering-sering juga dibawa ke tempat khusus seperti salon mobil dan lain sebagainya untuk dibersihkan, karena jika kotor tidak bagus juga untuk kesehatan orang yang ada di dalam mobil,” kata dia.

Suparna juga menyarankan agar penumpang mobil menghindari makanan berkuah dan minuman seperti kopi.

Untuk membersihkannya, pemilik bisa menggunakan cairan pembersih multiwash yang bsia mengangkat kotoran.

Sementara itu, untuk kotoran yang masuk kategori ringan, seperti soft drink atau air, cukup dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih interior biasa. Agar hasilnya lebih maksimal, pakai vacuum cleaner saat mengeringkannya.

Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?
Join Dream.co.id