5 Cara Merawat Motor yang Terlalu Lama `Nganggur`

Automotive | Selasa, 31 Maret 2020 06:36
5 Cara Merawat Motor yang Terlalu Lama `Nganggur`

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Sebagai pemilik, tentu saja kendaraan bermotor tak boleh diabaikan meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

Dream – Wabah corona Covid-19 yang melanda Indonesia membuat banyak pegawai memutuskan bekerja dari rumah. Aktivitas baru ini menyebabkan kendaraan, mobil maupun motor, lebih banyak terparkir di garasi.

Kendaraan yang lama tak dipakai, minimal memanaskan mesin, lambat laun tentu akan menggerus performanya, Apalagi jika mobil atau motor kamu termasuk jarang mendapat perawatan rutin di bengkel resmi.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endo Sutarno, mengatakan performa terbaik sepeda motor tak hanya didapatkan dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan. Performa terbaik bisa didapatkan dengan perawatan yang dilakukan sendiri.

”Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik,” kata Endro di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 31 Maret 2020.

Menurut Endro, komponen atau bagian sepeda motor terkadang membutuhkan perhatian lebih besar saat diam dalam jangka waktu cukup lama.

Ada lima tips yang bsia digunakan untuk menjaga kondisi motor saat tak digunakan dalam waktu yang lama. Pertama, jika memang sudah ada rencana tidak akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama, alangkah baiknya sepeda motor dicuci terlebih dahulu.

“ Karena ada beberapa pengendara motor yang harus melewati daerah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut yang mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen,” kata doa.

Kedua, jangan lupa memberikan pelumas di bagian yang cenderung/berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

2 dari 5 halaman

Parkir dengan Posisi Standar Tengah

Ketiga, gunakan standar tengah. Untuk sepeda motor tipe matik, sebaiknya diparkir menggunakan standar tengah supaya mudah untuk kita melakukan pemanasan mesin.

Keempat, lakukanlah pemanasan mesin secukupnya, kira-kira sampai suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celciu. Pemanasan yang dilakukan setiap hari akan lebih baik. Untuk mencapai suhu tersebut, panaskan kira-kira 3-4 menit.

“ Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup,” kata dia.

Khusus tipe motor matik, perhatikan bagian bagian dalam cover plastik motor, terutama bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang/ rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang (tikus/ular). Lakukan pengecekan ini saat memanasi mesin.

“ Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas, sepeda motor yang lama tak terpakai diharapkan tetap memberikan kenyamanan dan performa optimal ketika akan digunakan kembali,” kata Endo.

3 dari 5 halaman

Stay at Home Berfaedah, Ini Tips Perawatan Ringan Sepeda Motor di Rumah

Dream – Memanfaatkan waktu kerja di rumah bisa memberikanmu banyak waktu luang di rumah. Tak perlu lagi menghabiskan waktu untuk pulang dari kantor, jam kamu di rumah tentu bisa bertambah.

Mengisi waktu kosong usai bekerja di rumah bisa kamu isi dengan berbagai kegiatan. Jika kamu pecinta sepeda motor, mungkin ini waktunya mendandani roda dua kesayangan kamu.

Tapi tetap ingat ya, merawat motor ini jangan dulu dilakukan di bengkel. Kamu bisa lho melakukan perawatan sederhana untuk sepeda motor kamu sendiri di rumah.

Dikutip dari Wahana Honda, Senin 30 Maret 2020, tim training Technical Service Function Main Dealer Honda Jakarta Tangerang berbagi tips merawat motor dengan mudah di rumah. Pertama, cucilah bodi motor secara menyeluruh.

 

 Stay at Home Berfaedah, Ini Tips Perawatan Ringan Sepeda Motor di Rumah© Dream

 

Selain bersih, kita juga bisa tahu beragam kemungkinan kerusakan seperti lecet di bodi atau bagian mesin yang rembes oleh oli, cairan rem, atau cairan berpendingin mesin. Jika sudah ketahuan, kamu bisa melakukan tindakan yang lainnya.

Kemudian, kamu bisa memeriksa kondisi oli dengan membuka deepstick oli untuk mengetahui keenceran oli dan level tinggi oli. Cek kondisi kekencangan rantai untuk tipe Cub dan Sport sedangkan tipe AT bisa dilakukan dengan menyalaka motor sembari mendengarkan suara mesin dan bagian CVT untuk mendeteksi adanya gangguan.

Terakhir, pastikan seluruh komponen penting dalam berkendara seperti lampu, kanvas rem, kondisi tekanan angin dan alur ban masih baik untuk digunakan berkendara.

4 dari 5 halaman

Hujan Bikin Mager ke Bengkel, Ini Cara Ganti Oli Motor di Rumah

Dream - Musim hujan seperti saat ini memang membuat kita malas ke luar rumah apalagi jika harus menggunakan motor. Meski oli sepeda motor sudah waktunya diganti, kita akan cenderung menundanya sampai rasa malas itu hilang.

Pergi ke bengkel untuk ganti oli kadang membuat mood menjadi buyar jika hujan turun. Daripada mesin motor kammu rontok karena mager ke bengkel, mengapa tak melakukannya sendiri di rumah.

Sebelum mulai melakukannya, pastikan kamu sudah membeli oli untuk tunggangan setiamu. 

 

 Hujan Bikin Mager ke Bengkel, Ini Cara Ganti Oli Motor di Rumah© Dream



Mengutip laman Federal Oil, Selasa, 4 Februari 2020, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan oli yang sudah direkomendasikan untuk motor. Jika oli sudah disiapkan, selanjutnya kamu perlu mempersiapkan alat yang sesuai dengan kebutuhan.

Peralatan ini meliputi kunci pas sesuai dengan ukuran baut pembuangan oli pada motor. Kamu juga membutuhkan tang untuk membuka tutup lubang pengisian oli motor, wadah penampung oli bekas, dan corong untuk memasukkan oli baru.

5 dari 5 halaman

Waktunya Mengganti Oli

Setelah semua peralatan siap, mulai dengan membuka baut pembuangan oli dengan kunci yang sudah disiapkan tadi. Untuk membukanya, kamu cukup memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam. Untuk menutup, kamu cukup memutarnya searah jarum jam.

Kalau baut pembuangan oli sudah dibuka, biarkan oli yang ada di dalam mesin keluar semuanya. Kalau sudah keluar semua oli bekasnya, tutup kembali baut pembuangan pelumas.

Siapkan oli baru, buka tutup lubang pengisian oli, kemudian masukkan oli baru, bisa juga manfaatkan corong agar mudah memasukkan oli. Kalau oli baru sudah masuk, tutup kembali tutup lubang pengisian oli motornya.

Join Dream.co.id